Saturday, November 25, 2017

Event Report : Ngopi Cantik #3 Spesial Ulang Tahun Beautiesquad Bersama Vina Eska

Good morning wilujeung enjing GORGEOUS!!!

Hewooooo.... Selamat hari Selasa tanggal 28 November 2017. Selamat pagi dan selamat beraktifitas, semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Oya, siapin kacang or keripik or cemilan apapun ya girls, karena ini bakalan jadi tulisan yang sangat panjang, sepanjang kisah cinta kita yang penuh dengan putus dan nyambung #eh malah curhat deh gue, skiiip. Keep on reading yaaa.





Seperti judul di atas, kali ini aku mau bahas mengenai Ngopcan bareng komunitas kesayangan aku Beautiesquad yang acaranya live hari Sabtu, malam Minggu [diperjelas banget yak? maaf ya mblo ✌] tanggal 11 November 2017. Sebelum aku infoin beberapa materi penting yang di bahas di Ngopcan kemarin, aku mau tanya dulu deh, ada yang belum tau apa itu Ngopcan? Ngopcan itu singkatan dari Ngopi Cantik yang biasanya identik dengan ngobrol seru seruan ngalor ngidul ala anak muda gitu deh. Aku gatau sih apakah istilah Ngopcan ini booming di kalangan Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu? hehehe. Kalo aku pribadi sih denger kata Ngopcan itu imajinasinya rumpi di coffe shop bareng temen-temen yang super duper heboh, ketawa ketiwi yang suaranya annoying banget di denger sama meja sebelah, ngomongin gebetan kek, ngomongin mantan kek, ghibahin temen kek, nyinyirin boss kek, atau malah cuma numpang wifi doank, dan itu pun kelakuan aku banget sih bhahahha, buka aib lagi deh, skiip. Yang tadi aku omongin sih itu sih sebenernya kelakuan unfaedah yang sebenernya gue banget, eh eh tapi dipikir-pikir berfaedah juga sih bhaha. Lebih banyak ko sisi positifnya yang bisa dilakuin, contohnya ngerjain tugas bareng, bahas masalah kerjaan bareng, tapi yaaa kalo temen satu geng udah bersatu pasti akhir akhirnya ghibah juga sih bhahahha, maapkan aku yang terlalu jujur ini *mukapolos.





Jadi apakah Ngopi Cantik Beautiesquad kemarin adalah acara ghibah semata? jelas bukan donk girls, Ngopcan disini juga bukan berarti kopi darat yang kalo para ce bertemu akan annoying buat meja sebelah, ngopcan disini juga bukan kopi darat di sebuah coffe shop ko. jaman dewasa ini untuk ngobrol, sharing dan bertukar informasi ga harus ketemuan kaaan??? banyak banget media sosial yang menjadi jembatan buat kita kita yang terpisah jarak dan waktu. Marilah kita manfaatkan kecanggihan teknologi jaman sekarang ini yang semakin maju. FYI girls, Ngopi Cantik Beautiesquad ini diadakan sekaligus memperingati Beautiesquad firts anniversary, karena di bulan November ini, Beautiesquad ulang tahun, yeeeaaaaaay syelamaaaaaat 😘. Dan untuk memperingati nya BS bekerja sama dengan Nihonmart yang akan menyediakan Mistery Box buat yang ikutan Blog Competiton ini, aaaah wish me a good luck pokonya deh.


Jadi kemarin di acara Ngopcan bareng Beautiesquad 101 ini adalah semacam mini talkshow dengan salah satu SPV cantik yang bernama Ka Vina Eska melalui Whatsapp group. Ngopcan sendiri sudah berlangsung sebanyak 3 kali, dan ini adalah kali pertama aku ikutan hihihihi, makanya aku exited banget ngikutin acara ini. Santai tapi serius acara tersebut akan di pandu oleh ka Rahma sebagai MC1 yang nantinya akan dibantu juga oleh ka Liana sebagai MC2 untuk segmen tanya jawab. Jangan salah girls, walaupun acaranya santai, tetap ada beberapa rules yang harus di patuhi demi kenyamanan kita bersama. Apa aja sih rulesnya??


