GELAR VOKASI VOKABORASI 2022

 

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Hai beb! Good Morniiing! Happy banget deh sekarang udah mulai banyak event lagi, beneran kangen banget soalnya  dua tahun kemaren nggak ada dan nggak bisa dateng ke event sama sekali. Beberapa hari lalu aku sama temen-temen blogger sempet dateng ke event keren nih beb, namanya Gelar Vokasi Vokaborasi 2022. Eventnya sendiri diadakan di  BBPPMPV BMTI [Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri], yang lokasinya ada di daerah Cimahi.

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022


Di era globalisasi ini, kerasa nggak sih beb, kalo semuanya serba cepet? Mulai dari komunikasi yang serba kilat, sampai layanan yang juga serba instan. Di zaman industry 4.0 ini, tentunya dibutuhin banyak generasi muda yang lebih cekatan dan sigap dalam mengambil keputusan dan mengeksekusi pekerjaan. Maka dari itu, akhir-akhir ini banyak banget pemuda-pemudi yang memutuskan untuk mengenyam pendidikan lewat jalur vokasi.

Sayangnya, image Pendidikan vokasi saat ini masih dipenuhi banyak stigma negatif dari masyarakat umum. Julukan-julukan kayak ‘anak badung’, ‘buangan SMA’, dan banyak lagi, kayanya udah jadi makanan sehari-harinya pelajar SMK. Padahal ya, keterampilan vokasi itu sekarang lagi banyak banget dibutuhin di era digital ini lho. Bayangin, di umur 18 tahun kamu udah siap untuk masuk, bekerja, dan berkontribusi di ruang lingkup professional, sementara teman-teman kamu yang baru lulus SMA masih harus melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Malahan keren nggak sih jadinya? Hihi.

Karya-karya lulusan SMK pun terkadang jadi bahan kritik sepihak dari masyarakat, dan selalu dibanding-bandingkan dengan produk luar yang tentunya berasal dari perusahan yang sudah besar. Kayaknya susah banget karya anak bangsa buat dihargai oleh penduduknya sendiri. Tapi, jelas dong, persepsi ini harus banget diubah. Siapa lagi yang bakal ngehargain karya anak muda kalau bukan kita?

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Wujud pemerintah dalam meruntuhkan stigma ini disalurkan melalui acara yang aku hadiri beberapa hari yang lalu, yang bertajuk “Vokasi Vokaborasi 2022”, bertempat di BBPPMPV BMTI, Jalan Pesantren, Kota Cimahi. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan bakat-bakat generasi muda pengenyam studi vokasi, dan mengapresiasi karya-karya mereka. Acara ini dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)  sekaligus Plt Direktur Jenderal Bidang Vokasi Ir. Suharti, M.A., Ph.D. beserta Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan Plt. Direktur Kursus dan Pelatihan Dr. Wartanto, M.M., Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Ditjen Pendidikan Vokasi Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, M.Pd., Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Dr. Henri Togar Hasiholan Tambunan, S.E., M.A., dan Kepala BBPPMPV BMTI Supriyono, M.Si. yang hadir secara online.

Dalam sambutannya Ir. Suharti mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih mendukung produk-produk kreasi dalam negeri, khsususnya karya generasi muda. Dengan mentalitas ini, pasar produk local akan bisa lebih berkembang lebih besar dan tentunya lebih baik. Lapangan pekerjaan juga akan lebih terbuka dengan banyaknya usaha-usaha baru yang bermunculan.

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022

Selesai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pameran beberapa karya produk anak bangsa, baik dalam bentuk digital maupun objek riil. Salah satunya adalah Ship Simulator. Karya pelajar SMK ini siap buat bersaing dengan teknologi simulasi kapal laut yang kebanyakan diimpor dari luar negeri. Dengan semangat inovasi dari generasi muda, diharapkan masa depan industri Indonesia akan semakin baik ya beb!

Gelar Vokasi Vokaborasi 2022


Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO 🍍

kembanggularoom by demia kamil


11 comments:

  1. sekolah di SMK merupakan salah satu opsi bagus dan jurusannya pun sudah semakin bervariasi. Adikku tamatan SMK juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssama niiih adiku juga tamatan SMK hihihi

      Delete
    2. Sebagai lulusan SMK bangga baca ini. Yap, memang kejuruan dipersiapkan nggak hanya di dunia kerja saja tapi juga kreativitasnya

      Delete
    3. Sebagai lulusan SMK bangga baca ini. Yap, memang kejuruan dipersiapkan nggak hanya di dunia kerja saja tapi juga kreativitasnya

      Delete
  2. Padahal anak2 lulusan pendidikan vokasi itu keren2 lho karena mereka punya keterampilan yang bagus. Dengan adanya ajang Vokasi Vokaborasi ini, masyarakat yang masih memandang sebelah mata bisa terbuka beneran matanya. :)

    ReplyDelete
  3. Aku tamatan SMK mba hihi. Memang kualitas SMK itu bagus dan siap kerja. Sayangnya sekarang anak2 SMK banyak yang merantau keluar karena prospek di luar lebih menjanjikan.

    ReplyDelete
  4. Anak-anak SMK sekarang keren-keren loh, udah banyak karya mereka yang tak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Nah, tinggal support aja nih dari masyarakat dan pemerintah untuk mengunggulkan produk buatan mereka itu agar bisa naik kelas dan makin dihargai oleh negara sendiri.

    ReplyDelete
  5. Ponakan dari keluarga suami saya nih banyak banget yang melanjutkan pendidikan pada program vokasi. Karena emang di Balikpapan saja, fokusnya gimana supaya cepat dapat kerja. Pastinya mesti terampil kan.. nah di program vokasi inilah mereka benar-benar diasah keterampilannya.

    ReplyDelete
  6. Anakku yang hobi gambar pengen masuk SMA dari pada SMA. Sekarang masih masuk SMP sih, jadi mamaknya belum banyak cari info..

    ReplyDelete
  7. Yakin banget sih.. SMK zaman sekarang sudah jauh lebih keren dan malah lebih cepat diterima di dunia kerja. Bangga banget dengan karya-karya anak SMK dan inovasi yang dilakukan.

    ReplyDelete
  8. berbagai jurusan vokasi yang ada memang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja sekarang yaa Demiaa.. jadi lebih pas dan bisa langsung terserap di pasar tenaga. kerja

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