Hindari Kosmetik Bermerkuri

 

Hindari Kosmetik Bermerkuri

Hai beeeb, hai hai good morning, beberapa waktu lalu aku ikutan Zoom meeting yang ngebahas pembahasan yang menurut aku penting diketahui sama semua orang nih beb, terutama kita para perempuan.

Lagi masa pandemic kaya gini rasanya kangen deh dateng langsung ke event. Walaupun maish belum bisa dateng ke event tatap muka, untungnya teknologi jaman sekarang udah canggih ya beb, jadinya masih bisa nerima info-info penting kaya gini melalui Zoom meeting. Topik kali ini adalah Hindari Kosmetik Bermerkuri, apa aja sih info penting yang disampein? Keep scroll down yess!!!


HINDARI KOSMETIK BERMERKURI, AKHIRI OBSESI PUTIH DALAM SEKEJAP, BANGGA DENGAN WARNA KULITMU


Udah rahasia umum ya beb kalo para perempuan terutama di Indonesia itu sedikit banyak yang mendambakan kulit putih bersih dan bercahaya. Jujur sih beb, aku pun jadi salah satunya yang mendambahan kulit cerah, nggak harus putih sebenernya, yang penting bersih dan tentunya sehat.

Jangan sampe deh tergoda sama skincare abal-abal yang ngejanjiin putih dalam sekejap tapi ingredients-nya kurang jelas. Yang ada malah membahayakan kulit sendiri, serem loh sama ingredients abal-abal yang kebanyakan mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Aku nggak akan terlalu banyak ngebahas soal event-nya ya beb, aku bakalan lebih banyak ngebahas soal info penting yang disampaikan yang penting banget diketahui banyak orang.

Pasti udah pernah denger atau sedikit banyak tau donk yaa tentang bahan berbahaya satu ini? Saat ini kayanya nggak cuma perempuan yang wajib tau ya beb, laki-laki pun harus banget tau nih kalo bahan satu ini berbahaya buat kulit dan kesehatan tubuh yang menggunakannya.

Dr. Penny L Lukito, Kepala Badan POM RI menyampaikan bahwa pemahaman kalo cantik itu harus putih yang harus diluruskan nih beb di pemahaman masyarakat luas, cantik itu beragam looh, mulai dari kulit sawo matang, kuning langsat, rambut lurus, rambut keriting, dan yang paling penting adalah inner beauty beb.

Buat aku pribadi, cantik itu nggak melulu soal fisik sih ya beb, lebih penting lagi adalah etika, tata krama, dan cara berpikir yang akan membuat kata cantik itu semakin menempel pada seorang perempuan, setuju nggak??

Hindari Kosmetik Bermerkuri
source : Isntagram @asmaraabigail

Dalam event kemaren juga ada Ka Asmara Abigail yang menurut aku cantiknya nggak ada obat!!! Suka banget sama warna kulitnya yang eksotik dan didambakan banyak orang terutama temen-temen kita dari luar negara Asia.

Ka Asmara yang pernah menempuh pendidikan di Eropa pun ngerasa sangat bersyukur dengan warna kulitnya yang banyak didambakan temen-temen di sana. Ada tips juga nih dari ka Asmara Abigail dalam memilih skincare yang akan digunakan. Beliau lebih suka skincare yang menggunakan bahan-bahan organik dan juga memilih brand yang juga memikirkan packaging produknya agar bisa di recycle.

Hindari Kosmetik Bermerkuri
source : Isntagram @rayiputra26


Selain ada ka Asmara Abigail, kemaren ada ka Rayi RAN juga loh yang ikut menyuarakan pendapatnya. Menurut ka Rayi, sebaiknya para perempuan harus bisa menerima diri sendiri apa adanya, termasuk urusan warna kulit.

Ka Rayi menyarankan bahwa sebaiknya kita fokus pada apa yang udah diberikan Tuhan dan lebih fokus mengasah bakat yang dimiliki. Ka Rayi sendiri lebih tertarik sama perempuan yang memiliki wawasan luas dan enak diajak ngobrol apa aja.

Dra. Reri Indriani, Apt., M. SI. Deputi Bidang Pengawasan Obat Traditional, Suplemen, Kesehatan dan Kosmetik juga memberi tanggapan loh beb mengenai stigma yang selama ini diyakini oleh masyarakat luas bahwa cantik itu harus putih. 

