DATA PENIPU!!!


Siapa sih yang nggak sebel kena tipu?? Rasanya semua orang yang ngalamin pasti nggak mau nasibnya kena tipu ya beb. Bukan soal nominal sebenernya yang bakalan aku bahas dan permasalahin disini, tapi cara dia yang udah ngelibatin nama aku dan si Hubby buat aktifitas menipu lainnya. Karena ini menyangkut nama baik aku dan si Hubby, jadi aku putuskan buat share permasalahan ini di blog pribadi aku.




Namanya Maria Christina Natalia Abe, atau biasa dikenal dengan nama Nona, dengan userID Instagram @nonamakeup1920 yang pada tanggal 04 Agustus 2020 ini udah nggak bisa diakses karena deactive. Postingan ini khusus aku buat dengan harapan nggak akan adalagi korban dari Nona. Kalo kamu punya pengalaman kena tipu juga boleh banget loh share di kolom comment aku kronologi dan data penipunya juga, nanti bakalan aku update di post ini.



DATA DIRI Maria Christina Natalia Abe

data diri penipu maria christina natalia abe

Nona merupakan founder dari salah satu komunitas beauty bernama @beautyranger.id , aku nggak akan ngebahas lebih jauh mengenai komunitasnya ini sih beb, temen-temen di Beautyranger baik-baik dan bahkan aku cukup lama juga menjadi salah satu officer di sana, bahkan nama Beautyranger pun merupakan usulan dari aku dan si hubby. Yang bermasalah di sini adalah foundernya yang bernama Nona, bukan komunitasnya beb, walaupun aku yakin sih nama baik komunitasnya bakalan sedikit negatif dengan kelakuan dari Foundernya sendiri [Not available akhlak emang]. 

Usut punya usut ternyata Nona pernah punya kasus serupa di tahun 2014, yaitu penipuan beberapa orang dan data dirinya udah nyebar juga di Kaskus, kalo kepo boleh langsung meluncur ke sumbernya aja ya beb, ini linknya : 



Nama : Maria Christina Natalia Abe
Tanggal Lahir : 19 Desember 1991
Alamat : Perumahan Citra Kebun Mas blok DG No. 18 Klari Karawang Timur Karawang

E-mail : non4_natalia@yahoo.com / nonatalia19@gmail.com
No. HP : 087804353291 / 081807277840 / 082114650826
WA : 085810941276 - Pin BB : 274EEF5D / 7FC6DCEE
No. rekening : BCA 0921360559 a/n Neny Setianny

Daftar sekolahnya :
TK Melur Menteng Dalam - SD 17 Agustus Tebet - SMP Asisi Menteng Dalam - SMA Asisi Menteng Dalam - BSI Karawang jurusan manajemen informatika

Twitter : @nonatalia19
Instagram : @nonamakeup1920
Line : Nonataliabe
Youtube : maria abe
Akun FB - Ask.fm - Blog

Mohon maaf sebelumnya, dengan terpaksa aku harus share foto dan data-datanya juga biar yang kenal dan belum tau kelakuannya bisa lebih berhati-hati dengan beliau.




KRONOLOGI 1


[Siapin popcorn dulu beb, cerita ini bakalan puanjaaang hihi]

Bermula dari aku [@deemiiaa] dan 8 temenku [@tamioktari, @viey_septiyan, @nuraminust @rurie.nurulfajri, @putritujuh, @filiadev, @vinalvinul, @isnaini__choki] yang dapet project review beauty product dari salah satu brand melalui komunitas @beautyranger.

Sebenernya aku pribadi nggak pernah daftar project ini, begitupun dengan beberapa temenku yang lain, tapi karena brand ini cukup besar, dan product yang ditawarkan bagus, akhirnya aku dan beberapa temenku sepakat buat ikutan project ini dengan imbalan fee yang ditawarkan senilai IDR 250k /orang plus product dari brand A**********.

Nama Brand aku samarkan ya beb, jujur aku dan temen-temen yang lain nggak ada masalah dengan brand-nya, bahkan beberapa product mereka yang udah aku cobain cocok di kulit aku hehe.

