Monday, October 22, 2018

UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial

UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial - Morning bebski kesayangan aku?? Gimana kabarnya nih? Semoga selalu baik dan dalam keadaan sehat walafiat ya beb. Eh eh aku mau nanya nih, apa sih  yang kamu pikirkan begitu denger kata UMAMI?? Atau kamu pernah mikir "Waaaah MSG nih!! Bahaya!!!!", atau juga "Waaaah ini micin ya beb?? Jangan kebanyakan nanti bego!!" atau juga kamu yang punya pikiran "Say no to micin beb, ga sehat tau!!!". Adududuuu bebski, jangan kemakan sama hoax dan artikel yang kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya atuh ih. Sini-sini aku mau ngasih tau fakta yang sebenarnya tentang UMAMI yang selalu jadi kambing hitam, kan kasian atuh beb, doi gatau apa-apa tiba-tiba disalahin mulu hihihi. Yang mau aku sampaikan ini udah terjamin loh kebenaranya, karena dari sumber yang memang terpercaya yaitu Professor Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, PhD. Beliau merupakan seorang guru besar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian. Beliau juga seorang Senior Scientist di Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology [SEAFAST] Center, IPB, dan Vice Chairperson di Codex Alimentarius Commision, FAO/WHO. Banyak banget jabatannya ya, beb. Jadi kebangetan deh kalau kamu bilang artikel ini hoax. πŸ‘€
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial

UMAMI


UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Jadi, aku berkesempatan menghadiri Blogger Gathering Eat Well Live Well with UMAMI bersama Ajinomoto dan Dream dengan pembicara Prof. Purwanto pada tanggal 12 Oktober yang lalu bareng temen-temen Bandung Hijab Blogger lainnya . Meskipun ga semuanya aku catet, tapi aku ngerti ko [mudah-mudahan, tapi suer deh aku beneran ngerti kooo ✌]. Aku bakalan bahas mengenai materinya dulu ya beb yang aku rasa lebih penting dan wajib banget buat disebarluaskan. Anyways, sejauh yang aku tau, ini adalah inti dari yang disampaikan oleh sang pembicara. Selama ini kan kita mengenal ada 4 rasa dasar kan ya beb. Ada manis, asam, pahit, dan asin. Nah, rasa ini bisa kita beda-bedakan karena adanya reseptor di lidah kita yang sensitif akan senyawa tertentu. Saat makanan masuk ke mulut kita, senyawa-senyawa kimia yang ada di dalam makanan itu bereaksi dengan reseptor di lidah kita. Terus ya beb, reseptor-reseptor tersebut menerjemahkan reaksi ini ke dalam bentuk rasa, dan meneruskannya ke otak. Agak ribet ya. Mau gimana lagi, manusia emang makhluk yang rumit sih. Mudah-mudahan hubungan kamu sama doi ga serumit itu ya beb #eh.

UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial

Tapi ternyata, ada satu lagi rasa yang ga begitu akrab di telinga kita, yaaa seengganya sampai seorang peneliti asal Jepang bernama Kikunae Ikeda memperkenalkannya pada tahun 1908. Dan yap!! Rasa misterius itu adalah UMAMISeperti yang kita tahu ya beb, rasa itu bisa didapatkan secara alami dari bahan-bahan yang ada di sekitar kita, baik itu dari buah-buahan, sayuran, bahkan hewan. Dan sebelum penelitian Pak Ikeda, rasa tersebut biasa didapatkan oleh chef-chef Jepang dengan cara merebus rumput laut [seaweed] yang kemudian disaring kaldunya. Selain rumput laut, sebenarnya UMAMI juga bisa didapatkan dari bahan lain seperti daging, kerang, udang, tomat, bawang putih, jamur, keju, terasi, dan buanyaaak lagi.

Doi itu agak susah dijelasin deh beb gimana rasanya, sesusah ngejelasin perasaan kamu ke doi #eeeaaaa. Kalau berdiri sendiri, rasa UMAMI itu ga enak, sama ga enaknya kalau kamu sendirian dan kesepian tanpa kehadiran si doi. Tapi kalo digabungin sama rasa lain kaya manis dan asin, UMAMI bisa bikin rasa itu jadi lebih indah, seindah hubungan kamu sama doi #eh kumat lagi deh. Betewe aku ko jadi ngomongin doi mulu yah? Maklum ya beb, doi aku lagi ada seminar di Jakarta dan dia belum pulang padahal udah malem, bener kata orang ya beb kalo LDR itu ga enak walaupun aku cuma ngerasain sehari doank [tolong geng jangan diketawain]. πŸ‘€

Balik lagi ke Pak Ikeda. Selama bertahun-tahun dan karena rasa penasarannya, beliau terus-menerus melakukan penelitian tentang cara mengubah cita rasa ini jadi sesuatu yang gampang untuk ditabur ke makanan apapun. Beliau pengen UMAMI bisa ditambahin ke makanan semudah nambahin gula, garam, atau merica bubuk. Akhirnya pada tahun 1908, Pak Ikeda berhasil mengenkapsulasi rasa tersebut sebagai sebuah kandungan bernama MSG.

