Wednesday, May 8, 2019

Peran Penting Kebahagiaan pada Tumbuh Kembang Anak

peran penting kebahagiaan pada tumbuh kembang anak

Peran Penting Kebahagiaan pada Tumbuh Kembang Anak. Setiap manusia yang telah menjadi orang tua pastilah menginginkan anaknya tumbuh dengan baik dan bahagia. Tapi taukah kamu beb kalo ternyata kebahagiaan itu punya peran yang sangat penting pada tumbuh kembang anak? Walaupun aku belum punya anak, tapi aku setuju banget nih dengan statement ini.


Seneng banget karena aku bisa ikutan workshop dengan tema Grow Happy Parenting yang diselenggarakan oleh Nestle Lactagrow. Lokasi workshop-nya sendiri diadakan Bilbao Brasserie, Cimanuk, Bandung. Dan ini bisa jadi bekal saat aku punya anak kelak.
peran penting kebahagiaan pada tumbuh kembang anak

Di acara workshop tersebut ada tiga pembicara yang akan membagikan ilmunya kepada para peserta workshop mulai dari kebutuhan gizi anak, psikologis anak hingga menjaga kesehatan anak agar senantiasa bahagia untuk menunjang tumbuh kembangnya.

PENCERNAAN SEHAT UNTUK ANAK PINTAR DAN BAHAGIA

peran penting kebahagiaan pada tumbuh kembang anak

DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A [K] selaku konsultan Gastrohepatologi anak Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan kita meyampaikan bahwa 1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas bagi tumbuh kembang anak. Pentingnya nutrisi yang masuk pada periode ini akan memiliki dampak jangka panjang saat usia dewasa kelak.

Dokter Ariani menyampaikan kalo di periode inilah para ibu harus udah mulai memikirkan makanan bernutrisi apa yang ingin diberikan terhadap anak.

Dokter Ariani juga menjelaskan bahwa pencernaan anak harus diperhatikan dengan baik, karena semua penyakit dimulai di dalam pencernaan. Bakteri baik harus dijaga karena mempunyai beberapa peran diantaranya :
- Menjaga kekebalan tubuh
-Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna
- Melindungi dari penyakit 
- Mendukung kesehatan saluran cerna
- Melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya lainnya

Untuk itulah beliau menyarankan agar anak cukup mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, yogurt, kefir, kimchi, kombucha.


WHY GROWING A HAPPY CHILD IS IMPORTANT?

peran penting kebahagiaan pada tumbuh kembang anak

Siapa sih yang nggak pengen ngebahagiain anak sendiri ya beb, jangankan anak, aku yang belum punya anak dan punya adik satu-satunya pun pengen banget ngasih yang terbaik buat adik, apalagi kalo sama anak sendiri ya beb.

Begitu pula yang di katakan oleh Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC bahwa kebahagiaan itu penting dalam tumbuh kembang anak. 

Ternyata nih beb, seorang anak yang dicintai dan memiliki pola asuh yang baik sejak dini itu akan memiliki hippocalmus 10% lebih besar loh. Hippocalmus sendiri merupakan bagian otak yang penting untuk proses belajar, memori, dan respon terhadap stress

Jadi beb, sudahkah anak-anak kamu bahagia? Yuk kita berusaha bikin orang-orang terdekat kita bahagia juga. 💛



You Might Also Like : 7 TIPS TETAP FIT SAAT BERPUASA


Thank You for Reading and See You on My Next Post






No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