Pada pertengahan bulan Maret kewajiban kita sebagai blogger udah selesai, dan seharusnya hak kita pun diselesaikan. Di sini Nona bilang kalo dari pihak brand susah dihubungi sehingga hak kita belum bisa diproses dengan baik.



Pada tanggal 21 Juli 2020, Nona sempet muncul dan ngasih info mengenai fee. Dan 25 Juli 2020, Nona pengumuman di Line Group kalo pihak brand emang ada keterlambatan bayar dan kita pun diminta buat nunggu sampe 1/2 Juli 2020.

Tibalah di tanggal yang dinanti, tapi Nona sama sekali nggak ada respon di grup, akhirnya kita pun sepakat buat langsung nanya ke perwakilan brand mengenai ini. Aku bersyukur banget sama pihak brand yang sangat membantu dan ngasih info-info yang kita butuhin, bahkan dari pihak brand sendiri ngasih bukti transfer lunas di tanggal 6 Maret 2020 ke rekening an Maria Christina Natalia Abe alias Nona.


10 Juli 2020, kita putuskan buat bikin WA Group karena Nona nggak ada respon di Line dengan alasan, nggak bisa buka Line dan kita liat masih aktif di WA.

Di WAG ini kita kirim semua bukti kalo ternyata pihak brand udah memenuhi kewajibannya, dan Nona masih berdalih kalo pihak brand sebelumnya nggak ngabarin kalo mereka udah transfer, jadi Nona mau cek ke bank langsung buat memastikan udah masuk apa belum uangnya.

Di sini kita semua masih selow dan nanggepin dengan halus tanpa emosi sedikitpun, bahkan bahasa yang kita gunakan juga sebaik mungkin biar nggak menyinggung siapapun termasuk Nona.


Nyatanya uang emang udah masuk, pihak brand juga udah kirim bukti ke kita kalo mereka udah confirm saat transfer ke Nona. 


10 Juli 2020, akhirnya Nona mengakui kalo uang kita ada yang kepake untuk keperluan pribadi, dengan alasan Nona nggak tau saat itu ada uang masuk dari brand, di sini kita semua udah mulai curiga donk yaaa, tapi malah Nona yang ngegas loh pemirsa.





Dengan respon yang kurang baik dan nggak adanya tanggal pasti kapan fee kita turun, wajar donk yaa kalo kita semua sedikit kesulut dan terus minta kepastian dari Nona, terlebih saat itu Nona cukup lama nggak ngerespon juga setelah respon dia yang terakhir. Di sini udah ada beberapa temen-temen yang share masalah ini ke IGS dan Line Groupnya Beautyranger. Tapi sekali lagi, Nona yang lebih nyolot loh gaes, bner-bener bikin kesabaran teruji secara klinis. πŸ˜…


Di tanggal 11 Juli 2020 juga akhirnya Nona mengakui kesalahannya dan ngejanjiin kita kalo fee akan turun tanggal 15 Juli 2020.



Tanggal 15 aja belum dateng Nona udah mundurin tanggal dan minta dikasih waktu sampe 28 Juli 2020, kita pun sepakat buat nunggu tanggal 28 Juli 2020.


Emang bener sih dia nggak lari, katanya kalo di WA atau telpon juga bakalan respon, tapi kalo  fee kita nggak cair sama aja bohong kali. Suka sebel deh!!!

Tanggal 28 Juli 2020 pun tiba, dan sampe malem masih nggak ada tanda-tanda kalo kita bakalan di transfer dengan alasan, gajinya belum turun.


Yang tadinya janji mau bayar serentak di tanggal 15, lalu mundur lagi ke tanggal 28, dan tepat sehari sebelum tanggal 28 Nona mengubah lagi janjinya gaes, jadi nggak bisa bayar serentak dan bakalan dicicil.


Tanggal 28 Juli 2020 pun datang, udah pada nagih donk yaa pastinya di grup WA, bagai petir di siang bolong, ternyata Nona masih ngejanjiin lagi di tanggal 02 Agustus 2020 buat bayar sisanya. FYI beb, bahwa di tanggal 28 Juli 2020 ini juga, NGGAK ADA satupun dari kita yang dibayar. Kita tungguin sampe malem dan hasilnya nihil.



