Wednesday, January 10, 2018

Healthy : HIV/AIDS

Good morning wilujeung enjing GORGEOUS!!!






Membahas HIV/AIDS itu menurut aku menarik, sesuatu yang ga ada ujung nya ya?sayangnya banyak banget informasi simpang siur yang beredar di masyarakat, sehingga informasi yang diperoleh kurang tepat atau bahkan menyimpang jauh. Kalo udah gini suka bingung kan yang bener yg mana sih? Ini hoax bukan sih?Banyak loh stigma kita yang harus di ubah mengenai orang-orang yang terinfeksi HIV ini. Apakah kamu salah satu yang berpikir "ih jangan deket2 sama si anu, dia punya HIV, nanti ketularan!!". Jujur dulu aku salah satu orang yang punya stigma kaya gitu. Tapi semenjak aku ikutan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Jurnalis Dalam P2HIV , pemikiran aku berubah 180 derajat, pemikiran aku jauh lebih terbuka mengenai orang-orang yang terinfeksi HIV,  untuk itulah tulisan ini aku buat, mungkin isinya hanyalah pengetahuan dasar mengenai HIV/AIDS, tapi ini penting banget dan aku rasa perlu di share ke masyarakat luas.


Yuk sedikit demi sedikit kita pahami tentang virus satu ini, ga ada salahnya ko buat menambah wawasan dan buat MENCEGAH anak cucu kita tertular karena siapa lagi kalo bukan kita? Kalo ga sekarang kapan lagi?

Sebelumnya ada informasi penting yang ga ada salahnya buat diketahui bahwa ada 30.770 kasus HIV, dan 8.925 Penderita AIDS di  Jawa Barat tahun 1989 s.d September 2017, dan ini baru Jawa Barat loh, belum Indonesia, belum lagi Dunia. Jumlah kasus HIV tertinggi terdeteksi di Jakarta yaitu sebesar 46.758. Sedangkan kasus AIDS tertinggi ditemukan di Jawa Timur sebesar 17.014. Angka yang menurut aku besar, dan aku rasa segala bentuk informasi mengenai HIV/AIDS ini perlu di ketahui oleh setiap kalangan masyarakat agar bisa ikut berperan penting dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS, sekali lagi demi generasi mendatang, demi anak cucu kita nanti. 😊

Pernah denger kalo ada sekelompok orang yang positif HIV/AIDS mencoba balas dendam dengan tusuk gigi? Jujur sih aku salah satu orang yang kemakan sama hoax itu, padahal nih yah, HIV ga semudah itu nular dari satu orang ke orang lainya ko, la wong virusnya aja mati kalo kena udara. Ciri-ciri nya apa sih kalo kena HIV? Jawabanya ga ada ciri2 nya, itulah yang menyebabkan HIV spesial dari yang lain [ciieeee martabak kali ah spesial], ngomong-ngomong soal martabak, ko jadi laper ya, FYI ini jam 23.56 dan aku tiba-tiba pengen makan martabak, apakah aku harus Go-Food? hmmm sudahlah.... skip



APA ITU HIV/AIDS?

So apa sih HIV itu? Apa sih AIDS itu? apakah mereka sejenis virus yang sama ataukah berbeda? tapi ko mereka semacam sepasang kekasih yang tak terpisahkan yess?? Dimana-mana kalo ada kata-kata HIV pasti di belakangnya ngekor kata-kata AIDS. Jadi guys menurut info yang kemarin aku dapet, ternyata HIV dan AIDS itu berbeda. Perlu di garis bawahi ya guys, BERBEDA titik. Sebenernya lebih ke mencerminkan tahapan infeksi yang berbeda sih, so mereka itu apa sih??

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu Virus yang hanya dapat menginfeksi manusia. Manusia loh guys, jadi kalo ada berita bahwa nyamuk bisa menyebarkan HIV udah di pastiin itu berita Hoax. Virus HIV menyerang  dengan cara membuat tubuh manusia turun sistem kekebalannya sehingga tubuh gagal melawan infeksi. Virus ini mempunyai karakteristik memproduksi atau berkembang biak sendiri didalam sel manusia. Dengan turunnya sistem kekebalan maka orang yang terinfeksi akan mudah jatuh sakit, bahkan jika itu hanya diare. Seperti kita ketahui bahwa sistem kekebalan tubuh mempunyai peran penting dalam melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit yang menghampiri. 

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrom, AIDS adalah menjadi tahap akhir dari infeksi HIV, merupakan kumpulan gejala penyakit akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh karena adanya HIV didalam tubuh. Bisa dibilang kalo penyakit mah ini udah ke tahap yang paling parah. 

Lebih jelasnya adalah orang dengan HIV-Positif masih terlihat seperti orang sehat pada umunya, tanpa gejala dan tak terlihat sakit. Sedangkan jika orang yang terinfeksi HIV sudah mulai menunjukan suatu gejala, yang semakin hari akan semakin memburuk, maka pada tahap inilah orang tersebut sudah bisa di sebut AIDS.

 Jadi, HIV/AIDS itu datangnya dari mana? ko bisa ada virus seberbahaya ini? kalo di tanya datangnya dari mana, rasanya ga ada yang tau persis virus ini datangnya dari mana. Aku rasa saat ini yang lebih penting adalah bagaimana mengoptimalkan cara pencegahanya daripada mencari tau virus ini datengnya dari mana. Gampangnya sih anggap aja ini virus datang dari Luar Angkasa, hehehe ini becanda ya guys, maap loo maap.



SIAPA SAJA YANG BERISIKO TERTULAR HIV/AIDS?

