Monday, June 3, 2019

Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole . There’s always time for a vacation! Begitulah kira-kira. Kadang kalo misalnya kamu ada di weekend yang mepet sama kerja nih, rasanya nggak akan bisa tuh pergi liburan ke tempat yang seru banget. Yang ada paling cuma makan-makan di restoran terus pulang deh. Nggak bisa tuh, ngerasain liburan di mana kamu bisa ngelakuin berbagai aktivitas baru yang exciting. Tapi, tau nggak? Kalo ada opsi liburan yang bisa kamu lakuin dengan waktu yang singkat, terutama kalo kamu lagi di Bandung? Well, beberapa minggu yang lalu aku sempet mengalami liburan yang berasa lengkaaap banget, Cuma dalam waktu 3 hari 2 malam loh!

Nama tempatnya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Grafika Cikole ini adalah destinasi resort yang menggambungkan tempat wisata, restoran dan penginapan di tempat yang sama. Meskipun ide kaya gini nggak baru, tapi ada yang membedakan Grafika Cikole dengan lokasi resort lain dengan konsep yang sama, yaitu dari segi eksekusi. Eksekusi kaya gimana nih maksudnya? Tenang, nanti aku jelasin ko hehe.
Terminal Wisata Grafika Cikole

Lokasinya di Jalan Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, kurang lebih 40 menitan dari Bandung. Jalan menuju lokasi ini juga nggak susah ko beb. Jadi, jangan khawatir nyasar atau kena jalan yang berlubang. Begitu sampai di lokasi, kamu bakalan disambut sama suasana yang adem dan seger banget, dengan kumpulan pohon pinus yang rindang. Stress kamu dijamin ilang deh begitu nyampe sini.



THE CAMP

Terminal Wisata Grafika Cikole
Di Terminal Wisata Grafika Cikole, kamu bisa ngerasain liburan ala-ala camping, dengan segala hal yang annoying dari camping itu [kaya masang tenda, digigit serangga, tanah becek] semuuaaanyaaaa diilangin. Jadi, di sini kamu bener-bener dibikin nyaman meskipun suasana camping-nya sama sekali nggak ada yang berkurang. Kalo kata temen-temen aku sih, ini camping manja hihihi.

Kalo camping kan biasanya kita harus nyari spot yang kering, terus ngabisin waktu berjam-jam buat ngediriin tenda. Beres ngediriin tenda, terus nyalain api unggun, itu juga kalo nggak ujan. Kalo ujan, semuanya kacau deh. Tenda jadi becek, api nggak nyala-nyala, terus datang juga serbuan serangga yang nyebelin banget. Buat aku yang punya kulit sensitif sih itu cukup nyebelin beb karena noda merah bekas gigitan serangga nggak bakalan hilang sehari dua hari huhu.



Terminal Wisata Grafika Cikole


Tapi di Terminal Wisata Grafika Cikole tersedia cabin-cabin yang siap buat kamu tempati. Tempatnya bener-bener nyaman, bersih dan homy banget. Satu cabin bisa dihuni oleh 4 orang, ada juga yang 6 orang beb, kalo kemarin aku pesen yang bisa dihuni oleh 4 orang, namanya Urban Camp. Jadi, 1 keluarga dengan ayah, ibu, dan 2 orang anak bisa banget buat menempati 1 cabin ini. 

Karena cabin ini letaknya tepat di tengah-tengah hutan pinus, kamu nggak akan kehilangan sensasi camping di tengah-tengah alam. Menginap di sini tuh paling berasa camping-nya begitu bangun pagi. Kamu bakal dibangunin sama suara kicauan burung yang merdu, dan disambut dengan cahaya matahari yang cerah waktu kamu buka jendela. Bener-bener pengalaman yang priceless deh.

Terminal Wisata Grafika Cikole
Terminal Wisata Grafika Cikole
Terminal Wisata Grafika Cikole
Oya beb, di sini tu tempatnya nyaman banget, rapi dan super bersih, satu cabin gini disediakan 4 air mineral, 2 bed yang masing-masing bisa ditidurin sama dua orang. Kamu nggak usah mikirin peralatan mandi juga beb, karena di sini udah disediakan dengan lengkap, bahkan di sini juga ada air panas. Kebayang nggak sih kalo nggak ada air panas buat mandi, pasti dingin banget beb hihihi. Satu lagi nih beb, setiap hari nya kamu bakalan dikasih 2 kupon [untuk 4 orang] buat jagung bakar yang bisa diambil di malam hari setelah makan malam buat temen makan di api unggun, dan juga 2 kupon [untuk 4 orang] buat breakfast di pagi hari, cuma sampe jam 10 pagi jadi pastiin kamu bangunnya nggak telat ya biar kebagian breakfast hihi.  Urban Camp ini ada 20 unit beb dan dibanderol dengan harga IDR 1.400.00++ plus 15% tax and service, jadi kamu kalo mau bawa keluarga besar bisa banget loh ke sini. 






