CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO

 Cara Mendapatkan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro

CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO 

Sejak pandemi melanda Indonesia kurang lebih dua tahun silam, perubahan dari berbagai aspek hidup kita sangat terasa. Mulai dari proses pembelajaran, sampai hiburan, semua harus menyesuaikan dengan protokol baru yang berlaku. Layanan berbasis tatap muka, seperti konseling dan kursus, berjibaku untuk beradaptatasi dengan peraturan yang mengharuskan untuk berinteraksi secara online. Dengan fakta ini, tentu akan muncul juga penyesuaian terhadap alokasi dana yang tadinya diperuntukkan bagi hal-hal yang bersifat offline, menjadi online.


Cara Mendapatkan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro
Hal ini juga berdampak sangat besar pada usaha. Baik usaha kecil hingga besar sekalipun, semua harus bisa beradaptasi bila tidak ingin tersapu imbas pandemi. Banyak sekali usaha yang bergantung pada kerumun, dan aktivitas di malam hari, yang pada akhirnya harus gulung tikar karena sulit untuk beradaptasi dengan peraturan social distancing dan jadwal tutup malam yang tentunya sangat berpengaruh pada kelancaran bisnis-bisnis tersebut.

Perusahaan-perusahaan mulai banyak yang menerapkan sistem penjualan online. Selain itu, banyak juga mantan pekerja kantoran yang harus memutar otak untuk memulai usaha kecil-kecilan agar pundi-pundi uang tetap terisi. Para wanita Indonesia pun harus mulai membantu suami-suaminya dengan membuka bisnis yang bisa dikerjakan sambil mengasuh anak, sebagai metode untuk menambah penghasilan dari sang suami yang mungkin berkurang gajinya. Sebagai efek dari pemikiran kolektif ini, mulai banyak usaha, dari produk hingga jasa, yang bermunculan dan membantu roda perekonomian di Indonesia.

Keadaan ini tidak lepas dari perhatian pemerintah. Dengan jumlah individu yang berniat untuk membuka usaha dengan modal yang relatif kecil, pemerintah memberikan respons dengan membuka layanan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro (UMI) melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Pusat Investasi Pemerintah merupakan organisasi non-eselon yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan yang menyalurkan pinjaman UMi.


Cara Mendapatkan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro

Tujuan diadakannya UMi tidak lain adalah untuk menyediakan pembiayaan yang mudah dan cepat, menambah jumlah pelaku usaha yang menerima pembiayaan, dan mendorong kemandirian pelaku usaha penerima bantuan sosial. Nominal peminjaman maksimal UMi sejumlah 20 juta rupiah, yang sudah termasuk pembnaan dari pihak PIP. Adapun penyalurannya menggunakan 2 metode, langusng melalui penyalur ke debitur, pola tidak langsung yaitu dari penyalur ke debitur melalui Lembaga linkage (Koperasi dan LKM).

Cara Mendapatkan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro


Cara mendapatkan modal usaha dengan UMi sangat mudah. Persyaratan pengajuan yang dibutuhkan berupa NIK (KTP elektronik), dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selain penyaluran modal, pelatihan yang diberikan antara lain berbentuk training branding, packaging dan online marketing. Ada juga pelatihan pengoperasian platform seperti Shopee dan Grab. Dari segi promosi, PIP akan membantu dalam hal pemasaran produk melalui Marketplace Belanja Pemerintah, dan lelang produk secara online melalui Direktorat Lelang DJKN.


Cara Mendapatkan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro


Layanan UMi ini tentunya lebih aman dan minim resiko dibandingkan dengan layanan pinjaman online dari sumber yang tidak dipercaya. Fitur-fitur tambahan dari layanan ini pun tentunya sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Pembiayaan Ultra Mikro

Dengan total realisasi penyalurin sebanyak lebih dari 17 triliun, dan distribusi ke lebih dari 5 juta debitur yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia, layanan ini diharapkan bisa membantu banyak calon-calon pengusaha untuk membuka usahanya dalam skala kecil. Fokus layanan pada perempuan (95%) juga disinyalir mampu memberdayakan pengusaha-pengusaha wanita Indonesia untuk membuka peluang bisnisnya dan  membantu perekonomian keluarga.

#PIPUMi
#UMiUntukNegeri

Thank You for Reading and See You on My Next Post, XOXO ðŸ

kembanggularoom by demia kamil

10 comments:

  1. Jadi kalo mau dapet modal usaha bisa langsung gabung pip umi ya. wahh keren banget.

    ReplyDelete
  2. ini ngebantu banget ya buat pelaku usaha apalagi di masa pandemi gini jadi bisa terbantu

    ReplyDelete
  3. Dengan adanya UMI ini pasti sangat membantu calon calon pengusaha kecil ya. Smg pandemi nya jg lekas berakhir deh

    ReplyDelete
  4. wah bagus juga ya program ini, pastinya bakal banyak para pengusaha UMKM yang terbantu dan terdorong untuk bangkit dalam usahanya

    ReplyDelete
  5. Wah informatif banget mba! Setuju daripada pinjol mending yang pasti-pasti aja sih pakai layanan Umi aja

    ReplyDelete
  6. Untuk pengusaha bisa mencoba meminjam modal lewat UMI ya, soalnya syaratnya mudah dan lebih aman dibandingkan pinjol

    ReplyDelete
  7. sangat mendukung usaha pemerintah melalui modal usaha pembiayaan ultra mikro ini, apalagi ini presentase dukungan sangat besar untuk para perempuan yang sdg merintis usaha, semoga bisa sama2 mewujudkan perekonomian yang lebih baik untuk Indonesia

    ReplyDelete
  8. Membantu banget si umi dimasa spt skrg ini, lalu kalau berniat membuat pinjaman harus mengajukannnya di lembaga apa ya ini?

    ReplyDelete
  9. Semoga dengan bantuan UMi ini makin banyak pemilik usaha mikro terbantu dan mengembangkan bisnisnya. Ga kalah dengan pengusaha yang lainnya dong nantinya.

    ReplyDelete
  10. Salut dengan Pemerintah yang perhatian dan mengalokasikan dana untuk membantu melancarkan usaha para pelaku usaha UMKM. Masa pandemi adalah masa yang sulit untuk banyak kalangan. Semoga masa-masa sulit ini segera berakhir.

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