Tanggal 28 dan 29 pun berlalu, di tanggal 30 Nona minta maaf karena belum bisa bayar dan katanya nggak mau nentuin tanggal karena nggak mau meleset lagi. Mbaknya lucu, yang udah tentuin tanggal aja meleset, apalagi nggak ditentuin tanggal mbak.


Di tanggal yang sama, 30 Juli 2020, akhirnya Nona tranfer ke salah satu dari kami [@tamioktari] sebesar IDR 100k, itupun bukan dari rekening Nona langsung yang belakangan ini [06 Agutsus 2020] diketahui kalo doi pinjem uang ketemennya. Masih aman sih karena statusnya minjem, yang aku nggak suka adalah caranya yang langsung ngasih nomer rekening Tami ketemennya ini. dengan kata lain nomer rekening yang seharusnya menjadi data pribadi udah tersebar ke salah satu orang temennya.

Transfernya cuma IDR 100k? Iya bener beb, cuma ke satu orang aja, dan bahkan masih kurang dari nominal yang seharusnya menjadi haknya.


Tanggal 02 Agutsus pun datang, dan nggak ada satupun dari kita yang di transfer sama Nona, dia masih beralasan A sampai Z yang sebenernya kita udah nggak mau denger dan nggak mau tau juga. Dan sampe tulisan ini dibuat, 06 Agustus 2020, permasalahan ini belum beres, justru melebar lebih jauh yang menurutku ini udah ngerugiin banget terutama buat aku dan si Hubby, ceritanya bakalan aku tulis di kronologi 2 ya beb.




KRONOLOGI 2


Setelah tanggal 02 Agustus 2020 nggak ada tranferan ke kita, di tanggal 04 Agustus 2020 malem, Nona bilang kalo dia udah transfer ke aku. Bingung juga sebenernya karena sebelumnya Nona bilang udah pegang uang 600k cash dan harus setor ke ATM dulu buat transfer ke kita. Rurie, salah satu dari kita pun menawarkan buat tranfer ke beliau dulu, nanti bakalan di tranfer ke temen-temen yang lain setelahnya. Nah ini malah tiba-tiba tranfer ke aku, kan aneh.

Setelah di cek, ada 5x tranferan masuk yang nominalnya 10k, 40k, 40k, 40k, 40k dengan total 170k, dimana itu masih kurang dari fee yang seharusnya kita dapetin.


Karena ngerasa ada yang janggal dari transferan ini, mon maap otakku travelling beb. Di keterangan tranfer tertulis dengan jelas kalo itu merupakan "Pendaftaran Calla Management", [kebetulan banget beberapa hari lalu aku baru diajakin join WA Group di Calla Management sama temenku @enyadinda, ini udah berasa jodoh sih, makasih banget loh beb Eny udah ngajakin aku join, yang ternyata mempermudah langkah aku buat ngebongkar kebobrokan Nona].


Karena aku udah join di WAG Calla Management, otomatis aku juga tau donk admin di sana, langsung aku japri dan nanya kalo ada tranferan masuk ke aku dengan nominal tersebut dan ada keterangan Calla Management. Aku juga bilang kalo aku lagi berurusan dengan yang namanya Nona dan bilang juga ini merupakan tranferan "bayar utang" nya Nona. Karena aku ngerasa yakin kalo nama Calla Management disalahgunakan sama Nona.

Pihak Calla Management juga ngebantu aku dan mereka langsung nyari tau ke admin lainnya perihal ini.


FYI, sebelumnya juga ternyata Nona sempet share project gitu disalah satu WAG sharing yang bawa nama Calla Management, yang nggak lama setelahnya aku dan beberapa temenku dari 8 orang di atas di REMOVE dari group tersebut. Nggak tau kenapa aku ngerasa kalo ini ada hubunganya dengan ke-5 orang yang tranfer ke aku. Masalah ini cukup rumit dan merembet ke beberapa WAG, sebisa mungkin aku ceritain singkat dan detail ya beb.


