Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Bahaya Kosmetik Bermerkuri  

Hai beeeb, hai-hai good morning, pernah nggak sih kamu tergoda dengan kosmetik terutama skincare yang menjanjikan putih dalam sekejap? Nggak bisa dipungkiri ya beb, kalo punya kulit putih itu dambaan beberapa perempuan termasuk aku salah satunya. Buat aku yang punya kulit kuning langsat padahal punya darah keturunan ras yang pada umumnya punya kulit putih, hal itu tu menjadikan aku sedikit minder pada awalnya nih beb.

Pada awalnya loh yaaa, terlebih kulit adik aku lebih putih dibandingkan aku haha. Untungnya makin kesini makin kenal banyak orang dan makin terbuka pikiran soal cantik itu nggak harus putih. Buat aku saat ini, cantik itu jadi diri sendiri, dan percaya diri beb, setuju nggak? Hihi.

Pasti nggak sedikit juga para perempuan yang punya pikiran kaya aku dulu nih beb, kalo cantik itu punya kulit putih, makanya nih aku mau sedikit sharing dan kasih info mengenai ilmu yang kemaren aku dapet dari Live Streaming bareng BPOM dan beberapa dokter yang ngebahas tentang Bahaya Kosmetik Bermerkuri.

Nggak bisa dipungkiri juga kalo dipasaran itu banyak banget kosmetik abal-abal yang bahkan ingredientsnya aja nggak dengan gamblang dicantumin ya beb. Wajib banget waspada sih kalo yang dari segi packaging ala kadarnya, ingredients nggak dicantumin, harganya murah, iming-iming putih dalam sekejap. Punya obsesi kulip putih boleh aja sebenernya beb, tapi jangan sampe mau dibohongin sama orang-orang yang pastinya nggak akan bertanggung jawab ya beb, be smart buyer luuuv.

dr. Mita, SpKK menginfokan kalo ada beberapa gejala atau tanda-tanda yang bakalan muncul kalo kamu pake kosmetik bermerkuri beb, diantaranya :

- Kulit kering dan kasar, umumnya akan terjadi pengelupasan
- Panas dan rasa terbakar yang bisa bikin kulit kamu merah-merah

Kalo udah kaya gitu, sebaiknya kamu stop pake kosmetik tersebut dan konsultasi ke dokter buat penyembuhan beb, sumpah deh serem banget kalo sampe muka kamu kenapa-kenapa dan nggak bisa sembuh seperti sedia kala, pasti bakalan nyesel banget huuhu.



EFEK SAMPING KOSMETIK BERMERKURI


Jangan sampe pengen putih tanpa memikirkan efek samping yang bakalan di dapet nantinya beb, yuk kita simak beberapa efek samping kosmetik bermerkuri yang kemarein sempet dibahas.

- Kulit merah kaya terbakar
- Berjerawat dan timbul flek hitam
- Kanker kulit
- Penyakit ginjal kronis
- Gangguan janin
- Gangguan saraf

Separah itu beb efek sampingnya, nggak main-main banget loh  efek samping kosmetik bermerkuri ini, jangan sampe kita semua ngalamin salah satu dari yang tadi disebutin di atas ya beb, amit-amiiit.

Menutut aku, nggak cuma bahaya buat kulit aja loh, tapi bisa berimbas ke mental juga beb, bisa bikin stress dan makin nggak percaya diri kan yaaa? Yuk sayangi diri sendiri beb, kalo bukan kita, siapa lagi yang bakalan ngejaga diri kita sendiri.


Bahaya Kosmetik Bermerkuri


HINDARI BAHAYA KOSMETIK BERMERKURI DENGAN CARA INI


Ada beberapa cara yang direkomendasikan nih beb biar kamu terhindar dari bahaya kosmetik bermerkuri, diantaranya selalu terapkan cek KLIK beb, apa sih cek KLIK itu ? :

- KEMASAN
Kemasan yang mumpuni dan terkonsep dengan baik itu penting sih menurut aku, brand besar tentunya nggak pengen donk pake kemasan yang ngasal. Kalo dari segi kemasan aja nggak diperhatikan atau bahkan polosan gitu aja, kamu wajib banget curiga sih kalo itu ilegal.