MSG merupakan singkatan dari Mono Sodium Glutamat. MSG adalah sebuah bentuk asam amino, senyawa pembentuk protein, zat yang membantu metabolisme tubuh kita. Dengan kata lain, MSG memiliki salah satu senyawa yang justru dibutuhkan oleh manusia [kaget kan? Sama beb aku juga kaget]. Dalam bentuk dasarnya [L-Glutamat], MSG sangat melimpah, bahkan tubuh kita sendiri juga bisa membuatnya loooh. Hanya saja, MSG ini adalah bentuk sodium [garam] dari L-Glutamat. Kenapa harus bentuk garam? Ya biar kita ga usah ribet ngerebus kaldu dari rumput laut atau daging, cuma buat dapetin rasa UMAMI. Jadi kita tinggal taburin aja secukupnya ke makanan kita, dan tadaaaa..... bukan sulap bukan sihir makanan kamu langsung jadi lezat dan gurihh! Jadi, senyawa ini sangat umum, dan bahkan bisa ditemuin di tubuh kita sendiri. Tapi ko.... banyak banget sih yang berpendapat kalo MSG itu buruk buat badan kita??? Eits, tenang. Penjelasannya belum selesai beb, sabar yah, seperti sebuah hubungan, semakin sabar kita, semakin indah pula endingnya #eeaaaa.

Jadi gini beb. Di tahun 1968, seorang peneliti makanan mengeluhkan gejala-gejala yang ga normal pada dirinya, setelah dia makan dari sebuah restoran Cina yang menggunakan MSG dalam makanannya. Lalu keluhan itu dia sampaikan dalam bentuk surat ke The New England Journal of Medicine. Katanya sih, setelah dia makan di restoran itu, dia mengeluhkan berbagai macam ketidaknyamanan pada tubuhnya. Mulai dari rasa pegal di belakang leher yang menjalar ke lengan, rasa lemas, jantung yang berdebar [kaya pas first date-nya kamu gitu deh]. Tapi perlu dicatat juga kalau peneliti ini makannya buaaanyak banget waktu itu. Si peneliti ini menamai gejala tersebut ‘Chinese Food Syndrome’. Dengan bermodalkan kesaksian itu, akhirnya orang-orang menganggap MSG itu berbahaya buat tubuh.

Hasil penelitian professional sebenarnya udah ngebuktiin, bahwa MSG bisa ngasih dampak negatif yang bersifat sementara pada segelintir orang, itupun kalo dikonsumsi dalam jumlah yang banyak waktu perut lagi kosong. Jadi intinya, Cuma dikit banget orang yang bisa ngerasain dampak buruk MSG, itu juga kalo makannya banyak pas perut lagi kosong, dan efeknya juga ga bertahan lama. Hmmm… kok kaya De Ja Vu yah. Perasaan hampir semua makanan pun bakal punya efek buruk kalo dikonsumsinya secara berlebihan ya beb? Jadi penasaran deh si peneliti yang ngeklaim bahwa MSG itu bahaya, makannya sebanyak apa yah? Hahaha

Terus, emangnya apa sih yang sebenernya bakal terjadi kalau kita mengkonsumsi terlalu banyak MSG? Kalau dikonsumsi lebih dari kadar yang normal, MSG bisa mempengaruhi kinerja otak. MSG bisa disebut excitotoxin soalnya dia bisa membuat saraf-saraf kita lebih kuat bekerja sehingga jadi kelelahan dan berbuntut ke kerusakan sel otak. Mungkin dari sinilah orang-orang berpendapat kalo MSG bikin kita bego. Tapi plis deh, kalo orang makan MSG satu bungkus sehari, kayanya emang dia udah bego dari lahir aja hahahha [maaf geng aku gemes]. πŸ˜†

Di Amerika dan Eropa, MSG udah dimasukin ke daftar bahan makanan yang aman bagi tubuh. Bahkan, beberapa dokter menyarankan penggunaaan MSG pada penderita darah tinggi. Karena dengan melakukan hal tersebut, mereka akan menggunakan lebih sedikit garam. Terus di Indonesia kenapa masih banyak yang ribet soal MSG. Well, secinta-cintanya aku sama negara ini, kadang beberapa orang emang suka rada telat menangkap informasi, hehe. Jadi intinya beb, kamu ga usah takut sama MSG. Karena kalau dikonsumsi secara wajar, MSG itu seratus persen aman koo. Fiiuuuh udah cukup jelas belum nih beb info yang aku sampaikan, semoga di artikel singkat ini semua info yang kemarin di sampaikan oleh Prof. Purwanto bisa tersampaikan ya beb.