RULES :

  • Selama Ka Vina memberikan materi, peserta tidak di ijinkan melakukan interupsi dalam bentuk apapun.
  • Jika peserta Ngopcan hendak bertanya, peserta hanya diperbolehkan bertanya pada saat sesi tanya jawab berlangsung.
  • Saat sesi tanya jawab di buka, bagi peserta yang ingin bertanya wajib memberikan emoji ✋, yang nantinya akan di persilakan mengajukan pertanyaan oleh MC, jadi kita ga boleh sembarang langsung nanya di sesi ini ya girls.
  • Masing masing sesi hanya akan dipilih 3 orang untuk mengajukan pertanyaan yang berbeda. Nah kalo misalkan temen temen mau bertanya lagi atau ga kebagian buat bertanya di sesi ini, bisa ko di ajukan ketika acaranya sudah di selesai, jadi bisa lebih santai juga namun menyesuaikan dengan waktu senggang Ka Vina ya.
  • Terakhir para peserta di larang membahas hal-hal yang menyinggung SARA.
Dan sekali lagi walaupun acaranya santai, bukan berarti acaranya asal-asalan tanpa adanya rundown ya girls, acara Ngopcan ini sudah sangat terorganisir dengan baik, dan seperti apakah rundown acara Ngopcan kemarin??


RUNDOWN :
  • Pembacaan rules Ngopi Cantik Episode 3 special ulang tahun Beautiesquad  
  • Sambutan dari Founder oleh Ka Virly
  • Materi 101 oleh Ka Vina Eska
  • Sesi tanya jawab 1
  • Sesi tanya jawab 2
  • Penutupan
Yuk kita mulai, acara pembuka adalah sambutan dari Kaka super duper cantik founder Beautiesquad yaitu Ka Virly, karena akan sangat melanggar privasi kalo aku lampirin gambar screen shoot nya, jadi aku tulis ulang yaaa, ini dia sambutan dari beliau.


SAMBUTAN : 

"Selamat malam semuanya. Makasih loh udah daftar dan gabung Ngopi Cantik episode 3. Jadi, kali ini temanya  Beautiesquad 101 karena konon katanya banyak yang pengen tau lebih jauh soal BS. Sampai saat ini kita officer BS baru bisa bikin acara Ngopi Cantik via Whatsapp, kalau ada kurang-kurangnya mohon dimaafkan yaa. Semoga suatu hari kita bisa ngadain acara-acara gini di dunia nyata. Udah gitu doang. Enjoy the show!"

Oya buat kalian yang penasaran sama kaka Cantik Founder dari BS, bisa follow IG dan Blog nya ya, banyak banget info yang bisa kamu dapetin dari blognya, ga cuma soal beauty loooh, kamu para pecinta buku bisa mampir ke sana karena ada salah satu kategori nya adalah book review. 👇
IG : @phirlyv
www.jurnalsaya.com

Nah acara selanjutnya adalah materi Beautiesquad 101 yang akan diberikan oleh ka Vina Eska. Ada yang belum tau beliau? buat temen-temen yang gabung BS pasti tau donk yaa siapa beliau? Yups!! Ka Vina adalah Beauty Blogger dari Bali yang sekaligus menjabat sebagai SPV PR di BS. DI materi yang akan ka Vina kasih nanti bakalan dikupas tuntas mengenai sejarah dan cara kerja nya BS, dan tentunya ini yang paling diminati sama temen-temen BS termasuk aku hahaha, yaitu gimana caranya gabung jadi member BS.

Dan ini dia Ka Vina yang saat dipersilakan waktu dan tempatnya tetiba masuk sambil makan pentol dan lap bibir, ah ka Vina ini *cubitcubitcubiiiit.


TENTANG KA VINA :

"Hai, semua! Perkenalkan aku Vina Eska dari www.vinasaysbeauty.com , IG @vinaeska dan twitter ku @vinaeska (follow ya!). Baru mulai blogging semenjak 2015. Awalnya aku merasa komunitas itu gak penting, tapi ternyata aku disini sekarang dan lebih berkembang dari 2 tahun lalu. Mungkin bagi yang lama kenal Beautiesquad sudah tau aku di sini sebagai supervisor Public Relation. Sebagai supervisor, aku bertugas membawa team ku untuk on track sponsor, mengadakan sponsor, ngopi cantik, menjaga relasi melalui email, dan lainnya. Nah, kali ini aku berkesempatan untuk jadi pembicara pada ngopcan episode spesial ultah BS sekaligus tugas terakhirku sebagai spv PR. Kenapa? Nanti akan aku jelaskan yah. Aku juga akan sharing tentang apa itu Beautiesquad, visi misinya, proker, kepengurusan dan lainnya. Kalau kalian siap, angkat dulu kopinya yuk~"

Naaah dari tadi penasaran dooonk.. apa sih  Beautiesquad itu? ini dia penjelasan dari ka Vina. Keep on reading yaaaa.