BIRD PARK

Terminal Wisata Grafika Cikole
Terminal Wisata Grafika Cikole

Nah setelah bangun pagi [jangan lupa mandi dulu ya beb], kamu bisa menikmati berbagai kegiatan yang fun banget di sini. Salah satu kegiatan pertama yang aku lakuin adalah berkunjung ke sebuah sangkar burung raksasa yang dinamain ‘Bird park’, harga tiket masuknya IDR 20.000.

Di sini, kamu bisa kenalan sama puluhan burung-burung eksotis yang colourful dan lucu-lucuu semuanya. Mereka juga pinter-pinter loh. Jadi, kamu juga bisa selfie sama burung-burung cantik ini, karena mereka ramah banget. Oya kamu juga bisa beli dulu makanan burungnya biar mereka pada nyamperin kamu beb, kalo nggak salah harganya cuma IDR 5.000 ko. Ati-ati ya beb, mereka suka pup sembarangan hahaha.




PENANGKARAN RUSA


Terminal Wisata Grafika Cikole


Bird Park bukan satu-satunya tempat di mana kamu bisa ketemu sama hewan-hewan yang jarang kamu temuin di kota. Ada juga taman di mana kamu bisa main sama banyak rusa yang lucu-lucu. Harga masuknya IDR 10.00, Emang pas awal-awal agak takut sih, tapi intinya kamu harus ngedeketin mereka tanpa tergesa-gesa beb, pelan-pelan aja kaya ngejalanin hubungan kamu sama doi [eeeaaaa].

Begitu mereka udah mulai ngedeket, baru kamu bisa coba pegang. Seneng banget aku main sama rusa sampe nggak kerasa udah siang dong. Walapun sempet diseruduk juga pas makanannya udah abis hahaha. Oya, di penangkaran rusa ini juga kamu bisa beli makanannya dulu ya beb biar rusanya pada nyamperin juga hihhi. Harga wortel untuk pakan rusanya IDR 5.000 satu ikat beb.

Oya disini juga kamu bisa sekalian masuk ke kebun strawberry loh beb, Bisa petik sendiri juga, harganya IDR 75.000/kg, kamu juga bisa beli bibit pohon strawberry buat dibawa pulang, harganya IDR 5.000. Kalo udah masuk ke sini, jangan lupa nyobain jus strawberry segar juga beb.  




RESTAURANT


Terminal Wisata Grafika Cikole

Udah saatnya makan. Jangan khawatir, karena di Terminal Wisata Grafika Cikole, semua udah disiapin buat kamu. Jadi mulai dari breakfast, lunch, sampe dinner, kamu bisa datang ke restorannya buat ngerasain berbagai macem makanan, mulai dari tradisional sampe dengan modern, dalam satu paket. Makan sambal ditemenin suasana alam itu salah satu hal yang nggak bisa diganti sama yang lain deh. Dan itulah inti dari liburan di Grafika Cikole, momen yang nggak bisa tergantikan.

Ini menu makanan aku bareng yang lainnya pas dateng ke sana, kita semua langsung makan dulu beb karena laper hehehe. Aku dan yang lainnya juga makan siang dan makan malem di sini. Menu nya cukup lengkap loh, dan uniknya lagi, kalo mau panggil mba/mas nya kamu cukup pukul kentongan yang disediakan di sana hihihi. 





API UNGGUN

Terminal Wisata Grafika Cikole

Setelah cape main wahana, saatnya santai sama keluarga, dong. Inget susahnya nyalain api unggun sendiri? WellTerminal Wisata Grafika Cikole menyediakan spot api unggun yang bisa kamu pake untuk anget-angetan.

Selama 2 malam di sana, aku sama sekali nggak melewatkan acara api unggun loh di malam hari, biasanya udah bisa dimulai jam 8 malam. Ini adalah fasilitas bersama, jadi kamu bisa sekalian kenalan dengan penghuni camp sebelah hihi. Api unggunya disediakan nih beb, tapi begitu udah mau padam, kamu bisa beli kayu refiil nya biar api unggun tetap nyala, harganya IDR 75.000 /ikat.