Mau tau ga apa aja ingredients-nya UMAMI?? Ternyata banyak banget yang bisa dijadikan ingredients buat UMAMI loh beb, info ini aku dapat dari websitenya Ajinomoto. Penasaran donk ya pastinya??
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Source : Website Ajinomoto [klik for Large Image]






AJINOMOTO

Tau sendiri donk ya beb kalo denger kata UMAMI atau MSG itu identik banget sama Ajinomoto??? Setuju ga?? PT Ajinomoto Indonesia sendiri telah berdiri di sejak tahun 1969 di Jakarta. Pada tahun 1970 Ajinomoto mendirikan pabrik pertama yang lokasinya berada di Mojokerto-Jawa Timur yang hasil produksinya dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia. Karawang menjadi pemilihan lokasi pabrik kedua Ajinomoto pada tahun 2012 dengan tujuan memenuhi kebutuhan produk-produk bumbu masak bagi masyarakan Indonesia.

Udah tau kan ya beb kalo produknya Ajinomoto itu banyak banget. Aku sendiri sih ngerasa kebantu banget dengan adanya produk-produk Ajinomoto yang bikin agenda masak jadi menyenangkan karena ga harus ngabisin waktu banyak, tinggal tuang ke masakan dan viola, masakan udah kerasa enak dan gurih.

Nih beb, buat kamu yang gatau sebanyak apa produknya Ajinomoto, masakan rumahan kamu pake yang mana nih beb??

UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Source : Website Ajinomoto






EVENT

Lets Move to the event, jadi beb seperti yang udah aku bilang kalo tanggal 12 Oktober 2018 kemarin aku dateng ke acaranya Blogger Gathering Eat Well Live Well with UMAMI yang kebetulan tempatnya ga jauh dari rumah aku yaitu di Kapulaga Indonesian Bistro Jl. Dayang Sumbi No.1-3 Bandung. Begitu datang langsung disambut oleh beberapa makanan enak yang terhidang di meja. Aku sempet cobain salah satu camilan yang emang selama ini jadi favorit aku banget yaitu colenak. Sempet liat ada pisang goreng juga tapi aku ga nyobain karena takut kekenyangan hehe. 

UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial

Selain ada Professor Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, PhD, Acara di meriahkan juga dengan kehadiran Ka Dhatu Rembulan yang juga sharing mengenai keluarganya yang juga pengguna UMAMI sebagai bahan pelezat makanan, bahkan untuk kedua anaknya yang masih dalam masa pertumbuhan. Kebukti kan beb kalo MSG itu aman dikonsumsi oleh anak sekalipun.
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial

Kemarin juga ada cooking demo bersama chef Deny Gumilang loh beb, ada yang kenal ga beb? Doi adalah salah satu finalis Master Chef Indonesia sesion keempat. Kemarin doi masak beberapa masakan sekaligus yaitu Mie Kocok Bandung dan Chicken Milanese with Sambal Matah yang keliatanya susah tapi ternyata gampang banget kalo doi yang masak beb, kalo aku sih pengenya terima jadi ajalah hahaha. Kemaren aku juga sempet nyobain Mie Kocok Bandung buatan chef Deny loh, rasanya enak dan gurih banget, beda ya kalo buatan chef ternama. πŸ’›
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Sekarang saatnya para peserta beraksi dengan lomba Plating Decoration menu kedua yang dipraktekan oleh chef Deny, semua bahan plating sudah disediakan loh beb, jadi kita cuma tinggal menyusun makanannya aja. Dan tau ga? aku jadi juara peratama lomba Plating Decoration ini loooh, how proud am I !!!
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Pic by Kang Dedew [kodesjabardotcom]
Maaf masih belajar ambil foto makanan ✌
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Pic by Teh Ima [matakubesardotcom]




  

