Resep Bisnis Kuliner William Gozali

Resep Bisnis Kuliner William Gozali

Hai beeeb, hai-hai good morning, pernah ngga sih, kamu masak sesuatu, terus tiba-tiba kepikiran kaya dapet ilham gitu "hhmmm, enak nih, kayanya seru juga kalo aku jual ke temen-temen".

Tapi..... ada tapinya nih beb, kadang suka bingung nggak sih mulainya dari mana, nge-manage keuangannya gimana, dan ngatur staffnya nggak ngerti. Ujungnya nggak jadi lagi deh hihhi, padahal di era pandemic kaya gini lagi banyak banget looh yang beralih ke bisnis F&B dan sepertinya emang  salah satu bisnis yang pas banget dengan kondisi seperti ini, bisa dibilang cukup menjanjikan.

Nggak percaya?? Percaya dooonk hihihi, soalnya nih yaaa, kemaren aku baru aja nonton IG Live nya HomeCredit Indonesia yang ngebahas soal resep bisnis kuliner bareng William Gozali. Pasti tau doonk doi itu siapa? Itu loooh, pemenang Master Chef Indonesia Season 3, kebetulan doi juga seorang pelaku usaha di dunia F&B juga beb. Buat kamu yang nggak tau, doi adalah pemilik dari Sunny FatDay, nggak cuma itu, doi juga punya youtube channel dan berbagi resep masakan di sana.

Talkshownya sendiri diawali dengan obrolan seru soal usaha kuliner doi yang lagi dijalani saat ini beb, inspiratif banget deh,  dari yang awalnya cuma buat penghasilan tambahan, sampe sekarang jadi salah satu sumber penghasilannya doi hhihi.

Resep Bisnis Kuliner William GozaliResep Bisnis Kuliner William Gozali

Terus, doi juga mulai ngebahas satu persatu hal yang harus diperhatikan sebelum mulai usaha bisnis kuliner nih beb. Yang pertama adalah, memastikan kalo menu yang kamu punya itu emang menu yang bisa bikin orang balik lagi buat order. Chef William nyontohin juga loh, dengan cara nanya ke diri sendiri apakah dia bakalan makan makanan yang dia bikin itu sampe 2 kali dalam seminggu? Emang bener sih, kadang kita bikin makanan yang rasanya enak, cuma kadang nggak kepikiran apakah makanan ini mau kita makan untuk kedua kalinya atau enggak.

Yang keduanya adalah penetapan standar nih beb, di sini Chef William juga ngejelasin kalo kualitas produk makanan kita tu harus bener-bener sama di setiap unitnya. Kayanya ini emang susah-susah gampang sih ya beb? Kalo aku, kadang masakan yang pertama kali bikin enak, disaat aku bikin untuk yang kedua kalinya beda rasanya hahaha, jujur kalo buat aku sendiri ini susah-susah gampang ehhehe. Tapi ini nggak boleh banget loh di dunia F&B, kalo kamu udah nemu satu produk, harus ditetapin beb resepnya, porsinya, kemasannya, dan juga kualitasnya.

Yang ketiga ini penting banget sih menurut aku, terutama di masa-masa pandemic kaya sekarang ini beeeb. Produk yang nantinya kamu jual wajib, kudu, dan harus sesuai dengan standar protokol kesehatan yaaa. Mulai dari kebersihan tempat produksi, delivery, packaging, dan layanan ke customernya. Wajib dipastiin juga kalo kemasan produk kamu disegel dengan baik dan sampe ke tanggan customer dengan kondisi yang masih rapih dan bersih. Demi mastiin kepuasan dan keamanan customer juga kan ya beb hihi.

Ada satu poin juga yang menurut aku cukup menarik nih beb, yang dibasah cukup mendalam sama chef Willgoz. Yaitu, tentang fenomena makanan-makanan "gimmick" yang sering banget datang saat viral dan pergi gitu aja seperti si doi yang memberi harapan palsu [eeeaaaaaa].

Udah nggak keitung lagi deh makanan-makanan yang populernya cuma sebentar doank. Chef Willgoz  nggak menyalahkan juga sih orang-orang yang ikutan latah dengan makanan viral hihi. Cuma ini juga yang bikin market layanan makanan online sering banget naik turun beb, karena banyak usaha yang tutup karena makanannya tiba-tiba udah nggak popular lagi.

Saran dari Chef Willgoz untuk menanggapi fenomena ini adalah untuk fokus ke makanan daily aja beb yang emang sifatnya long lasting. Soalnya konsumen juga bakalan loyal karena makanan yang kita jual bakalan didatengin lagi nantinya. Bayangin deh, kita kan nggak akan selalu makan martabak Nutella, Es Kepal Milo, dan Boba ya beb hihihi.

Tapi kalo makanan sehari-hari, ya pasti kita butuh terus doonk, berkaca dari hal ini juga Chef Willgoz ngasih saran ini beb, karena makanan inilah yang selalu bisa dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari.

Pokonya bermandaat banget deh talkshow yang diadain sama HomeCredit ini, aku jadi terinspirasi buat nyobain masak-masak lagi nih, kali aja gitu kaaan bisa menghasilkan masakan unik yang punya potensi buat dijual online hahaha.

Etapi sejauh ini aku belum kepikiran sampe situ siiih, karena emang dasarnya nggak pinter masak, tapi tukang makan dan tukang jajan sampe tercetuslan Instagram @demialicious, boleh mampir loh siapa tau butuh referensi jajanan di kota Bandung hihi.

Btw, buat kamu yang pengen nonton langsung Livenya boleh banget meluncur ke IGTVnya @HomeCreditid ya beeeb.