BEAUTIESQUAD ADALAH :

"Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Didirikan pada November tahun lalu."

Setiap komunitas pastinya punya sejarah tersediri kenapa, bagaimana, dan ko bisa terbentuk. Nah ini dia jawaban ka Vina mengenai sejarah terbentuknya Beautiesquad .


SEJARAH : 

"Bagaimana ceritanya kok bisa terbentuk? Jadi November tahun lalu, founder utama kita, Virly beserta 2 founder lainnya, yaitu Nisa dan Liana ingin membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Sempat kok di post di group IBB waktu itu. Awalnya didirikan dengan nama Beauties saja, namun berganti menjadi Beautiesquad. Pemilihan nama ini juga bukan ikut tren squad nya Jedar loh. Karena kita kan beauty blogger lebih dari 1 orang, jadi dikasi nama “Beauties” dan sebagai menguatkan ini adalah komunitas, ditambahkan “Squad”. Lalu 2 kata itu digabungkan menjadi “Beautiesquad”. Sebagai penetapan adanya komunitas Beautiesquad, tanggal 23 November 2016 merupakan hari dimana kolaborasi makeup pertama BS dengan tema Smoky Eyes. Di hari itu juga, ditetapkan sebagai hari dimana komunitas ini didirikan.

Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Yang gak punya blog, yang cuma mau chat aja, yang maunya mencari teman sejawat, dan lainnya. Di awal 2017, kami membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi BS. Fast forward, BS pertama kalinya bekerjasama dengan brand Inez yang cukup menggemparkan dunia blogger saat itu. Banyak yang ingin bergabung dengan BS. Karena suatu dan lain hal, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki group FB sebagai wadah Beauty Blogger lainnya agar bisa sama – sama berkembang. Selama itu pula, BS mulai gencar bekerjasama dengan brand – brand lain. Gak hanya memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp, tapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. Kepengurusan BS juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun yang kalian tau strukturnya sampai saat ini. Membuat beberapa program seperti Ngopi Cantik, Collab secara kontinyu, dan mengarahkan member Facebook Group agar sesuai standar blogger dan BS sendiri sehingga bisa masuk sebagai member WA inti. Tentu BS gak akan berhenti sampai situ saja, banyak proker yang akan dilaksanakan kedepannya. Semua yang dilakukan oleh BS demi perkembangan para member kearah lebih baik."


Langsung lanjut ke Visi dan Misi Beautiesquad yaaa, setiap komunitas aku rasa harus punya visi dan misi karena merupakan kunci utama untuk menjalankan segala kegiatan dalam komunitas tersebut. Visi dan misi berada dalam urutan paling atas sebelum komunitas tersebut membuat perencanaan. keep on reading girls......... 👄


VISI DAN MISI :

Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia

2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan

2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand

3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan

4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon)."


Oya di sini juga Ka Vina kasih pengumuman penting buat para peserta Ngopcan, apa ituuuu? jeng jeng jeng jeeeeng, ini dia pengumuman dari beliau :

"Jadi karena kemarin aku bilang mau nikah, akhirnya kepengurusan melakukan resuffle lagi, Setelah melakukan musyarawah antara pengurus dan member inti Whatsapp, kami memutuskan untuk melakukan reshuffle kepengurusan kembali dan menghasilkan suara sebagai berikut:

Pergantian nama Pengurus Beautiesquad menjadi Beautiesquad Officers. Kenapa diganti? Karena tujuan namanya adalah melaksanakan, bukan mengurus. Melaksanakan tugas sesuai visi dan misi BS kedepannya, bukan mengurus tugas.




Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Main Founder of Beautiesquad : Virly KA. Tugas founder disini adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS.  Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai ketentuan.

Untuk membantu Founder dalam mengemban tugas sesuai musyarawah kemarin, Beautiesquad memiliki Chief Officer baru yang jabatannya diisi oleh…..




Iya, Aku sendiri. Sebagai Chief Officer baru, tugasku adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger. Jadi isu aku keluar dari pengurus BS karena akan menikah itu hoax ya. Pada gak percaya juga sih kebanyakan.




Lanjut, Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations. Ada Lia Melqha (Lia), sebagai penggantiku dalam jabatan supervisor. Fuji Astyani (Fuji) sebagai sekretaris dan SEO Analysis. Officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR ada 3 orang: Liana Eka (Liana), Ariani Rosidi (Aya), dan Rahma Brilianita (Rahma). Tugas mereka selain menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan brand. Melakukan proker bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan proker lainnya yang akan berjalan nantinya. Dan PR lah yang membantu aku dan founder memutuskan anak – anak Facebook group yang sudah lolos kriteria member BS inti Whatsapp. Jadi baik – baik ya sama mereka.