- LABEL
Sebenernya dari label juga ketauan sih ya beb mana yang legal dan mana yang abal-abal, nama-nama brand yang jarang banget kita denger wajib sih buat dicari tau lebih lanjut lagi kalo emang kamu tertarik sama produk itu. Tapi kalo aku pribadi, lebih milih nyari nama yang emang udah terkenal dan banyak orang pake hehehe.

- IJIN EDAR
Ini hal penting yang pertama kali harus dicek sih menurut aku beb, ijin edar. Kalo produk tersebut udah punya nomer BPOM, artinya produk tersebut udah dicek dan dipastikan bahan-bahan yang digunakan masih wajar dan bisa diterima sama kulit kita. Oya pengecekan komposisi juga bagus loh, tapi kalo aku pribadi kadang kurang paham dengan bahasa yang digunakan dikomposisi, masih harus banyak belajar lagi hehe.

- KADALUARSA
Tanggal kadaluarsa umunya ada di bawah kemasan kosmetik beb, ada juga yang di balakangn kemasan, ini juga wajib banget dicek sih menurut aku, bahaya banget kalo sampe kita pake kosmetik yang udah kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa dan PAO itu beda ya beb, PAO itu dihitung ketika produk kosmetik kamu pertama kali dibuka, makanya penting juga buat ngasih label kapan kosmetik kamu dibuka menurut aku hihi.

Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Happy banget deh dengan adanya sharing kaya gini dari BPOM dan beberapa doketr bisa ngebantu mengedukasi orang-orang dari bahaya kosmetik bermerkuri, semoga acara seperti ini rutin diadain ya beb.

Yuk kita bantu sebarin juga info ini beb, biar temen-temen tersayang kita nggak jadi korban dari orang-orang nggak bertanggung jawab yang cuma mementingkan dirinya sendiri demi meraup untung.

Semga tulisan aku ini bermanfaat yaaa, kalo ada yang mau ditambahin atau dikurangin boleh banget looh, bisa langsung comment aja ya beb.




 

Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO ðŸ

kembanggularoom by demia kamil

19 comments:

  1. Feel free buat kritik dan sarannya ya beeeb

    ReplyDelete
  2. Thank you so much for sharing!

    ReplyDelete
  3. HAyu kita jadi Agent of Change yaa, buat sekitar kita, saling mengingatkan penggunaan kosmetik bermerkuri, akan bahayanya merkuri ini buat kesehatan kita.
    Semoga dijauhkan dan lebih teliti lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bangeeet, saling ngingetin mulai dari orang sekitar kitaaa

      Delete
  4. Waktu masih rajin bolak-balik ke Terminal Bus dulu, sering banget melihat bapak-bapak menawarkan krim kulit yang untuk memuluskan. Saya sih sudah ngeri duluan. Karena gak tahu isinya apa. Selain sudah sering lihat kasus kulit teman rusak gara-gara pakai kosmetik yang gak jelas. Jadi harus waspada ya teman-teman. Kita sih pengen cantik. Tapi kesehatan harus dinomor satukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa ko serem banget yaaa, agak nggak jelas juga apalagi sampe ditawar2in gitu dan nggak dijual di toko kosmetik yaa huhu

      Delete
  5. Ngerinya efek Mercuri ini ya sampai bisa jadi kanker kulit...aaahh biarlah pake yang herbal saja, gak perlu cari pemutih instan kalo dampaknya malah bikin bahaya kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa bener bener serem banget menurutkuu, semoga kita semua terhindar dari bahaya kosmetik bermerkuri yaaa

      Delete
  6. We really have to be careful for that. It must be good to join webinar like this so you can get more information and knowledge

    ReplyDelete
  7. Dah lama banget mengenal beberapa produk kosmetik berbahan dasar merkuri, dan ini membahayakan. Memang paling gampang sih tinggal ngecek izin edar dan kadaluarsanya ... ^_^

    ReplyDelete
  8. Aku suka liat postingan dokter kulit yang share dampak cream mengandung merkuri jadinya serem2 lho ada yang breakout parah sampai kulitnya mengelupas-mengelupas gitu.

    ReplyDelete
  9. Aku udah nggak percaya sama skincare yang janjinya sekejap-sekejap gitu, Dem. Mending pakai yang alami aja biar prosesnya repot dan lama :D

    ReplyDelete
  10. benar banget kadang karena pengen banget putih dengan cara cepat sehingga tidak benar-benar memperhatikan apakah produk yang sedang kita pakai mengandung merkuri atau tidak padahal merkuri sangat bahaya buat kulit kita..

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