PENGALAMAN MAGANG DI TELKOM

CERITA TEMAN TENTANG PENGALAMAN MAGANG DI TELKOM

Pengalaman Magang Di Telkom



Magang Di Telkom. Hai Beb! Udah lama nggak bersua yaaa, akhir-akhir ini lagi ada beberapa kegiatan yang harus dijalani, jadinya baru sempet buka Blog ini lagi hihihi. Btw, postingan kali ini aku mau ceritain ulang pengalaman temen aku yang pernah magang di Telkom. Siapa tau ada di antara kamu yang juga bercita-cita magang di Telkom, magang data scientist lebih spesifiknya. Keep scroll down yess!

Cerita Seru Pengalaman Magang di Telkom, Magang Data Scientist Ala Bela


Aku punya cerita seru nih tentang pengalaman magang temen kita, Beladina Elfitri alias Bela, di Telkom. Jadi, kayaknya penting nih buat kamu yang lagi mikirin magang data scientist, apalagi di perusahaan segede Telkom!

Kenalan Sama Dunia Data Science, jadi begini beb, data Science itu kayak jadi bintang di dunia digital. Mulai dari kumpulin data, olah data, sampe analisis data, semuanya dilakuin buat dapetin wawasan berharga buat bisnis dan pengambilan keputusan. Nah, buat jadi seorang Data Scientist, kita harus bisa ngolah berbagai macam data yang bervariasi, kayak teks, gambar, audio, dan video. Sumbernya bisa dari mana aja deh, kayak smartphone, media sosial, sampe email.

Kalo kamu kepincut buat jadi Data Scientist, penting banget nih punya latar belakang pendidikan di bidang ilmu komputer, statistik, dan matematika. Nah, buat kamu yang mau bersaing di dunia Data Science, magang di bidang ini bisa jadi langkah awal yang seru banget loh beb!

Jadi, Bela udah niat banget buat jadi Data Scientist dari jaman masih kuliah di Teknik Informatika di Telkom University. Mulai dari tahun ketiga kuliah, dia udah bercita-cita banget buat ngertiin gimana algoritma-algoritma bisa bantu selesain masalah sehari-hari pake data yang udah dikumpulin.

Bela nggak main-main nih beb. Saat nyari tempat magang, dia pilih Telkom Indonesia, karena cocok sama jurusannya dan tentunya pengen dapet pengalaman yang worth it. Bela ditempatin di tim dashboard analytic Corpu, dan di sana dia ngurusin proyek recommendation system buat para talent di Telkom. Gak cuma itu, dia juga ikutan bantu tim PeduliLindungi untuk nge-scrape data penyebaran Covid-19 per daerah.

Meskipun timnya terbatas, Bela tetep bisa terlibat dari awal sampe akhir di setiap proyeknya. Dia mulai dari ngobrol sama klien, diskusiin kebutuhan, nentuin sistem yang dibutuhin, sampe bikin solusi agar bisa nyamain kebutuhan yang lain.

Dari Intern Jadi Full Time looh. Pengalaman magang di Telkom, magang Data Scientist ngajarin banyak hal ya beb. Selain ilmu Data Science, dia juga dapet ilmu komunikasi dan negosiasi. Bela pernah diminta diskusi sama klien buat tau apa yang mereka butuhin dan apa yang bisa dipenuhi sama tim Data Science.

Di sela-sela magangnya, Bela juga aktif ikutan lomba loh. Gak tanggung-tanggung, dia ikutan lomba Pagelaran Mahasiswa Nasional di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) dan lomba Data Mining yang diselenggarain Telkom pada tahun 2020. Dia bikin analisis sentimen tentang pendapat masyarakat Indonesia terhadap kebijakan New Normal yang diterapin Pemerintah.

Waktu magang di Telkom Indonesia, Bela juga lagi sibuk-sibuknya ngerjain skripsi. Beruntung banget, dia ketemu supervisor yang bener-bener support semua aktivitasnya. Supervisor-nya bantu Bela atur waktu biar kerjaan dan tugas kuliahnya nggak bentrok, sampe nginfokan tim lainnya supaya gak ada miskomunikasi.

Setelah sukses menjalani Data Science Internship di Telkom, sekarang Bela udah jadi bagian resmi dari Telkom lewat program GPTP. Ceritanya sih seneng banget sama lingkungan kerja di Telkom. Bela bilang Telkom udah kayak semi-startup, work-life balance-nya dapet banget. Dia bahagia juga punya rekan kerja yang friendly dan suportif. Menurut Bela, orang-orang di Telkom emang menerapkan banget nilai-nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif), yang juga jadi core values dari BUMN.

Pengen Magang di Telkom Indonesia? Ikutin Tips Bela ya Beb! Buat kamu yang lagi nyari tempat magang, Bela punya harapan. Dia berharap teman-teman mahasiswa bisa dapet tempat magang yang sesuai sama latar belakang pendidikan dan minat teman-teman. Biar bisa dapet ilmu dan pengalaman langsung yang berguna di industri kerja.

Kalau kamu penasaran dan mau tau lebih banyak soal program GPTP di Telkom, cek aja sosial media LivingInTelkom dan websitenya di sini. Siapa tau kamu bisa ikutan seru-seruan bareng Telkom kayak Bela! Jangan lupa pantengin terus artikel aku, ya. Daah!



Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO 🍍

kembanggularoom by demia kamil

No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