Lalu ada Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin. Supervisor masih sama, yaitu Rani Lukman (Rani) dengan officers yang bertugas ada Devi Purwati (Devi), Khrairunnisa (Ica), dan Savitri Hutapea (Savitri). Tugas mereka memberikan informasi pada member melalui media sosial BS dan menjaga image BS di dunia maya. Walau kesannya gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh. Mereka harus memikirkan feed, caption, dan memantau insight. Jangan menambah beban mereka dengan gak baca caption ya gaes, itu cakidh.

Dan terakhir, Photo Editor Squad (PE) yang selalu main dibelakang layar. Supervisor nya adalah Raydita (Ray) dengan officers yang bertugas adalah Annisa Pertiwi (Nisa) dan Laudita Cahyanti (Lauchie). Tugas mereka adalah membuat design dari design collab sampai design feed. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab. Jadi kalau misalkan PJ Collab suruh edit caption atau beberapa bagian tertentu dari foto kalian itu bertujuan memudahkan PE untuk mengedit. Bukan bermaksud kasar, mengedit sesuai list itu gak gampang loh.

Program Beautiesquad yang berjalan secara kontinyu sampai saat ini adalah make up collab, sponsored review, dan ngopi cantik. Kedepannya, sesuai dengan misi BS, kami akan mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Paling utama kita akan memaksimalkan stories di Intagram. Jadi kita memiliki plan membuat ngopi cantik versi mini setiap minggunya. Yang dibahas seputar dunia beauty dan blog. You can call it Instagram Take Over.

Karena Beautiesquad adalah group blogger, untuk menjadi blogger yang baik, kami memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya. Proker kedepannya merupakan pengembangan dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Gak semua blogger memahami tampilan blog yang baik atau cara menulis yang SEO friendly. Jadi, untuk kedepannya kami berencana untuk membantu para member keluar dari kebingungan dan menjadi blogger yang lebih baik.


Banyak banget ada pertanyaan, KAK PINA KENAPA ADA DUA GROUP? kenapa sih ada dua group? Kenapa masuk ke group inti susah banget? Begini anak muda.. Group inti di Whatsapp merupakan blogger yang sudah masuk sebelum BS hits seperti saat ini.Semenjak kami menjadi closed group, baru 2 orang dari facebook group yang lolos masuk group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di BS. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama-nama blogger, kami dengan berani memberikan jaminan bahwa blogger kami menyanggupi keinginan sponsor. Nah apabila kami memasukkan anak baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers yang kelabakan. Karena kami belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan. Dari ratusan anak Facebook group gimana caranya menyaring? Salah satu kriteria anak group inti adalah aktif dan itulah yang kami terapkan juga di Facebook group. Kami mendeteksi para blogger aktif melalui collab yang selalu diselenggarakan setiap bulannya. Aku akui banyak anak Facebook group yang tulisannya bagus, lebih memiliki potensi, dan lebih terkenal. Tapi kalau gak mau memberikan kontribusi untuk BS kan sama aja bohong ya. Kita disini kan komunitas, gak cuma menerima, tapi juga harus memberikan kontribusi ke komunitas juga. Makanya kami hanya memberikan penawaran kepada yang aktif, bukan yang hits.


  • Pertama, punya blog Bukan sembarang blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kalian mau belajar lebih jauh masalah SEO, kalian bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai, apakah penataannya berantakan atau tertata.
  • Kedua, Top Level Domain Ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa itu TLD, qaqaq pina? Yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com (?). Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. Kenapa itu penting? Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , kalian bisa google masalah itu, dan kalau kalian sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.
  • Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog Lah ini kan komunitas beauty blogger kok membernya malah membahas kejombloan mulu kan nganu ya? ini nunjuk diri sendiri.
  • Keempat, Disiplin dan memiliki attitude Ini penting disini. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor lah contohnya. Berkabar kalau ada hal yang gak terduga terjadi pas collab atau sponsor, paling gak 1x24 jam. Kecuali ada masalah mendadak, misalkan kecelakaan (mudah – mudahan gak ya). Kalau masalah attitude, paling gak kalau kalian ada salah, harus berani minta maaf. Kalau bertanya, harus sopan, bukan nyolot. Gak melakukan plagiarisme.
  • Kelima, memiliki fanpage dan twitter selain Instagram Untuk Instagram, BS menentukan standar yaitu 500 follower. Twitter paling gak 100 follower. Kenapa harus punya 3 sosmed itu? Ya balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 medsos tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk kalian kalau kalian gunakan secara wise.
  • Keenam, Aktif Aktif bukan berarti menjilat ya. Aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing. Aktif mencari pasangan…….. Eh bukan ya? Itu aku ya? Uwis sih. Intinya aktif berkontribusi.
  • Ketujuh, Rajin Ikut Collab Kaya yang aku bilang, gimana officers notice kalau gak ikut makeup kolaborasi. Kan dari sana cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice.
  • Kedelapan, Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa gak dipilih? Bisa jadi ada satu spec yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli. Everything is possible.
Kaya wawancara kerja ya? Ahahaha. Kita ingin membuat kalian menjadi blogger yang baik sehingga bisa mendapatkan banyak benefit juga, kaya adsense, paid sponsored, free beauty box, dan lain sebagainya. Dan untuk brand, kita hanya memberikan blogger terbaik sesuai kebutuhan mereka."

