Wednesday, October 30, 2019

Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

Travelling - Hei beb! Aku mau nanya nih. Kalo kamu lagi travelling atau sekedar kumpul sama temen-temen, suka main apa? Kalo dengan teknologi yang ada sekarang, pasti suka mabar game di smartphone ya, hehe. Tapi, mungkin ada juga yang masih main permainan meja [table games] kayak catur, kartu atau jenga [kaya uno stacko] kan? Nah, aku nih kemaren baru dapet kiriman table games yang unyu banget dari HolaHalo dan TraveBlog, apa itu? Namanya Kartu Jalan Jalin


KARTU JALAN JALIN

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

Sebelum aku buka nih, Kartu Jalan Jalin ini permainan kartu buatan duo Philip Triatna dan Julie Tane [keren banget pokonya artworknya], yang dipersembahkan oleh HolaHalo dan TravelBlog.

Di dalam Kartu Jalan Jalin ini ada 40 buah kartu kecil, dan 15 kartu besar. Kedua kartu ini bisa dibolak-balik ya beb. Di satu sisi, kita bisa main dengan kata, di sisi lainnya kita bisa main dengan gambar dari ragam wisata di Nusantara dan ada juga tips-tips travelling loh. Aku awalnya agak bingung dengan cara mainnya, tapi ternyata gampang banget ko, hehe.

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

Permainan Kartu Jalan Jalin ini bisa dimainin sama 2 sampai 8 orang beb. Setiap pemain ngambil 5 buah kartu, terus tumpukan kartu besar kita taro di tengah, sama sisa kartu kecil di sebelahnya. Jadi intinya, kita harus nyocokin kata atau gambar yang ada di kartu besar dengan yang ada di kartu kecil. Pertama, kita buka kartu yang besar. Terus, perhatiin tuh gambar ato tulisan apa aja yang ada di kartu besarnya. Kalo kamu liat kata atau gambar yang sama, kamu harus cepet-cepet naro kartu kecil kamu di atas kartu besarnya. Kalo kamu berhasil naro pertama [dan sesuai dengan yang ada di kartu besar], kamu bisa ngilangin kartu itu. Dan pemenangnya adalah yang pertama kali ngabisin semua kartu, kaya UNO gitu beb.

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

Nah terus yang telat naro kartu gimana? Ada 2 kemungkinan niih, kalo misalnya kamu naro kartunya telat, tapi sesuai dengan kartu besar, kamu cuma harus ngambil kartunya lagi aja ke tangan kamu. Tapiii, kalo kamu naro kartu yang nggak sesuai sama kartu besar, berarti kamu harus ngambil 2 kartu kecil dari dek-nya. Jadi, kecepatan bukan satu-satunya strategi ya, beb. Kalo kamu cepet tapi salah, sama aja boong hehehe.

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

Seperti yang udah aku bilang sebelumnya, ada 2 tipe permainan dari game Kartu Jalan Jalin ini. Yang pertama adalah nyocokin kata dengan kata. Nah kata-kata yang ada di kartunya ini ada hubungannya dengan perilaku yang harus kita patuhi sebagai traveller beb. Contohnya, menjaga kebersihan, menghargai budaya orang, dan membawa barang secukupnya. Yang satu lagi adalah nyocokin gambar dengan gambar. Kalo aku sih, jujur beb lebih suka yang kedua ini, soalnya gambar-gambarnya lucuu hehe. Ada banyak banget gambar dari lokasi-lokasi pariwisata yang terkenal di Indonesia kayak Bunaken, Bali, Jogja, dan banyaaak lagi. Jadi serasa ikut jalan- jalan juga deh hehehe.

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin

Aku pertama nggak ngeuh loh, tapi ternyata ada makna yang terselip di balik nama permainan Kartu Jalan Jalin ini. Yang aku tangkep sih, dengan bermain ini kita serasa jalan-jalan, sambal menjalin pengertian dengan budaya positif travelling. Ditambah lagi, game-nya seru banget dan pasti bakal ngundang gelak tawa dari kamu sama temen-temen kamu yang saling  buru-buru naro kartu paling pertama. Aku udah bisa bayangin deh, ini game pasti cocok banget buat dimainin pas lagi di kereta atau di penginapan bareng sohib kamu!

nongkrong makin seru dengan kartu jalan jalin
Nongkrong Makin Seru dengan Kartu Jalan Jalin
Tertarik kan, beb? Terus, kalo mo beli dimana? Ih, gampang banget kali. Tinggal buka aplikasi e-commerce favorit kalian kaya Bukalapak, Tokoedia atau langsung aja Store Travelblog ! Kalau mau beli langsung, mampir aja ke Gift Shop Grow di Jl. Pager Gunung No. 13, Istana Plaza, atau Point Samudera lt. 2, Kota Bandung, harganya nggak mahal ko beb, cuma sekitar IDR 75.000,- aja. Selamat main, beb! Aku juga mau main dulu sama temen-temen aku, hehehe!


APA SIH TRAVELBLOG .ID ?


Dari tadi aku nyebutin Travelblog .id ya beb, apa sih Travelblog .id itu? Jadi beb, buat kamu yang belum tau, Travelblog .id adalah sebuah sarana blog travel dan wisata yang nyediain tempat buat kamu para traveller dan wisatawan buat saling berbagi pengalaman travelling kamu, kamu bisa sign-up loh di sana beb.  Siapa tau ketemu temen travelling baru atau bahkan jodoh kan? Hehehe.

Yuk sign-up sekarang juga beb, dan mulai ceritain pengalaman travelling kamu yang paling berkesan buat kamu. Kalo masih kurang jelas kamu bisa mampir ke Instagram, Facebook dan Twitter-nya Travellblog .id juga loh.


You Might Also Like : | Cakrawala Restaurant | Destinasi Wisata Batam


Thank You for Reading and See You on My Next Post
























1 comment:

  1. Gimana? Gimana? Udah nyobain main Kartu Jalan Jalin belum beb?

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