Sambil nunggu balesan dari Admin Calla Management, inisiatif aku cari IG nya Calla Management [karena jujur, aku baru join WA groupnya aja dan belum sempet mampir ke IG nya, bahkan aku belum follow IG nya management tersebut].

Akhirnya aku nemuin salah satu nama dari ke-5 orang yang tranfer ke rekening si Hubby aku [FYI, aku pake salah satu rekening BCA si hubby untuk urusan pembayaran pekerjaan aku selama ini beb]. Salah satu nama dari ke-5 orang itu ada di feed IG nya Calla Management sebagai tallent yang baru bergabung [Update, per tanggal 06 Agustus 2020 sore, postingan feed tersebut udah nggak ada di IG nya Calla Management].

Oya, disini aku juga minta ke-8 temenku [@tamioktari, @viey_septiyan, @nuraminust @rurie.nurulfajri, @putritujuh, @filiadev, @vinalvinul, @isnaini__choki] buat ikut bantu cari ke-5 nama yang tranfer ke norek aku beb. 

Inisiatif lagi donk aku DM langsung, karena gimanapun, beliau transfer ke nomer rekening Hubby aku, walaupun setau aku transferan itu statusnya "bayar utang" dari Nona. Aku mikir kalo aku juga perlu tau apakah beliau tau alasan dia tranfer ke aku untuk bayar utangnya Nona atau enggak.

Ini chat DM aku dengan beliau ya beb, aku tampilin semua karena menurutku perlu di sampein di sini, dan isi chat ini juga yang bikin aku memutuskan buat share masalah ini di blog, karena norek BCA Hubby aku diancam akan di blokir. Dan aku juga dianggap yang nipu sama beliau.

Selain nama aku jadi negatif, kerugian waktu yang aku alami akibat si Nona juga cukup banyak karena aku harus balikin semua uang masuk dari mereka yang tranfer ke aku. 



Di sini posisinya aku bolak balik chat  Beliau di DM dan chat Admin Calla Management di WA ya beb. Jadi agak ribet juga sebenernyaa, belum lagi aku chat juga sama ke-8 temenku yang lagi berurusan sama Nona, karena masalah ini aku ceritain juga ke mereka di WAG.

Pas lagi chat kebetulan lagi ada mama mertua juga lagi berkunjung ke rumah, jadi sambil nemenin ngobrol dan mon maap kalo ada beberapa chat yang rada nggak nyambung atau belibet nyebutin tanggal dan hari hahaha, anaknya nggak multitasking beeeb, semenjak nggak kerja jadi nggak hafal hari dan tanggal. πŸ˜†

Admin WA Calla Management infoin ke aku kalo Nona ini ternyata Admin IG Calla Management yang baru yang baru aja di PECAT setelah masalah ini, dan katanya Nona pake nama lain gitu. Admin WA Calla Management juga infoin ke aku kalo mereka lagi berurusan dengan Nona karena ada beberapa project yang di handle oleh Nona ini nggak beres dan mengalami kerugian sebesar kurang lebih 10jt.

Ini isi chat aku dengan Admin WA Calla Management, aku capture bagian yang menurut aku perlu disampein aja di sini. 





Kabarnya Calla Management udah buat BAP untuk kasusnya dengan Nona, cuma aku kurang ngikutin juga kelanjutanya seperti apa.

Seharusnya, urusan aku dengan salah satu yang aku DM udah selesai sih, dan urusan aku dengan Calla Management juga udah selesai.

Tinggal urusan aku dan ke-8 temenku yang belum selesai dengan Nona, semoga kejadian ini bisa dijadikan pembelajaran buat semua pihak dan buat semua yang baca. Semoga nggak akan ada korban tambahan dari Nona juga.

