INVESTASI MODAL KECIL DI AMARTHA

 

Amartha Solusi Tambahan Modal Untuk UMKM

Butuh Modal Usaha? Amartha Solusinya

Hai Beb! Gimana kabarnya? Semoga selalu sehat yaaa. Happy banget nih, sekarang udah mulai banyak event lagi, jadinya bisa sekalian ketemuan sama temen-temen yang udah lumayan lama nggak ketemu karena pandemic. Kaya Sabtu kemaren, aku sama temen-temen blogger, ketemuan sekalian hadir di acaranya Amartha. Ada yang udah pernah denger soal Investasi Amartha? Cocok banget buat kamu yang mau belajar investasi modal kecil looh, terutama buat pemula kaya aku. Kalo belum pernah denger tentang Amartha, hayuks aku ceritain yaaa, keep scroll down hihi. 


INVESTASI UNTUK PEMULA DI AMARTHA MICROFINANCE


Amartha Solusi Tambahan Modal Untuk UMKM

Siapa siiih yang nggak pengen belajar Investasi demi masa depan yang lebih cerah? Jujur ya beb, aku tu emang udah dari umur 20an pengen banget investasi kecil-kecilan, itung-itung biar hari tua aku nggak nyusahin siapa-siapa kan yaaa. Siapa bilang umur 20an nggak harus investasi? Investasi mah nggak mengenal umur tau beb, yang penting kita ngerti sama cara kerjanya aja, hehe. Tapi ternyata yaaa, nemuin investasi yang cocok sama diri kita tu susah banget, kalo kata orang mah sesusah ketemu sama jodoh hihi.

Akhirnya minggu lalu, kenalan sama #Amartha yang setelah di jelasin tu, aku ngerasa cocok banget sama jenis investasi kaya gini. Nggak cuma buat kepentingan aku sih, tapi bisa dibilang, ngebantu orang yang emang lagi berjuang dengan bisnis atau usahanya, apalagi mereka juga para #PerempuanTangguh yang hebat, jadi langsung keinget sama Mama hihi.

Kenapa aku bilang sekalian ngebantu para perempuan dan ibu hebat? Soalnya ya beb, Amartha ini ngasih pinjaman atau modal tambahan di usaha skala micro yang punya keterbatasan akses ke lembaga formal kaya Bank. Tau sendiri donk kalo ngajuin pinjaman ke Bank itu ya nggak semudah yang diceritain di iklan bank hehe. Pastinya harus ada jaminan donk yaaa, sementara mereka yang usahanya di pedesaan mah apa yang mau dijadiin jaminan beb. 

Makanya niih, Amartha hadir buat ngebantu dan ngasih modal para UMKM yang ada di pedesaan, terutama para perempuan dan ibu hebat, keren banget sih kata aku mah beb.


Terus, terus? Kita investasi di bagian mananya ini te beb? Tenang-tenang, yuk aku jelasin cara investasi di Amartha. 

Gampangnya mah gini beb, Amartha tu kaya perantara buat kita yang mau minjemin modal, ke para perempuan di pedesaan yang butuh modal untuk usahanya mereka. Yang aku suka dari Amartha tu, mereka cuma bisa meminjamkan modal buat para perempuan yang emang punya usaha.

Jadi kalo ada diantara para perempuan itu mau ngajuin pinjaman buat beli HP baru misalnya, ya pastinya nggak akan bisa donk yaaa. Soalnya Amartha emang bukan pinjaman jenis konsumtif, Amartha cuma ngasih pinjem buat pinjeman produktif modal usaha ya beb, jadi beda dari pinjaman online lainnya. Amartha Microfinance marketplace fintech udah terpercaya dan terdaftar di OJK.

Terus, terus? Pertanyaan yang pasti bakalan pertama kali ditanyain niiih, apalagi buat para pemula kaya aku. Aman nggak niiih? Apalagi para peminjamnya juga nggak harus ada jaminan gitu? Tenang beeeb, Amartha juga pasti udah memikirkan ini dan udah nyari solusinya donk pastinyaaa.

Gini gini beb, aku juga kemaren sempet bingung sih, pas tau kalo mereka nggak harus ngasih sesuatu sebagai jaminan kaya sertifikat rumah, atau benda berharga lainnya. Ternyata, sistem minjem modal di Amartha tu kaya berkelompok gitu looh. Jadi yaa kalo di kelompok itu ada salah satu peminjam yang mandek, temen-temen sekelompoknya yang bakalan ngingetin. Kalo ternyata masih belum bisa nyicil, bakalan ditanggung bareng-bareng sama yang sekelompoknya itu. Sejauh ini emang cara kaya gini manjur ko, dan nggak ngerugiin kita sebagai yang meminjamkan modal, buktinya Amartha udah ada dari 2010 dan makin kesini malah makin banyak jangkauannya hihi.

Terus yaaa, setelah minjemin modal, Amartha juga nggak langsung ngelepas gitu aja looh, ada lebih dari 4000 tenaga lapangan juga yang ngasih pelayanan buat para mitra Amartha. Kaya ngasih edukasi literasi keuangan dan digital, juga menyediakan akses keuangan digital, mantuls nggak tuh?

Aku liatin juga yaaa, gimana tampilan Aplikasi Amartha di HP.