Nah itu dia girls isi dari keseluruhan materi yang diberikan oleh Ka Vina, panjang banget ya? iya emang, namanya juga kita pengen kenalan sama suatu komunitas, alangkah baiknya emang kita kenal dari sisi yang paling dalam kan, biar makin cinta sama komunitas tersebut hihi. Kalo aku sih pengen banget banget gabung jadi member utama nya BS, selain aku ingin berkembang ke arah yang lebih baik, aku juga ingin berkembang bersama temen-temen yang udah lebih dulu maupun yang lebih baru dari aku di dunia beauty ini. Dan tentunya ikut berperan dalam membesarkan nama Beautiesquad walaupun sekarang juga udah besar sih. Love banget lah pokonya sama komunitas satu ini. Minder ga sih aku? iya sih jelas minder, secara member nya udah pada jago semua di dunia make up, udah banyak banget menguasai segala sesuatunya di dunia beauty. Tapi aku sih tetep optimis, segala sesuatunya itu kan di mulai dari ga tau, sampe tau itu jelas ada prosesnya, dan saat ini lah aku berada dalam proses menuju banyak tau di dunia makeup dan beauty ini, and I really enjoy it 😊. Aku berharap Beautiesquad beserta para membernya [member inti maupun member yang ikut collab dan ngopcan kaya kita-kita ini] semakin maju, semakin berkembang, makin sukses, makin banyak relasinya, makin banyak sponsornya, makin banyak rejekinya, dan makin banyak ilmu nya.

Dan ini dia waktu yang di tunggu-tunggu peserta ngopcan, yaitu sesi tanya jawab pertama yang akan di pandu oleh Ka Liana. Berikut pertanyaanya girls 

1. Aulia [Jadi begini, apa member diluar inti WA jga bisa dpt projectan? Terus kalo salah satu dr ketiga sosmed enggak begitu aktif apa mempengaruhi kriteria/penilaian?🤔]

Jawaban Ka Vina : Member selain WA bisa dapat project, namun akan dilihat dari keaktifan collab, Kaya kemarin aku  cari member FB untuk sponsor next month melalui collab, Jadi intinya harus aktif collab buat di notice sama @BS Liamelqha sekarang.

2.Ainun [Sebelumnya makasih kak kesempatannya☺ jadi aku mau nanya, ada ga sih kak hambatan atau moment terbete saat para officer melaksanakan tugasnya? makasih kak😄]

Jawaban Ka Vina : Ini dari aku ya. kalau aku jujur bangga sama kerja team ku, bertengkar pasti ada, namanya juga untuk kemajuan kedepannya ya kan, kalau hambatan pasti masalah jarak dan waktu. Kita kan gak ngumpul di 1 tempat, jadi mau rapat harus tektok dulu, harus ngatur semuanya biar bisa. Itu sih hambatan terbesar kita, cuma ya kita sampai saat ini masih bisa handle. Momen terbete aku ya? AHAHAHAHA duh, ketika gak ada yang baca brief ku 😂😂😂😂😂. Maksudku daripada baca brief, selalu nanya berkali - kali itu jujur bikin aku bete. 

Jawaban Ka Laudita sebagai Editor : Momen terbete dari editor, mirip mirip ya sih. Kalo lagi monthly collab pada disuruh kirim foto,  ngirimnya bener-bener last minute, ga sesuai brief (ga di-square, atau apalah).