Oya, aku juga udah TF balik ke-5 orang yang TF ke aku dengan tota nominal 170k, aku nggak mau makan duit penipuan si Nona, walaupun disini posisi aku juga punya hak sebesar 250k dari Nona. Tapi nggak gitu caranya juga. 
Semoga setelah ini aku nggak harus diribetkan dengan balikin TF an orang karena ulah si Nona. Oya, disini posisi aku nggak berhubungan langsung dengan ke-5 orang ini, aku tau norek mereka juga dari admin WAG Calla Managementnya yaa. Aku cuma Dm2an sama salah satu dari mereka yang udah aku bahas di atas juga. Dan semoga dia baca ini, biar nggak salah faham dan nggak berniat blokir BCA Hubby aku lagi. :)

Update :
Setelah drama ini, setelah semua dana aku kembalikan ke pengirimnya senilai IDR 170k, tiba-tiba Nona kirim bukti TF IDR 100k, nyicil utang dia ke aku katanya gaes, dan aku liat pengirimnya emang nama dia, bukan nama orang lain.


Sayangnya, dengan pembayaran ke aku sebesar IDR 100k, dan ke Tami IDR 100k sebelumnya, Nona jadikan pembelaan ke setiap orang yang nanya masalah ini ke dia. Selalu dijadikan tameng "Aku udah bayar ke Tami dan Demia". Padahal masih jauh dari kata lunas, total hutang Nona ke 8 orang adalah IDr 2.250.000, dan telah dibayar senilai IDR 200.000, setengahnya juga belum loh pemirsah hahaha.

Kemaren aku sempet buat post IG juga mengenai ini, nggak begitu terperinci karena biar cepet, ternyata Nona juga punya banyak masalah dengan temen-temen lain juga loh, kalo kepo bisa langsung mampir aja ke IG aku dan baca-baca bagian komen.






UPDATE 06 AUGUST 20 


Dengan segala kejanggalan yang ada, aku dan temen-temen yang lain beranggapan kalo Nona lagi nge drama, kita semua curiga kalo ternyata admin Calla Management ini Nona juga beb sebenernya.

Aku udah bilang kan yaa kalo aku udah masuk WAG Calla Managementnya?? Kemaren kita liat kalo ternyata Admin WAG itu ada 2, Admin utama adalah admin WA yang kemaren aku tanyai. Dan admin kedua adalah nomer Nona atau keluarganya, sebelumnya aku nggak ngeuh karena di aku nggak ada DP nya, pas kemaren di cek ternyata ada DP nya dan fotonya Nona sekeluarga gitu.

Bersyukur banget punya banyak temen yang DM/WA dan ngebantuin cari tau soal ini, karena semua ini juga aku dapet berkat bantuan dari temen-temen yang ikutan cari tau dan infoin ke aku. Maaf banget dengan keterbatasan ingatan aku nggak bisa menghafal satu-satu foto ini kiriman dari siapa, dan keterbatasan waktu buat cek kembali ini dikirim dari siapa. Yang pasti foto-foto ini ada berkat bantuan temen-temen semua yang nggak bisa aku sebutin satu-satu. Semoga kebaikan temen-temen semua dibalas berkali-kali lipat oleh Tuhan, amiiiin.

Dan aku juga dapet kiriman DM juga dari salah satu temen aku, kalo ternyata dia nemuin nomer WA Admin Calla Management yang 1 juga merupakan nomernya Nona/Keluarganya.


Dengan adanya info ini, tentu beberapa temenku dari 8 orang yang ikut jadi korban pun ada yang udah curiga soal ini, dan kita sepakat buat terus UP nama dia di social media biar nggak ada lebih banyak korban lagi. Tapi jawaban Nona sungguh bikin aku kehilangan kata-kata. :'(

Rasanya nggak pernah sebenci dan sekecewa ini sama manusia, kalo mau ngebandingin, kucing-kucing aku rasanya lebih punya akhlak dibanding manusia satu ini, maaf udah nggak bisa nahan emosi lagi hehe.

Jujur, pengen banget liat Nona dipenjara dan bayar semua kesalahan yang udah dia lakuin ke banyak orang. Dan semoga Nona segera sadar udah banyak ngerugiin orang, dan semoga nggak akan ada lagi pihak yang dirugikan sama dia kedepannya.




