PERBEDAAN SIKLUS HAID YANG NORMAL DAN TIDAK NORMAL

 

Perbedaan Siklus Haid yang Normal dan Tidak Normal

Hai Beb! Ada yang sama kaya aku nggak sih? Punya siklus haid yang nggak teratur setiap bulannya? Ternyata yaa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan looh mengenai Siklus Haid yang nggak teratur ini, apakah siklus haid kamu normal, atau tidak normal. Yuk kita simak Perbedaan Siklus Haid yang Normal dan Tidak Normal menurut beberapa ahli. Keep scroll down yess!

Kita nostalgia ke pelajaran Biologi dulu yuks? Anak IPA kaya aku pasti tau donk yaa, kalo siklus Menstruasi atau Siklus Haid ini merupakan suatu rangkaian perubahan yang dialami tubuh perempuan di setiap bulannya sebagai persiapan kemungkinan kehamilan.

Jadi ya beb, setiap bulannya, salah satu ovarium kita tu bakalan melepaskan sel telur gitu, ada yang inget nggak sih proses ini dinamain apa? Yap! Proses ini tu disebut dengan ovulasi ya beb. Bersamaan dengan ini, perubahan hormonal berfungsi nyiapin rahim buat kehamilan. Tapi ya beb, kalo sel telur ternyata nggak dibuahi, lapisan rahim bakalan dikeluarkan, dan proses inilah yang biasa kita sebut dengan menstruasi. Udah inget kan sama pelajaran Biologinya? Pelajaran satu ini lumayan jadi favorit aku nih beb, soalnya Ibu Gurunya super duper baik , hihi.

Siklus Haid ini ya beb, selain biasanya digunakan untuk merencanakan kehamilan, menghitung siklus haid juga penting looh. Ada yang suka nandain di kalender kaya aku nggak sih kalo pas dateng bulan? Tujuannya biar tau aja sih haid kita tu teratur di tanggal yang sama, suka telat, atau bahkan dateng kepagian hihi. Ini bisa berguna loh biar kita tau kalo siklus haid kita normal atau enggaknya. Walaupun ya beb, siklus haid yang nggak teratur jarang menandakan masalah yang serius, tapi bisa jadi tanda kalo adanya masalah kesehatan di tubuh kita. Yuk kita cari tau, Perbedaan Siklus Haid yang Normal dan Tidak Normal?


SIKLUS HAID NORMAL


Siklus menstruasi tu biasanya dihitung dari hari pertama menstruasi satu sampe hari pertama berikutnya ya beb. Tapi emang siklus ini nggak sama buat semua perempuan. Biasanya mentruasi itu setiap 21 sampe 35 hari, dan lamanya bisa dari dua hari sampe tujuh hari. Ada yang suka lebih? Di beberapa temen aku bahkan ada yang sampe 14 hari loh. Aku juga kadang bisa sampe 10 harian. Tapi ternyata emang wajar ko, soalnya seiring berjalannya usia, siklus menstruasi bakalan lebih teratur dan siklusnya bakalan lebih pendek gitu beb.

Siklus menstruasi yang teratur tu yang gimana sih? Umumnya siklus menstruasi yang teratur tu ternyata ditandai dengan durasi yang sama setiap bulannya, itulah pentingnya kita nandain kalender beb, apalagi buat yang daya ingatannya pendek kaya aku haha.

Terus yaaa, kalo mau dateng bulan tu suka keram perut nggak sih? Nyeri ringan, atau berat, bahkan tanpa rasa sakit ternyata masih bisa dianggap normal loh selama kita mengalami menstruasi yang teratur si setiap bulannya, siklusnya yang tadi ya beb, dari 21-35 hari. Terus kalo yang mentruasinya nggak teratur gimana beb? Yuk kita bahas yuuuk.



SIKLUS HAID TIDAK NORMAL


Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai nih beb kalo kamu mengalami beberapa tanda siklus haid yang tidak normal, diantaranya : 

- Periodenya lebih dari tujuh hari
- Ngalamin nyeri, keram, mual atau muntah 
- Pendarahan atau bercak di luar siklus
- Siklus menstruasi kamu kurangd ari 21 hari dan lebih dari 35 hari
- Kelewat  tiga atau lebih siklus menstruasi berturut-turut
- Tiba-tiba aliran menstruasinya lebih deras atau lebih ringan dari biasanya

Kalo kamu ngalamin salah satu tanda-tanda di atas, sebaiknya emang periksa ke dokter biar kalo ada apa-apa bisa diobatin dan ditangani sedini mungkin ya beb.

Nggak perlu canggung atau malu kalo kita dateng ke dokter kandungan, lebih baik diperiksa seini mungkin kan yaa daripada telat nantinya hihi.



Btw beb, tadi siang tu aku abis ketemuan sama para bestie dan ngobrolin soal siklus haid ini, sebenernya saling tukeran cerita gitu sih, karna nggak semua temen kayanya bisa ngobrolin soal ini yaa, ada yang canggung dan nggak nyaman gitu. Jadinya selain tukeran cerita, kita sekalian nostalgia ke pelajaran Biologi yang sebenernya ini pengetahuan umum sih masuknya ya beb. Bukan anak IPA juga kayanya tau dan ngerti hihi, Tapi nggak apa-apalah yaaa, aku buat jadi satu cerita di Blog ini, biar ada update aja sih haha.

Yauda deh, segitu dulu ceritanya yaa, kalo ada penulisan aku yang salah atau ada kalimat yang bikin bingung dan mau dikoreksi, boleh banget loooh, soalnya ini mata pelajaran jaman SMA yang udah lama bangeet. Jadi ada beberapa istilah yang aku lupa lupa inget hehe.



Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO ðŸ

kembanggularoom by demia kamil


7 comments:

  1. Moga aja mau yang normal atau tidak normal tetap rasa sakit itu tidak terlalu lama, kalau lebih dari 7 hari kan gimana ya rasanya

    ReplyDelete
  2. dengan tahu siklus haid jadi paham masalah kesuburan dan lainnya. kalau emang ada masalah emang perlu dikonsultasikan dengan yang ahli ya

    ReplyDelete
  3. Tidak semua Wanita memiliki kondisi yg sama. Itu sebabnya mesti memperhatikan secara mendalam dengan mengetahui siklus menstruasi, maka akan lebih mengetahui bagaimana siklus menstruasi yang normal & waktu yang tepat untuk terjadinya ovulasi.

    ReplyDelete
  4. Seorang perempuan emang harus aware banget dengan siklus haid karena memang menyangkut masa depan. Kebetulan siklusku teratur tapi terdiagnosa endometriosis. Sedih banget..

    ReplyDelete
  5. Siklus haidku termasuk yang normal tiap bulannya. Sesekali telat seminggu jika setress. Biasanya maju 2-3 dari bulan sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Sewaktu sekolah dulu aku tim jarang catat kapan haid, cuma kalau sekarang setelah menikah mencatat tanggal haid itu penting banget, hehe selain menjaga kesehatan jg mengantisipasi kehamilan.hehe

    ReplyDelete
  7. Daku juga yang siklus menstruasinya itu antara 7-10 hari kak.
    Awalnya sih takut kok bisa daku 10 hari. Eh pas ngobrol ke kakak senior waktu kerja, katanya sih dia juga gitu, dan itu normal, lega deh

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