Jawaban Ka Liana : Aku masuk sedikit ya momen terbete, ada yg mau ijin telat dari deadline tapi mendadak udah di jam deadline itu, seperti yg dijelaskan tadi kita disini juga harus disiplin 😁

3.Alma [Dari pengalaman pernah ikut project BS. Biasanya kita daper brief yg udah sangat ngebantu banget.  Asli detail. Salah satu poin yg selalu ada di brief adalah nyantumin link sponsor (lebih dari 1 biasanya). Tp ga ada ketentuan perihal do follow dan no follownya. Sebenernya ketentuan dari BS sendiri gimana terkait backlink yg kita kasih itu? Wajib do follow kah? Dan apakah sifatnya permanen atau boleh di unlink setelah beberapa purnama?]

Jawaban Ka Vina : Jadi untuk collah kita memang mewajibkan memakai link dofollow, untuk saling membantu sesama blogger masalah DA. Tapi untuk sponsored kita ga mewajibkan. Biasanya kalau sponsore kita no follow, KECUALI itu adalah paid sponsored, dan paid sponsored juga tergantung dari penulis sendiri masalah fee nya.


Naaah itu dia 3 pertanyaan yang di ajukan peserta Ngopcan sesi pertama kali ini girls, sesi pertama selesai sudah, dan ini dia sesi tanya jawab kedua yang akan diambil 3 pertanyaan juga. Salah satunya dari aku, jujur ya aku mah semangat banget soalnya, emang nunggu nunggu jam 7 karena pengen ada yang di tanyain, cuma ga kebagian di sesi pertama haha

1. Via [Hallo malem semuanya aku mau tanya nih ka Vin salah satu kriteria masuk BS itu kan harus TLD, nah misalnya kaya aku kan baru pake TLD itu ada minimum harus udh berapa lama pake TLD nya kah? Maacih😘]

Jawaban Ka Vina : Gak ada minimun kok, yang penting minimal umur blog 6 bulan, nulis minimal 2x sebulan. terus sama syarat nomor 1 itu deh.

2.Demia Kamil [Malam semua, pertanyaan aku, aku pgn di repost BS di IG, syarat nya apa ajaaa? Terima kasih sebelumnyaaa 😘]

Jawaban Ka Vina : Caranya adalah tag dan pakai tagar #beautiesquad . Namun ya gak menjanjikan untuk di repost saat itu juga karena kita kan perlu mengatur feed yang lain. Dan tema feed kita adalah pastel kedepannya, mungkin bisa membantu untuk memperbesar chance. terus fotonya juga jelas, gak blur. Tertata rapi layout nya.

3.Mommmy Lim [Bukan pertanyaan sih, tapi mau curhat dan saran. Kalau kalian (semua member BS) BW ke blog blogger lain apakah masih meninggalkan link atau alamat blog?  Aku lihat selama ini dalam BW banyak sekali beauty blogger yang meninggalkan komentar dengan link atau alamat blog nya. Dan itu rata rata beauty blogger, blogger niche lain ngga begitu. Mungkin karena banyak yang belum paham yah.  Mungkin BS Officer kedepannya bisa kasih materi tentang ini mungkin? Demi SEO DA PA GA beserta PV nya hehehe thank you.

Jawaban Ka Vina : Makasi kak sarannya, aku juga masih ngelakuin ini sih. Tapi dalam keadaan link mati. Nanti kita akan pelajari lebih dan buka ngopcan untuk ini.


Oya ini dia para pesertanya, yuk kita kenalan dan saling follow di IG dan di Blog, mereka baik-baik semuanya loooh, 

1. Founder BS - Virly KA - @phirlyv - www.jurnalsaya.com
2.  (SPV) PR BS - Vina Eska - @vinaeska - www.vinasaysbeauty.com
3. PR BS - Liamelqha - @liamelqha - www.liamelqha.com
4. PR BS - Rahma Brilianita - @rahmabrilianita - www.rahmabrilianita.com
5. PR BS - Ariani Rosidi - @arianirosidi - www.hai-ariani.com
6. PR BS - Liana - @lianaestt - www.lianaeka.com 
7. (SEKRE) PR BS - Fuji Astyani - @fujiastyani - www.fujichan.net
8. (SPV) Admin BS - Rani Lukman - @ranilukman - www.ranilukman.com
9. Admin BS - Devi Purwati - @depruttt - www.depruttt.com
10. Admin BS - Savitri Hutapea - @savitrihutapea11 - www.savitrihutapea.com
11. Admin BS - Khairunisa - @khhrnisa - www.khhrnisa.com
12. (SPV) Editor BS - Raydita - @rayditaph - www.rayditaa.com
13. Editor BS - Laudita - @lauditaelric - www.laucchi.com
14. Editor BS - Annisa Kasih P - @akpertiwi - www.akpertiwi.com