Menurut beliau, stigma tersebutlah yang membuat para perempuan berlomba-lomba untuk menjadi putih dengan berbagai cara termasuk terjerumus menggunakan skincare yang mengandung merkuri dan berbahaya bagi kulit dan kesehatan.

Padahal, sedikit banyak juga loh, perempuan yang menggandrungi kulit tan yang sedang ngetrend akhir akhir ini. 

Kesimpulan akhir yang aku dapat dari semua info penting event kemarin adalah, wajib banget mencintai diri sendiri apa adanya ya beb. Memelihara kecantikan yang udah dikasih sama Tuhan pastinya boleh banget doonk. Tapi untuk mengubahnya hanya karena mengitu trend rasanya kurang baik dan malah jadi nggak mensyukuri apa yang udah sikasih Tuhan.

Yang paling penting, pake produk produk yang aman dalam upaya kita memelihara kecantikan, hindari kosmetik bermerkuri yang bahaya banget buat kulit dan kesehatan kita.

Pasti setuju donk yaaa??? Sama satu lagi nih beb, selalu biasain diri Cek KLIK sebelum membeli skincare maupun makeup. Yaitu cek kemasan, cek label, cek ijin edar, dan cek kadaluarsa.


You Might Also Like :



Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO πŸ

kembanggularoom by demia kamil



35 comments:

  1. Ada yang ikutan virtual event ini juga??

    ReplyDelete
  2. Jadi lebih paham ya kalo kecantikan itu tidak dilihat hanya dari warna kulit aja, tapi bagaimana nyaman dengan diri sendiri dan percaya diri bahwa menghasilkan karya ya.. kalo mau kulitnya lebih cerah harus menggunakan kosmetik yang aman dan no merkuri ya

    ReplyDelete
  3. Nah itu dia, jangan sampai karena ingin kulit jadi putih secara cepat, kita malah terjebak memilih kosmetik yang mengandung merkuri. Duuuh kesian kulitnya kan ntar bisa jadi bahaya tuh.

    ReplyDelete
  4. Kosmetik bermerkuri memang bahaya sekali. Sudah banyak contoh korbannya, tapi masih banyak juga yg nekat pakai. Duuh..kenapa sih ya??

    ReplyDelete
  5. Bener banget nih ka, jangan sampe deh kita pilih produk skincare atau pun make up yang mengandung merkuri. Hasilnya ga seberapa tapi efeknya ke kulit sangat berbahaya

    ReplyDelete
  6. Bener bener padahal kosmetik merkuri gini tu cpt bnget rusak kulit

    ReplyDelete
  7. Kasian bgt aku msh banyak nemuin org beli cream2 yg banyak merkurinya sedih banget cuma krena murah dan cpt putih huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang beli ginian karena harganya murah. Padahal resikonya duuuhh luar biasa parah untuk kulit yaaa

      Delete
  8. aku masih awam banget ama skincare.. Udh gtu banyak banget skrg yg ada di edaran dr produk lokal sampe impor.. Jadi bingung :(

    ReplyDelete
  9. Yupps, demi kesehatan kulit musti rajin cek kemanan skincare. Ttep mensyukuri pemberian Tuhan, kok. Pakai skincare biar nyaman aja. Hahaha

    ReplyDelete
  10. Keren pendapatnya Rayi.
    Btw benar sih, yangpenting itu inner beauty. Mau bagaimana pun, kalau pembawaannya percaya diri, siapa pun bisa kok terlihat cantik - saya percayanya demikian.

    ReplyDelete
  11. Keren pendapatnya Rayi.
    Btw benar sih, yangpenting itu inner beauty. Mau bagaimana pun, kalau pembawaannya percaya diri, siapa pun bisa kok terlihat cantik - saya percayanya demikian.

    ReplyDelete
  12. Setuju banget aku kak, kita harus mensyukuri dengan apa yang tuhan berikan ya, seperti warna kulit yg kita punya saat ini, tinggal kita rawat aja dengan memilih produk yang aman pastinya

    ReplyDelete
  13. Penting banget sih memang untuk memahami dan mengerti bahwa skincare dan kosmetik itu bukan sekedar untuk cantik sementara

    ReplyDelete
  14. Mulai sekarang kalau beli kosmetik aku harus cek KLIK biar gak dapat produk yang malah membahayakan kulit dan kesehatan.