You Might Also Like :


  

Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO πŸ

kembanggularoom by demia kamil


23 comments:

  1. Kira-kira menu apa nih beb yang cocok dijual di Era Pandemic kaya gini? Feel Free buat comment di bawah loh :)

    ReplyDelete
  2. Mantuuull banget ya tips ala WilGoz.
    Aku sampe sekarang demen beli makanan online kayak bebek goreng gitu
    Fun Talk yang diadakan oleh Home Credit KEREN! Karena menghadirkan para narasumber yang melakukan sharing-sharing berkaitan dengan keadaan masyarakat Indonesia di masa pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaaan nambah insight baru nih buat temen temen yang berencana mau jualan makanan di kondisi pandemic kaya gini hihihi

      Delete
  3. Maunya ya kalau ikut bisnis kuliner atau minuman viral itu biar cepat dapat untung. Tapi ya kalau rasa cuma gitu aja, gak ada varian lain, siap-siap bye deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaaan untungnya sesaat doank, tetep kudu punya menu andalan yang longlast sebenernyaa, kalo mau ngikutin yang lagi viral paling dijadiin menu tmbahan aja hehehe

      Delete
  4. Aku sering juga ngintipin youtube William Gozali ini buat cari ide masakan haha, tapi gak tau loh kalo dia punya usaha food, Sunny FatDay.
    Makanan/minuman viral itu memang bikin penasaran, pengin cobain. Aku juga sih, tapi seringnya cuma beli sekali buat tau rasanya gimana. Habis itu ya biasanya balik lagi ke selera asal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi amaa ku juga suka nonton nih, yang terbaru doi bikin odading ala mang oleh yang lagi viral itu hihihi..

      btw setujuuu biasanya balik lagi ke selera awal hihihi

      Delete
  5. Bener banget kak. bisnis kuliner emang yang paling bertahan. Tapi perlu ekstra banget ya menjaga kualitas dengan menerapkan protokol kesehatan supaya konsumen juga merasa aman beli di kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaaa, setuju banget iniii, prtokol kesehatan wajib banget dijalankan dengan baik niiih hihhi

      Delete
  6. Yang paling banyak tuh bisnis makanan frozen ya, saking nggak bisa sering-sering keluar, jadinya orang-orang lebih suka memborong makanan frozen.

    banyak yang memanfaatkan dengan bikin makanan frozen yang lebih sehat, tanpa pengawet gitu, cuman memang butuh marketing yang luas lagi buaut masarin :)

    ReplyDelete
  7. Mantab banget ini resep bisnis kulinernya, sepakat kalo mau bisnis kuliner banyak yang diperhitungkan, apalagi pandemi begini, kebersihan packkaging no 1.
    Ga hanya sekedar membuat makanan/minuman yang ngehits sesaat saja, sebisa mungkn bagaiman biar bisa repeat order.

    ReplyDelete
  8. Duh, bener pisan yah Deeem
    Makanan yang viral dan happening biasanya kurang abadi dan everlasting
    Cuma seru seruan aja, tapi biasanya kita balik lagi weh ke makanan klasik kayak bakso, mie ayam dan batagor hahaha

    Super berfaedah banget nih tipsnya

    ReplyDelete
  9. Tips dari pemenang master chef Indonesia yang sudah mencoba berbisnis perlu disimak memang. Keren deh HomeCredit bikin acara seperti ini.

    ReplyDelete
  10. wilgoz emang keren sih dia start dari awal banget sampe sekarang udah terkenal. Tapi kontennya juga asik sih, resepnya enak-enak beb.

    ReplyDelete
  11. Nah iya, untuk bisnis kuliner itu yang penting membuat menu yang bikin orang lain untuk memesan ulang. Supaya bisnisnya jalan terus dan gak hanya sekedar ngikutin trend

    ReplyDelete
  12. Aku kenal nih chef.. srring muncul jg di tv.. gayanya yang khas menarik perhatian...dimasa pandemic ini sdh seharusnya qt menjaga kesehatan lebih lagi

    ReplyDelete
  13. Bisnis kuliner emang gak pernah sepi yaa, kata Wilgoz yang penting jangan cuma sekedar ikutin trend musiman sih, harus bener-bener tuh utamain rasa nomor satu, yang bakal bikin konsumen order lagi dan lagi

    ReplyDelete
  14. Iya juga yaa...kita gak selalu pengen minum boba.
    Dan makin marak tuuh...coffee shop. AKu menikmati sekali meski dirumahaja.
    Kreativitas dalam berbisnis kuliner ini penting agar bisa bertahan di antara pesaing-pesaingnya.

    ReplyDelete
  15. setujuu, saat ini memang wajib jib harus sesuai protokol. aku pribadi, kalau nggak sesuai protokol, bakal aku lewatin seenak apapun makanannya.

    ReplyDelete
  16. Seru banget nih kayaknya talkshownya, dan tips dari William Gozali juga benar banget. Aku sih setuju ya di masa pandemi ini bisnis makanan malah memiliki peluang yang bagus asalkan bisa promosiinnya, jaga kualitas makanan juga, dan menerapkan protokol kesehatan

    ReplyDelete
  17. Ditengah pandemic seperti sekarang ini banyak banget orang beralih ke bisnis kuliner. home industri bisnis makanan ini cukup menjanjikan apalagi kalau bisa dikemas dengan baik dan tips-tips yang seperti yang dijelaskan bisa diaplikasikan, pastinya akan menghasilkan keuntungan.

    ReplyDelete
  18. Iya, teh... sama banget nih sama saya.
    Kalau bikin makanan blm bs sama dari segi rasa di setiap masak. Haha.

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah ya yang bisnis kulineran bisa nyerap ilmu langsung ini dari pakarnya ya Kak
    Seru pastinya, dan langsung eksen.

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›