UPDATE 07 AUGUST 20
 


Hari ini, 07 Auguts 2020, aku putuskan buat share masalah ini di WAG Support Calla Management, [beberapa hari lalu pas aku join di WAG Calla Management, aku nemu link buat join di WAG Support juga di deskripsi, jadi aku join juga beb]. Dan tentu aja, pas abis share ini, grup langsung dikunci sama dia.


Nggak lama setelah aku share masalah ini, ada yang japri aku di WA dan cerita juga kalo dia ngalamin yang sama. Oya, posisi aku di sini nggak berhubungan langsung sama ke-5 orang yang TF ke aku ini, aku berhubunganya dengan admin WAG Calla Management. Berharap banget ke-5 orang ini baca postingan aku, terutama buat orang yang ngancem mau blokir norek BCA aku.




Dan kaget banget kalo ternyata nomer rekening Hubby aku dia pake buat ini, buat nipu orang, dan kalo ada TF masuk, dia langsung konfirmasi ke aku kalo dia bayar utang, kemaren-kemaren aku udah balikin juga senilai 170k yang masuk dalam 5x TF dengan nama berbeda.

Aku males banget kalo harus balik-balikin TF yg masuk ke aku gara-gara Nona nyebarin norek Hubby aku setelah ini. bener-bener nyita waktu aku juga.

Perlu aku tekankan lagi, ini hal yang bikin aku UP masalah ini dan bikin tulisan panjang lebar kaya gini,aku nggak terima Norek Hubby aku di sebar buat penipuan dia, dan bahkan ada salah satu orang yang TF ngancem mau blokir BCA Hubby aku, [FYI, uang 40k dia udah aku TF balik ke orangnya].

Nggak nyangka banget urusan ini bakalan panjang dan bakalan ngelibatin Norek Hubby aku juga. :'(




UPDATE PEMBAYARAN DARI NONA 


Kolom ini aku buat khusus untuk update-an kalo Nona mulai bayar ke kita ber-8 ya beb, sampai saat ini 08 Agutsus 2020, Nona baru baru bayar 200k ke dua orang, dari jumlah IDR 2.250.000 yang seharusnya dibayarkan.


🌸 @tamioktari

- 20 Juli 2020 : IDR 100k


🌸 @deemiiaa

- 08 Agustus 2020 : IDR 100k






Buat temen-temen yang mau nambahin, barangkali ada bagian penting yang kelewat nggak aku ceritain di atas boleh banget looh terutama buat ke-8 temenku yang berurusan dengan Nona juga. Ini sebagian besar yang aku inget karena keterbatasan waktu aku buat mengingat dan scrol beberapa chat group hehe.

Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO πŸ

kembanggularoom by demia kamil

6 comments:

  1. Terima Kasih Demia udah bantu UP di blog masalah ini ... aku selaku salah satu korban penggelapan dana si MARIA CHRISTINA NATALIA ABE berharap banget masalah ini cepat terselesaikan . Demi Allah aku gak akan ikhlas dia lepas gitu aja !!! misal gak akan bs diganti gpp asal aku mau liat dia DIPENJARA !!!

    ReplyDelete
  2. Aku ga habis pikir sama orang kaya dia, cuma nyari keuntungan pribadi tanpa liat yg lainnya. Aku disini sebagai salah satu korban NONA BAE jga, dan ngerasa amat sangat di rugikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ga ada korban lainnya setelah kita ya beb huhu

      Delete
  3. Tapi ternyata semua alibinya itu bohong. Makin kayak belut rupanya si Penipu ini. Lelas selelahnya ngurusin kasus ini, skenario bermacam² dia bikin dan sampai komentar ini ditulis dia masih bergentayangan di luar sana. Entah siapa² lagi yg akan jadi korban selanjutnya. Be aware guys!

    ReplyDelete
  4. dia juga lagi bikin kaya gitu fee 80k dari xl aku mau ikut tapi setelah baca ini jadi ngeri, ada juga orng kaya dia, aku juga butuh tapi kalau gitu gimana lagi?😁

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›