15. Natasha Stefanie S - @nata.hsu - www.sprinkleofrain.com

16. Sani MS - @suniims - www.svnnyms.com
17. Widia - @widiakusumadewi - www.callmewidiablogs.com
18. Cindyartha Aprilia - @cindyartha - www.cindyartha.com
19. Nadia Anisah Tahani - @nadiahasyir - Myrabbitcarrot.blogspot.co.id 
20 ola leilani - @olaole22 - princessaurin.blogspot.com
21.Yunisa Yas Putri - @yubikanobi - www.yubikanobi.com
22. Chaca Annisa - @_chacaannisa - www.chacaannisa.com
23. Gracia Cita - @blossom.shine - www.blossomshine.com
24 May Lily  - @maygically - sweetmaymories.wordpress.com 
25. Rizka - @maroonizt - maroonfreeday.blogspot.com
26. Azuarieka - @azuarieka - Www.azuarieka.blogspot.co.id
27. Lina Ar - @linastory.id - www.linastory.id
28. Demia Kamil - @deemiiaa - www.kembanggularoom.com
29. Villyana - @villyanarenata - Beautybyvilly.com
30. Rusydina - @rusydinat - www.rusydinat.com
31.Ira febriany - @irabintiazhari - irabintiazhari.blogspot.co.id
32. Lisa - @dwi.lisasetiani  - lisadwisetiani26.blogspot.co.id
33. Mia - @insommia - http://insommia.net 
34. Kurnia - @amrkurnia - www.niabello.com
35. Nur Azizah - @azizah_5695 - nurazizahkim.blogspot.com
36. Ria Mariana - @riannarie - www.riannarie.blogspot.co.id
37. Ellen Lim - @xllenlimx - etherealpotato.blogspot.co.id
38. Titah - @titah.in - www.titahsanjana.com
39. Iin Chr - @iinchr -  icchrista.blogspot.co.id
40. Viadewis - @viadewis - www.viadewisposts.com
41. Rima - @Rima_Angel - www.rima-angel.com
42. Dessy diniyanti - @dessydiniyanti - www.dessydiniyanti.blogspot.com
43. Isthi - @isthiud - www.isthiud.com
44. Yohana - @schmakeup - www.schmakeup.blogspot.co.id
45. Puput Febriina - @puputfebriina - puputfebriinalubis.blogspot.co.id
46. Cory Pramesti - @corypramessti - www.lifeascory.com
47. Stefanny Fausiek  - @stefannyfausiek - www.stefannyfausiek.com
48. Vina Jihan Fahera - @reistilldoll.blog - www.reistilldoll.com
49. Tami Oktari - @tamioktari - www.apaceritatami.com
50. Detia Putri - @emput_puuuttt - www.detiaputri.blogspot.com
51. Ai - @aidacht - www.aidacht.com
52. Ainun Amelia - @ainunxam - ainunamelia.blogspot.com
53. Muthiah Khoirunnisaa - @muuthiiaa - muthiahkhoirunnisaa.com
54. Nanda - @nands.id - www.nands.id
56. Elvina - @elvinautami - www.pesonacleopatra.com
57. Vivie - @r_pipie - rpipie.blogspot.co.id
58. Leli - @khoirurosida - www.khoirurosida.com
59. Zahwa A. - @zahwaaldila - www.zahwaaldila.blogspot.co.id
60. Sella - @florensiazefanya - www.florensiasella.com
61. Dilla - @dillafdiah - www.shopforcheapo.com 
62. Vini - @viniamanda - blog.viniamanda.com
63. Jude - @heyyyyyjudeeeee - heyyyyyjudeeeee.wordpress.com
64. Fia - @fiarevenian - http://www.fiarevenian.com
65. Ayu Damayanthi - @ayudamayanthi - www.ayudamayanthi.com
66.Tari asgara - @misstariita - www.misstariita.com
67. Rifa - @arifanuryani - www.arifanuryani.com
68. Yosa - @yosairfiana - www.yosairfiana.blogspot.co.id
69. Nuzha - @dhe_ujha - www.dhe-ujha.com
70. Ameltami - @ameltami - www.ameltami.com
71. Febi Febriany - @febi_febriany - www.FebiFebriany.com
72. Eka Damayanti - @eka.kuncoro - www.ekakuncoro.com
73. Verra - @msverra - msvediary.blogspot.co.id
74. Regina - @reginapitupulu - Www.reginapit.com
75. Efira - @klaufiers - efiraysrb.blogspot.co.id
76. Fitri - @fitriauu - herstoryjournal.blogspot.co.id
77. Ghea - @ghealesatari -ghealestari.blogspot.co.id
78. Aulia - @awlrw - ourbeautystory.com
79. Amanda - @amandasmess - amandasmess.wordpress.com
80. Alma - @almawahdie - www.almawahdie.id
81. Karlina @misskarulina https://misskarulina.blogspot.com