Oya, aku udah bilang kan ya beb kalo setiap harinya akan ada jatah jagung untuk 4 orang setiap camp-nya, nah kamu bisa ambil jagungnya mulai dari jam 7 nih beb, pilihannya ada 3, yaitu jagung bakar, jagung rebus, dan juga jagung susu keju. Kalo aku sih kemaren ambil yang jagung susu kejunya hehehe. Udah ambil jagung langsung deh meluncur ke api unggun sambil nyanyi-nyanyi dan juga juga ngobrol-ngobrol. Ada juga yang tiduran buat liat bintang dan berharap ada bintang jatuh biar bisa make a wish hihi. 




FLYING FOX

Terminal Wisata Grafika Cikole

Besoknya, setelah breakfats, datanglah saat yang paling serem buat aku, hahaha. Kalo kamu kenal sama aku pasti tau dong kalo aku suka nggak berani kalo diajak naik wahana-wahana ekstrim. Tapi, karena beberapa bulan yang lalu aku sempet memberanikan diri untuk naik wahana di TSM [Pemburu Badai], aku pikir ya kenapa nggak lah, nyobain yang ini. Nama wahananya itu Flying Fox

Ya basically kamu terjun dari tempat tinggi, pegangan ke tali yang terhubung sama kabel yang terbentang dari puncak sampai tempat yang rendah. Wahana ini aman banget ko beb. Karena selain pegangan ke tali, ada harness juga yang menahan kamu dari jatuh. Jadi, nggak usah takut ya! Akhirnya aku naik dan, yuhuuuu!! sambil ngeliat pohon pinus berseliweran di sisi kanan dan kiri, sensasinya itu kaya kamu jadi sugar glider loh! [emang tau sugar glider kaya gimana? hehe]. 
Terminal Wisata Grafika Cikole

Uniknya, di sana kamu bisa naik pulang pergi beb, jadi kamu nggak usah jalan tuh balik lagi ke tempat semula, karena akan ada Flying Fox yang ke aras sebaliknya hihi. Kalo kamu naik PP kamu akan dikenakan biaya IDR 25.000, tapi kalo kamu ngerasa sekali aja cukup, kamu akan dikenakan biaya IDR 15.000. Bahkan anaknya temenku Vio yang masih umur 5 tahun pun berani naik flying fox bolak balik loh, keren banget!!. 






ZIP COASTER

Terminal Wisata Grafika Cikole


Selain flying fox, di Terminal Wisata Grafika Cikole juga ada zip coaster loh di mana kamu bisa ngerasain main roller coaster dengan suasana yang hijau. Ini posisinya ada di atas penangkaran rusa dan kebun strawberry beb, ngelewatin bird park juga, jadi selama kamu meluncur bisa sekalian liat pemandangan di bawah hihi. Oya, buat menikmati wahana satu ini kamu bakalan dikenakan biaya sebesar IDR 50.000.

Well, ini emang agak serem sih buat aku, apalagi aku juga sempet mau mundur hahaha, tapi akhirnya ngeberaniin diri biar nggak takut dan nyobain zip coaster, kapan lagi coba beb mumpung ke sini hihi. Tapi pas udah nyobain beneran nagih loh beb, aku bahkan berniat mau naik ini lagi besok, sayangnya aku malah agak pusing dan nggak di ijinin sama yang lain karena takut terjadi sesuatu yang kurang diinginkan ceunah haha.







JUNGLE TRACK

Terminal Wisata Grafika Cikole

Jam 6 pagi keesokan harinya aku dan yang lain udah kumpul nih di area terbuka yang kalo malem dijadikan api unggun. Soalnya ada fasilitas bersama namanya Jungle Track, yaitu kita keliling hutan pinus diluar area Terminal Wisata Grafika Cikole beb, tenang-tenang, kamu bakalan diapit oleh pemandu profesional ko. Dan track nya juga nggak terlalu jauh ko beb, dan katanya nih ya, kalo lagi beruntung kamu bakalan ngerasa berada di atas awan.

Terminal Wisata Grafika Cikole

Sayangnya saat itu kita lagi nggak beruntung nih beb, tapi nggak apa-apa, masih tetep berasa menyenangkan bisa jalan kaki menghirup udara segar bareng sama temen-temen semua. 



Intinya Terminal Wisata Grafika Cikole ini menyediakan lokasi one-stop untuk semua keinginan liburan kamu. Nggak masalah kalo cuma punya waktu 3 hari untuk liburan, karena kamu bisa dateng ke sini, terus bener-bener ngabisin waktu kamu di sini sampe liburan kamu beres. Aku udah share soal harganya juga kan ya? Dan menurut aku itu cukup terjangkau looh dengan semua kesenangan yang akan dilalui di sana.

Buat kamu yang punya rencana liburan ke Bandung, yuk mampir beb, dijamin kamu bakalan betah dan balik lagi ke sana hihi. 










Thank You for Reading and See You on My Next Post


Thank You for Reading and See You on My Next Post



No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