Tuesday, September 17, 2019

Walaupun Sepi Peminat, Ternyata Jurusan Sastra Jawa Memiliki Prospek Kerja Bagus Loh!









Walaupun Sepi Peminat, Ternyata Jurusan Sastra Jawa Memiliki Prospek Kerja Bagus Loh!Menjadi seorang mahasiswa jurusan sastra Jawa bisa dibilang menyenangkan dan kamu akan diajarkan seputar bahasa, karya sastra hingga kebudayaan Jawa itu sendiri. Sayangnya, jurusan ini masih sepi peminat lantaran stereotip masyarakat yang menganggap jurusan sastra Jawa sulit bersaing di dunia kerja. Contohnya saja di Universitas Indonesia yang mana peminat SBMPTN pada 2018 lalu untuk sastra Jawa jauh lebih sedikit dibandingkan jurusan sastra lainnya, yaitu hanya berkisar 300 orang dengan daya tampung 20 orang. Bahkan di tahun 2011, peminat sastra Jawa Kuno di Universitas Udayana, Bali tercatat hanya 4 orang saja yang memilih jurusan tersebut.


Padahal bila ditelaah lebih jauh, jurusan sastra Jawa memiliki prospek kerja bagus di masa mendatang dan pastinya membuat kamu tergiur akan nominal gaji yang didapat. Mulai dari mempelajari bahasa, kesenian, pranata hingga fisiologi Jawa akan kamu dapatkan ketika mengemban pendidikan di jurusan tersebut. Walau terkesan kuno, setidaknya kamu menjadi lebih paham tentang seluk beluk budaya Jawa, terlebih lagi bila kamu memang menyenangi bidang sejarah dan budaya Indonesia. Nah, tanpa berlama-lama ini loh lowongan pekerjaan yang bagus dan pastinya bergaji tinggi untuk lulusan sastra Jawa.




AHLI BAHASA JAWA

Terkait jurusan yang ditekuni semasa di bangku perkuliahan, menjadi ahli bahasa Jawa adalah pekerjaan yang sepatutnya kamu coba. Kamu bisa memulai karir sebagai tenaga pengajar professional seperti dosen. Setidaknya untuk menjadi dosen, kamu wajib melanjutkan pendidikan hingga jenjang master (S2) agar bisa mengajar di perguruan tinggi ataupun swasta.












PENULIS

Profesi yang satu ini memang sangat identik dengan lulusan sastra. Meskipun di Indonesia sendiri banyak penulis berbakat, tapi apa salahnya untuk mencoba terutama bila kamu memang memiliki skill yang mumpuni. Sebagai bahan refrensi, kamu bisa membaca karya-karya penulis ternama seperti Dewi Lestari, Andrea Hirata, dan Pramoedya. Mengenai pendapatan, biasanya seorang penulis, baik novel, puisi, maupun lagu bisa mendapatkan rata-rata tiap bulannya Rp 3 hingga 6 juta loh. Tertarik?












EVENT ORGANIZER

Siapa bilang lulusan sastra Jawa tidak bisa bekerja di bagian EO? Seiring perkembangan zaman, masyarakat Jawa kini kian modern walaupun masih berpegang teguh pada adat istiadat mereka. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka usaha Event Organizer atau ikut bergabung dalam bisnis tersebut. Umunya sebuah EO pasti digunakan hampir seluruh masyarakat yang ingin merayakan sebuah acara, terutama acara pernikahan. Kamu bisa mulai bekerja sebagai EO untuk acara besar yang bernuansa Jawa.












PEMANDU WISATA

Kalau kamu senang travelling, terutama di pulau Jawa, maka pekerjaan awal yang patut kamu coba adalah pemandu wisata. Mengingat banyaknya wisatawan dari luar daerah yang sering berkunjung ke Jawa, kamu bisa memanfaatkan bisnis tersebut sebaik mungkin untuk karirmu di masa mendatang. Cobalah bergabung di biro perjalanan atau jika kamu memiliki modal lebih kamu bisa membuka dan mengelola bisnis biro perjalanan khusus daerah Jawa. Bayangkan saja, bila kamu menarifkan satu wisatawan dengan harga Rp 1 juta dan kamu memiliki 10 wisatawan di hari itu juga. Maka dalam seharinya kamu bisa mendapatkan Rp 10 juta, bagaimana bila sebulan ya? Pastinya sangat menguntungkan bukan?










Nah itulah tadi beberapa pekerjaan yang cocok untuk kamu tekuni bila mengemban pendidikan di jurusan sastra Jawa. Beragam bukan? Jadi, tidak perlu takut lagi untuk tidak mendapatkan pekerjaan ya. Informasi lainnya mengenai pekerjaan jurusan sastra juga bisa kamu baca loh melalui https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/. Dimanapun dan apapun jurusan yang kamu ambil, ingatlah hanya kamu seorang yang mampu membuat karirmu cemerlang di masa depan. 



Thank You for Reading and See You on My Next Post

No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