Ini Penyebab Jerawat Batu yang Sering Diabaikan

 

Ini Penyebab Jerawat Batu yang Sering Diabaikan

Ini Penyebab Jerawat Batu yang Sering Diabaikan

Jerawat yang timbul diwajah kerap membuat stress karena mengganggu penampilan. Riasan wajah pun terkadang tak cukup menutupi jerawat yang timbul. Salah satu jenis jerawat yang sulit dihilangkan adalah jerawat batu. Meski ada banyak cara menghilangkan jerawat batu, namun beberapa cara tak bekerja di sebagian orang.

Jerawat sendiri muncul karena  pori-pori yang tersumbat oleh kotoran atau sel kulit mati. Kemungkinan besar, bakteri juga ikut terjebak di dalamnya dan akhirnya membuat kulit menjadi bengkak dan merah. Jerawat batu awalnya terbentuk karena infeksi pada kulit wajah dan membentuk benjolan seperti nanah. Selain itu, ada beberapa penyabab lainnya yang mengakibatkan jerawat ini muncul di wajahmu.


Faktor Genetik

Umumnya, jerawat ini muncul karena faktor genetik. Jerawat yang satu ini lebih mudah tumbuh di kulit berminyak. Itulah mengapa, jika kamu memiliki kulit berminyak akan sangat rentan terkena jerawat batu. Apalagi, jika orang tua kamu memiliki jenis wajah yang sama dan sering mengalami jerawat batu.

Jika jerawat batu yang kamu alami disebabkan oleh hal ini, maka kamu perlu rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak.

Penggunaan Kosmetik

Beberapa bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat batu. Meski, penggunaan kosmetik adalah untuk membuatmu tampil percaya diri, tapi beberapa kandungannya memang kerap mengakibatkan jerawat. Terutama, jika kulit wajah kamu adalah tipe sensitive.

Jerawat batu biasanya muncul karena penggunaan make up yang terlalu tebal dan digunakan selama satu hari penuh. Untuk menghindarinya, kamu perlu membersihkan wajah sesegera mungkin ketika sampai di rumah.

Kamu juga perlu menghindari produk kosmetik yang memiliki kandungan minyak tinggi untuk menghindari hal ini.

Gaya Hidup

Tak hanya disebabkan oleh riasan wajah yang digunakan, jerawat ini bisa datang karena gaya hidup yang tidak sehat. Jika kamu sering merokok, mengonsumsi alkohol, kekurangan minum air putih dan tidur, maka kulit wajahmu akan rentan berjerawat.

Kamu perlu menghindari kebiasaan merokok karena dapat mempersempit pembuluh darah di kulit. Sel kulitmu juga rentan rusak karena kebiasaan ini. Saat sel kulit rusak, sel kulit mati akan menyumbat pori-pori dan muncul jerawat batu.

Makanan yang pedas dan berminyak juga bisa membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak. Hal in akan menyebabkan jerawat khususnya jerawat batu.

Penanganan yang Tepat

Selain membantu mengontrol bakteri, antibitok juga bisa meringankan peradangan pada jerawat batu. Antibiotik sendiri biasanya diberikan dalam bentuk tablet dengan dosis tertentu. Namun, antibiotik hanya dapat diberikan jika kamu memeriksakan kondisi kulit ke klinik kecantikan dengan dokter spesialis kulit.

Obat yang mengandung asam salisilat dan asam azelaic biasanya memiliki sift antibakteri dan bekerja untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah.

Obat yang satu ini sering diberkan kepada para perempuan dewasa yang sering mengalami jerawat batu yang meradang.

Kamu juga bisa menggunakan rangkaian skincare yang tepat untuk bisa menyembuhkan jerawat batu. Salah satu rekomendasi produk skincarenya adalah tamanu oil falabelle . Gunakan produk ini dan jangan lupa untuk membersihkan wajah secara rutin agar kondisi kulit selalu bersih dan tidak ada penumpukan kotoran serta kulit mati.

Bila perlu, kamu bisa mengunjungi klinik kecantikan terdekat untuk bisa mengetahui lebih lanjut seputar penyebab dan penanganan yang tepat untuk jerawat batu yang meradang. Cara menghilangkan jerawat batu tentu berbeda di setiap orang, hal ini dilihat dari penyebab jerawat tersebut dan seberapa parah kondisi jerawat yang sedang meradang.

Penanganan yang tepat tentu harus dilakukan demi mencegah datangnya jerawat dan membuatnya semakin meradang.

 

Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO 🍍


kembanggularoom by demia kamil

9 comments:

  1. Ada yang pernah ngalamin jerawat batu juga?

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah mengalami jerawat batu, tapi membaca blog ini jadi tambah knowledge untuk mencegah

    ReplyDelete
  3. Salah satu temanku bertahun-tahun perawatan terus untuk mengatasi jerawat batunya, gak ngerti dimana masalahnya namun memang sekian tahun tidak menunjukkan hasil yang berarti. Aku baru tahu ternyata bisa karena faktor genetik juga ya jerawat batu ini.

    ReplyDelete
  4. wah seram juga ya jerawat batu ini, wajib jaga kebersihan dan kesehatan ini mah, ternyata ada faktor genetik juga

    ReplyDelete
  5. Pengobatan jerawat batu emang nggak mudah. Makanya kondisi kulit hrs kita jaga sebaik-baiknya dengan menggunakan produk yg tepat dan aman pastinya.

    ReplyDelete
  6. Nice content, beb! Buat mencegah jerawat, kudu wajib jaga kebersihan kulit, ya.. Anyway, tamanu oil itu beli dimana, beb?

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk yang kena jerawat batu Kak. heheheh tapi kadang ilang sendiri gitu. Jadi ada ya perawatan khusu ngilangi jerawat batu. Asikk nih

    ReplyDelete
  8. Penasaran sama oil tamanu falabelle ini, teh..
    Jadi oil ini dioleskan sebelum skincare yang lain-lainnya?

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau kalau antibiotik bisa mengatasi jerawat batu, dulu waktu remaja banyak banget jerawat batu, nyut nyutan.

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