    ReplyDelete
  15. Bagus nih, program pengingatan hal berbahaya begini harus diulang-ulang ya. Biar semua pada aware dengan bahayanya kosmetik bermerkuri. Biar jadi perhatian juga ke produsennya. Gemes banget deh sama produsennya. Mereka kok seenaknya pake bahan-bahan yang berbahaya buat kosmetik. Dan semoga terus menerusnya sosialisasi seperti ini bisa membuat konsumen jadi ngeuh dan gak lagi beli sembarangan.

    ReplyDelete
  16. Bner bgt beb, wajib cek cek sblum beli ato pake skincare. Bisa bahaya kalo kandungan merkuri nya kan ato kandungan bahaya lainnya.

    ReplyDelete
  17. Hai kak! Aku juga ikutan nih webinar seri kedua dari BPOM ini. Seneng banget rasanya bisa dengerin sharing dari Mbak Asmara dan Rayi

    ReplyDelete
  18. Info kece nih. Emang beli kosmetik mah kudu tiati ya. Nggak boleh sembarangan ntar pengen putih malah kena kanker. Hiii... Amit-amit deh. Fix ya mulai sekarang beli kudu teliti. Thanks infonya mbaa

    ReplyDelete
  19. Aku setuju banget ya jangan sampai kita pakai skincare yg mengandung merkuri. Jika ingin kulit wajah putih ya perawatan yg benar jangan maunya instan lalu pakai skincare yg abal abal

    ReplyDelete
  20. Emang serem banget ya bahan merkuri itu jadi harus selektif dalam memilih kosmetik dan harus lulus uji oleh BPOM

    ReplyDelete
  21. Beli kosmetik emang harus lebih hati hati dh . Cek kandungan yg ada di produknya

    ReplyDelete
  22. Yes setuju yang paling penting ya kita cintai diri apa adanya, mau kulit kyk apapun, yg penting resik dan sehat kulitnya.
    Trus jangan sampai pakai skincare yang mengandung bahan kimia berbahaya yg hasilnya instan2 itu yaaa

    ReplyDelete
  23. Zaman sekarang memang kudu jeli banget yaa, teh..
    Semoga dengan adanya banyak literasi mengenai kosmetik merkuri yang berbahaya, gak ada lagi yang kejebak pakai bahan berbehaya ini.

    ReplyDelete
  24. Skarang sosialisai bahaya mercuri harus semakin di galakkan. Bahaya soalnya. Soalnya banyak yang pengen putih secara instan

    ReplyDelete
  25. Wah nice info beb, aku setuju banget. Cantik yang aman dan tetap menjaga kesehatan kulit juga tanpa menggunakan skincare ataupun produk" bermerkuri

    ReplyDelete
  26. Saya sudah pernah lihat langsung temen kerja dulu korban kosmetik bermerkuri serem banget lebih baik memilih yang terpercaya ya walau lama prosesnya

    ReplyDelete
  27. Semenjak banyak kasus wajah rusak karena kosmetik abal-abal, saya jadi lebih aware dengan mencari produk yang memang aman di kulit mbak. Terlebih kandungannya dan ada nomor BPOm nya. Karena bagaimanapun, kesehatan kulit sangat penting

    ReplyDelete
  28. Uda paling sedih kalau kulit wajah rusak karena kitanya yang lalai saat menggunakan kosmetik.
    Bagus banget acara yang mengedukasi begini...

    ReplyDelete
  29. Dari acara ini makin banyak wawasan yang kita dapat ya kak Demi. Apalagi yang berkecimpung di dunia make up

    ReplyDelete
  30. Senangnya bisa ikutan acaranya ya Kak. Nambah pengetahuan juga dan apalagi berkecimpung di dunia beauty

    ReplyDelete
  31. Dulu banyak banget beredar produk-produk bermerkuri yang bahkan merusak kulit. Saya pernah mengalaminya dan kulit wajah rusak seperti terbakar. Kapok nggak lagi-lagi deh.

    ReplyDelete
  32. yap.. cantik itu bukan putih, tp yg sehat terawat. gak selalu putih itu bagus, apalagi kalo wajah putih tp badan kecoklatan. kan jadinya belang ya

    ReplyDelete
  33. ngeri banget ih pakai kosmetik bermerkuri, biaya ngebenrinnya lagi lebih mahal daripada kosmetiknya. sayangi kulitmu..

    ReplyDelete
  34. Kita tuh lucu ya. Mati2an pengen lebih putih, sementara yg uda putih mati2an berjemur segala biar lebih cokelat. Manusia emang gada bersyukurnya πŸ˜‚

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›