Amartha Solusi Tambahan Modal Untuk UMKM

Kita sebagai yang memberi pinjaman juga bisa milih sendiri looh, siapa yang bakalan kita kasih pinjaman modal, bisa diliat juga jenis usahanya, berapa plafondnya, berapa persentase bagi hasilnya, dan berapa lama tenornya. 

#AyoModalinUMKM mulai dari 100k aja! Seriusan ini mah beb, beneran terjangkau dan cocok banget buat pemula kaya aku hihi. Kadang nih yaaa, di aku 100k cuma buat beli kopi dan cemilan nongki bareng para besti, tapi ternyata bisa jadi #100RibuSejutaPeluang ditangan mereka looh. Yuuuk #MenjadiAmartha sekarang juga, download aplikasinya di PlayStore yaaa.


*Semoga cara penyampaian aku bisa dimengerti yaaa, mon maap ni beb, akunya juga pemula kalo soal perinvestasian kaya gini, kalo ada bahasa dan penyampaian yang kurang tepat boleh dikoreksi looh di kolom komen hehe. Siapa tau kan yaaa, ada yang kaya aku, dari nggak tau, jadi lebih tau dan lebih mengenal soal investasi di Amartha. πŸ’›



MENGENAL KONSEP IMPACT INVESTING

Amartha Solusi Tambahan Modal Untuk UMKM

Kemaren juga aku dikenalin soal konsep impact investing niiih di acaranya Amartha beb, jadi apa sih impact investing itu? Jadi ya beb, pendanaan berdampak tu salah satu strategi investasi yang menghasilkan keuntungan investasi sekaligus menciptakan dampak positif untuk sosial dan lingkungan gitu. Misalnya :

SEKTOR UMKM PERDAGANGAN
Lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi pada PDB Indonesia, dimana 64,5% UMKM dijalankan oleh perempuan

SEKTOR GENDER
Partisipasi perempuan pekerja hanya 55%, sementara laki-laki 83%. Memberdayakan perempuan bisa mendukung penciptaan dampak sosial

SEKTOR PERTANIAN
93% petani kecil masuk rantai pasokan pertanian dan menyumbang 33%  tenaga kerja

DAMPAK EKONOMI
Banyak juga dampak ekonomi yang dirasakan ni beb, sebesar 95,5% mitra udah bisa memenuhi kebutuhan dasaranya

DAMPAK SOSIAL
Sebanyak 70% mitra Amartha juga jadi punya skill baru dari pertemuan kelompok, kaya pengelolaan keuangan, bisnis, problem solving, leadership dan decision making skills. Nggak cuma itu, mitra juga jadi mampu menyekolahkan anak-anak mereka, termasuk kesempatan sekolah buat para anak perempuan. 



Amartha Solusi Tambahan Modal Untuk UMKM

Oya, aku udah sampein belum sih, kalo sistemnya Amartha itu bagi hasil, bisa sampe 15% looh. Terus, Amartha juga udah terdaftar di OJK dan udah punya ijin usaha. Jadinya aman deh kalo kamu mau belajar investasi kaya aku. 

Mampir juga ke blog.amartha.com/ dan www.amartha.com/id_ID/ buat informasi lebih lengkap yaaa.



Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO πŸ

kembanggularoom by demia kamil


26 comments:

  1. Boleh juga nih sometimes dicoba

    ReplyDelete
  2. Bakalan ngebantu UMKM banget nii kayaknya

    ReplyDelete
  3. keren banget sih dampak positifnya dari amartha ini

    ReplyDelete
  4. Memudahkan banget yaa kalo mau investasi dan modalnya pun terjangkau

    ReplyDelete
  5. cocok jadi referensi buat yang mau inveestt!

    ReplyDelete
  6. Wahh ada bimbingannya juga yaa, jd ga dilepas gt aja

    ReplyDelete
  7. Wah keren juga ya kalau kita berinvestasi di sini. Bisa sekalian membantu pemilik usaha mendapatkan modal ya

    ReplyDelete
  8. Amarta ini menjadi salah satu lembaga terbaik yang fokus pada mereka usaha mikro yang non kapable bank dan saya pernah ikut liputan di binaan mereka di ciseeng dan asli banyak bnyk banget yang sukes bersama amarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaa ngebantu banget para umkm di pedesaan hihihi

      Delete
  9. Menurutku bagus banget ini programnya Amartha. Bukan hanya ngomongin soal cuan, tapi ngangkat isu lingkungan dan menyusur masyarakat perempuan kelas bawah. Semoga banyak yang tergerak untuk menjadi pendana.

    ReplyDelete
  10. Ngomongin investasi tuh emang penting sih. Menyiapkan kemerdekaan finansial untuk masa depan. Apalagi yang bisa dengan modal kecil kayak Amartha.

    ReplyDelete
  11. Bisa dikatakan Amartha itu memudahkan bagi yang ingin berinvestasi, dan sekaligus juga membantu yang ingin mengembangkan bisnisnya ya kak. Apalagi dukungannya ini bagus untuk membuat perempuan semakin berdaya

    ReplyDelete
  12. Keren ya programnya Amartha ini, bener juga kadang 100ribu ku pakai buat jajan gak jelas, ya kayak cuma buat ngopi sama beli makanan cemilan dan bahkan lebih dari 100rb.
    kalau di Amartha bisa bermanfaat buat orang lain dan bisa cuan dikita ya, keren deh, start juga gak terlalu besar.

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›