Ada beberapa orang yang berisiko tertular HIV, diantaranya adalah : 
  • Orang yang telah berhubungan sex dengan orang yang sudah terinfeksi HIV. Itulah mengapa pentingnya mengetahui latar belakang pasangan kita guys, jangan mau sembarangan di ajak sex sama orang, terlebih itu bukan pasangan resmi kita. 
  • Orang yang sering berganti-ganti pasangan sex, Karena ga menutup kemungkinan 1 dari beberapa pasangan yang sudah terinfeksi dan menularkan HIV. Makanya jadi orang mah setia aja sih sama satu pasangan hehe.
  • Orang yang sering di transfusi darah. Karena kemungkinan darah yang di transfusikan adalah darah yang sudah terinfeksi HIV. But dont worry to much guys, sekarang PMI alatnya udah canggih ko, karena PMI akan selalu melakukan pengecekan atau skrining HIV ke darah hasil donor sebelum melakukan transfusi kepada orang lain. Sudah pasti darah yang tercemar HIV tidak akan digunakan untuk ditransfusikan.
  • Orang yang menggunakan jarum suntik secara sharing atau bergantian dengan orang lain. Umumnya jarum yang digunakan untuk penggunaan narkoba. Jadi kalo ada pertanyaan apakah HIV bisa menular melalui narkoba [Berat ya bahasannya narkoba] tapi jawabanya adalah yess!!!, bisa nular melalui narkoba jika media yang di gunakan adalah jarum suntik. Kebayang kan kalo sharing sama orang yang udah terinfeksi? Udah pasti kemungkinan kita bakalan ikut tertular. Itulah pentingnya kita menjauhi segala sesuatu nya yang berhubungan dengan narkoba, karena  semuanya berbahaya.
  • Seorang anak yang lahir dari seorang Ibu yang sudah terinfeksi HIV. Inilah yang dikhawatirkan, karena seorang Ibu yang sudah tertular HIV akan menularkan kepada anaknya. 



MENGAPA HIV BERBAHAYA?

Aku rasa kalo ngomongin bahaya engganya, semua penyakit itu bahaya kalo ga diobatin, termasuk HIV. Salah satu alasan mengapa HIV sangat berbahaya kalo masuk ke dalam tubuh manusia adalah karena HIV akan masuk ke dalam sel-sel darah putih dan menjadikanya sebagai pabrik HIV untuk memproduksi HIV baru. Jumlah rata-rata setiap hari nya HIV dapat memproduksi atau menggandakan diri antara 10 miliar sampai 1 triliun virus HIV baru. HIV yang baru diproduksi itu bakalan nyari sel darah putih lagi dan kembali memproduksi HIV baru, begitulah seterusnya hingga kekebalan tubuh orang yang terinfeksi akan turun sehingga mudah tertular penyakit dan akhirnya menyebabkan kematian.



BAGAIMANA MENGOBATI HIV? 

Perlu diketahui bahwa HIV itu bisa diobati guys, namun memang belum bisa disembuhkan. Nama obat nya adalah ARV [Antiretroviral], ARV tidak bisa membunuh virus HIV namun bisa menghambat pertumbuhan virus untuk memproduksi diri di dalam tubuh. Hal pertama untuk mengetahui apakah kamu tertular HIV atau tidaknya adalah dengan tes. Dengan tes HIV kamu bisa mengetahui apakah kamu positif atau negatif, namun jika hasilnya adalah negatif, sayangnya belum tentu negatif dari HIV karena ada yang disebut dengan masa jendela yang tidak bisa diketahui kapan dimulai dan kapan berakhir nya masa jendela tersbut karena kita sendiri tidak bisa mengetahu kapan kita tertular, karena jika kita melakukan tes HIV pada masa jendela maka HIV tidak akan terdeteksi. Mengenai Tes HIV akan aku bahas secara terpisah di next artikel, stay tune guys.





STOP STIGMA!! BECAUSE..

Seperti yang udah aku bilang di atas, HIV ga semudah itu nular ko, jadi kalian ga perlu jaga jarak dengan ODHA [Sebutan bagi orang yang terinfeksi HIV]. Apalagi hanya sekedar ngobrol dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa informasi yang aku rasa kita semua wajib ketahui.


  • HIV ga menular melalui air kencing, air ludah, keringat, air mata, muntahan dan kotoran. 
  • HIV ga menular hanya melalui sentuhan, bahkan kalo kalian sharing makanan dan pakaian dengan ODHA pun kalian ga akan tertular ko.
  • HIV ga menular melalui nyamuk ataupun jenis serangga penghisap darah lainya ya guys. Kalo vampir sih aku kurang paham bhahaha ini becanda lagi loh guys, becanda, sekali lagi becanda, hehehe maafkan.





Sekian pembahasan mengenai dasar-dasar HIV/AIDS yang aku rasa semua orang wajib ketahui demi mencegah semakin banyak nya orang-orang yang tertular HIV. Jujur aku tertarik banget dengan pembahasan HIV/AIDS ini, dan untuk kedepanya aku bakalan continue membuat artikel yang segala sesuatu nya berhubungan dengan HIV/AIDS, mohon maaf jika ada kata-kata atau pembahasan yang kurang tepat, mohon diinfokan di kolom comment agar bisa segera dicari tau kebenaranya dan segera dikoreksi.



Thank You for reading, hope you enjoy it

See you on my next post 💗

I'm also on :


        


www.kembanggularoom.com 
by Demia Kamil


Please leave your link and I'll visit you back
Fell free to ask for follback girls, There's beauty in numbers 👄

No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