Itu dia Girls keseluruhan materi dari Ngipi cantik #3 special ulang tahun Beautiesquad bersama ka Vina Eska. Gimana? gimana? apakah yang aku sampein di atas udah jelas? ataukah masih ada yang mau di tanyain lagi? boleh banget, feel free buat nanya aku di comment ya, aku pasti jawab semampu aku, dan yang belum kenal sama aku mari kenalaaaaaaan 😊.

Yang belum follow IG nya BS cus di follow, dan yang belum gabung di facebook groupnya BS langsung join ya, ini link nya ðŸ˜Š.
Instagram : @beautiesquad 
Join FB Group Beautiesquad

Eh hampir aja kelupaan, kalian sebagai wanita ngerasa ga sih kalo kecantikan itu harus dirawat dan dimodalin?? Naaah buat kamu-kamu yang seneng banget sama makeup, skincare, haircare, bahkan perlengkapan bath and body, ada kabar gembira nih, kini kulit manggis ada extraknya!!!! Eh ralat-ralat, maksudnya kini ada solusi mudah buat kalian belanja, ga perlu deh kalian cape-cape ke mall buat memenuhi hasrat itu semua, cukup klik, bayar, dan tinggal tunggu dirumah deh sambil duduk manis sampe pesanan kamu dateng. Penasaran dooonk apa yang lagi aku omongin???

Jadi waktu baca BS kerjasama dengan Nihonmart, aku penasaran banget apa sih Nihonmart itu?? kepolah aku, berkunjung ke IG nya, sampe WEB nya pun aku kepoin. Ternyata eh ternyata, Nihonmart adalah semacam Market Place, barang-barangnya lengkap dan asiknya lagi niiih, produk yang mereka jual di jamin 100% ori. Eiiits ga cuma itu, kamu bisa dapetin free shipping untuk transaksi minimal 200k!!! woooaaaaah asik banget ga siiiih???? Eh ternyata masih ada lagi nih, mereka punya program reward, yang sistemnya setiap 1000 rupiah yang kamu belanjakan, kamu bakalan dapet point Rp.10,- yang nantinya bisa kamu belanjain lagi di Nihonmart, yuk kumpulin point kamu sekarang juga!!! lagi banyak promo loooh, dan cuma sampe akhir bulan ini aja, so buruan daftar dan belanja sekarang juga. Di Nihonmart itu surganya produk korea loh. Langsung klik banner di bawah ya buat daftar dan belanja segala kebutuhan kamu di sana, yang ngerasa belum punya kebutuhan boleh lah yaaa hasrat belanja kamu disalurkan biar ga setreeees 👄. Diskonya bikin ngiler banget deh pokonya.






Jangan lupa di follow juga medsosnya Nihonmart yuuuuk biar update mengenai produk yang mereka jual, biar update juga kalo mereka lagi ngadain banyak diskon hahaha.
Web : nihonmart.id

Oya girls FYI, 11 November 2017 kemarin selain aku nunggu-nunggu Ngopcan bareng BS, aku juga nunggu-nunggu kado dari orang-orang yang sayang sama aku, haha. Girls aku Birthday juga dihari yang sama dengan diadakanya Ngopcan, usia aku genap bertambah 1 tahun. Angkanya ga usah disebutin lah yaaaaa, yang jelas aku udah tuwaaa.....😉. Selain udah tuwa, aku juga berharap di angka usia aku yang baru ini, makin banyak achievement yang aku raih terutama didunia makeup and beauty, maklum aku baru banget berkecimpung di dunia ini. Harapan lainnya adalah apa yang aku, pasangan, dan keluarga harapkan segera hadir di tengah-tengah kami, amiiiiiin. Aku juga berharap semoga semua orang yang aku kenal maupun yang kenal sama aku diberikan kesehatan selalu dan diberikan yang terbaik oleh yang maha pencipta, amiiiiin. 





Thank You for reading, hope you enjoy it

See you on my next post ðŸ’—

I'm also on :

        

www.kembanggularoom.com 
by Demia Kamil


Please leave your link and I'll visit you back
Fell free to ask for follback girls, There's beauty in numbers 👄

No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