Terima Kasih yang sebesar-besarnya buat Bandung Hijab Blogger yang udah ngebolehin aku ikutan Blogger Gathering Eat Well Live Well with UMAMI ini. Terima Kasih buat Ajinomoto. Dan terima Kasih buat Dreamcoid. Seneng banget bisa ikutan Blogger Gathering kaya gini karena ketemu temen-temen baru yang minatnya sama. Semoga bisa ketemu lagi di lain kesempatan. πŸ’›
UMAMI, Rasa Ke-Lima Yang Kontroversial
Pic by Kang Dedew [kodesjabardotcom]



[klik] ☝




        

www.kembanggularoom.com 
by Demia Kamil



Please don't leave your ACTIVE link

Feel free to ask for follback girls,there's beauty in numbers 
πŸ’‹

82 comments:

  1. Wah seru ta acaranya 😍 kpn ya ngadain acara di jkt, Btw selamat ya beb juara pertama πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi semoga di jakarta bakalan ada juga ya beb,

      Delete
  2. ternyata kalau kita konsumsinya dalam batas yang wajar, msg ini aman aman aja ya beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih beb aku juga sebelum acara ini membatasi banget loh penggunaan msg, kadang makanan jadi kurang enak juga di jabanin, tapi setelah acara ini jadi yakin kalo masih thap wajar ya pastinya bakalan aman dikonsumsi hehe

      Delete
  3. Seru banget ya beb acara masak masak gitu. Di medan bakal ada gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih seru banget beb, semoga nanti mampir juga ke Medan yah hihihihi

      Delete
  4. Info sangat bermanfaat kak.. Sebenernya aku dan suami pernah research kecil2an masalah ini (baca googling) haha terutama waktu hamil karena banyak kan kabar kabur masalah MSG ini. .. Dan kita percaya kalau apapun yg berlebihan itu gak baik, asal porsinya gak lebay pasti gak akan ada efek sampingnya πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. naini beb, aku juga selalu mikirnya gt, segala sesuatu yang berlebihan pastinya ga akan baik.

      Delete
  5. Iya juga sih ya beb wkwk dikit2 micin disalahin yaπŸ˜‚ btw aku jadi salfok ke makanan 😍 laper jadinya ~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. makananya enak beb, soalnya pake Umami #eeeaaaaa

      Delete
    2. Brb cari makanan haha laper beb ah jam seginiπŸ˜‹✌

      Delete
  6. Umami rasa ke 5 yang gurih2 lezat gitu ya. Emang sih kalo masakan tanpa MSG itu rada anyep. Syukurnya MSG ga berbahaya kalo dikonsumsi dgn wajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya beb, kalo di konsumsi secara wajar aman kooo hehehe

      Delete
  7. Lengkap banget infonya beb. Aku sering banget denger umami ini kalau nonton acara masak-masak tapi masih ga paham gimana rasanya.

    ReplyDelete
  8. Masalahnya kadang kalo kita beli makanan dari luar ya itu, si tukang masaknya bisa aja kasih micin ga kira2 haaaha.. kalau pakai sendiri kan kita bisa takar secukupnya. Efek kebanyakan micin sama sih kyk kebanyakan garam, yaitu bawaannya haus. Btw, setuju banget rasa gurih atau umami itu emang bisa didapat dari bahan alami. Sejaka bikin mpasi buat anakku, tanpa gulgar, bubutnya tetap gurih dgn kaldu ayam, sapi, udang, dan kombinasi sayuran tertentu. Nice inpoh banget nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi emang paling aman masakan rumah ya beb, apalagi masakan sendiri hehe

      Delete
  9. Wah thank you beb info nya bener2 bermanfaat.. iyaa kalo masih dlm batas wajar mah kayak nya its okay yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya donk beeeb, segala sesuatu emang ga boleh berlebihan ya, berlaku juga untuk pemakaian MSG ini :)

      Delete
  10. ohh gitu. aku baru tau kalo ternyata msg ga seberbahaya yang orang-orang bilang. jadi ga khawatir makan enak hehe. btw aku salfok ke makanannya ka, bikin ngiler xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya nih sekarang udah ga ragu lagi yaa <3

      Delete
  11. Tercerahkan aku kak.. baiklah.. inilah yg berguna banget buat dibaca. Makasiii kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi semoga membantu ya beb, emang artikel soal ini banyak banget yang kadang infonya melenceng hehe

      Delete
  12. Wah mantap nih bisa ngerasain makanan Chef master indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya nih rejeki anak soleh beb heheheh

      Delete
  13. Jadi makin excited main ke pabriknya nanti dehπŸ˜„

    ReplyDelete
  14. Koq aq nangkapnya kalo umami ga boleh jombloan ahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo doi jomblo terus nanti rasanya kurang enak beb, sama kaya kita kalo jomblo ga enak juga hahaha

      Delete
  15. Informasinya super duper lengkap kak dem , acaraya seruuu juga nih semoga segera ada di Bali hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget acaranyaaaa, nanti ada acara sesi duanya loh berkunjung ke pabriknya di karawang hehehe

      Delete
  16. Wah seru banget ya
    Kita jadi nambah ilmu nih, jadi gak parno lagi sama micin
    Jadi memang ya, micin ini sebenarnya aman aja asal bijak mengkonsumsinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya nih, dari dulu mitosnya micin ini ga boleh di konsumsi karena bikin bego, padahal faktanya aman-aman aja ko, asalkan ga berlebihan hehehe

      Delete
  17. Intinya segala sesuatu kalau berlebihan itu tidak baik ya. Termasuk MSG ini. Di rumah juga saya pakai MSG dan penyedap rasa kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya nih, segala sesuatunya kl berlebihan juga pasti bakalan ga baik ya hehe

      Delete
  18. Wah congratz ka!! Mantap banget nih ngeliatnya, bikin ngiler. Duh jadi lapar.

    etherealpotato

    ReplyDelete
  19. Apapun kalau berlebihan emang ga baik ya mba. macam gula aja kalau kebanyakan bisa timbul diabetes, ini berguna banget mba buat menyadarkan persepsi yg anti micin selama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya nih, akhir-akhir ini miris banget baca beberapa artikel yang menympang kaya gitu, padahal faktanya ga kaya gitu hehe

      Delete
  20. hahhahahhahhah maap ketawa, moga moga doi nggak sering sering pegi yah beb. wkwkwk. selama ini aku malah kira umami itu merk beb hahaha udik banget aku. Wah congrats yah bebbb!!! kamu emang kreatif! aku mah plating skill zero hahahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nih LDR itu nyiksa ya beb wkwkkwkw,
      aku juga awalnya ngira umami ini merk loh beb wkwkwk toss kitaaa

      Delete
  21. Liat makanannya ngiler banget euy....aku selalu pakai masako

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya nih, tampilan makanannya menggoda ya beb bikin ngiler emang, hehe

      Delete
  22. Aku termasuk yg ga sepakat kalo micin bikin bego, hahahhaa... Karena faktanya, emang tubuh bisa menoleransi kebutuhan vetsin dalam batas tertentu. Lagian udah jelas lah ya, semua hal yang berlebihan itu nggak baik. Btw congratssss udah jadi juara pertama platting nya hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan beb, toss kitaaa, kl org makan gula kebanyakan juga bakalan diabetes, berlaku juga buat si micin ini ya beb hehe

      Delete
  23. Wah seru ya acaranya informatif banget, pengen deh dateng ke acara kaya gini, semoga next bisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget beeb acaranya, kaya akan informasi sih yang selama ini orang banyak salah persepsi hehe

      Delete
  24. Hahaha .. aku juga taunya mecin gpp asal ga kebanyakan. Seru nih kayaknua acaranya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya beb, yang penting ga kebanyakan mah aman, hehe

      Delete
  25. Kasihan ya selama ini micin dijadikan kambing hitam hihihi. Semoga sekarang gak ada lagi yang seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi semoga kedepanya pada ga takut lagi sama micin ya :D

      Delete
  26. Waduh, beb. Baca artikelnya aku ketawa² sendiri karena banyak diselingi curhat.. πŸ˜‚πŸ˜‚
    Artikle rasa umami ini sih. Nice!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahaha iya nih biar ga bosen bacanya, kalo ga diselingi becandaan kadang orang tu suka males baca karena terlalu serius dan penjelasanya cukup panjang, pdahal ini info penting banget dan perlu disebar luaskan hihiihi, ini bukan hoax loh :D

      Delete
  27. Wahh ilmu baru nih, aku slama ini klo masak g pernah pake micin wkwkwk, trnyata gpp y klo pake.. ciee juara ya congrats beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi micin itu tetep dibutuhin tubuh kita loh beb, :)

      Delete
  28. Wah ternyata MSG itu aman ya! Emang bener apapun itu kalo dikonsumsi secara berlebihan gak bakalan baik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bener banget beb, kaya madu atau buah2an manis aja yang sebenernya terbukti banyak manfaatnya kalo di konsumsi kebanyakan juga bikin diabetes loh,

      Delete
  29. Wah. ..seru bangett ini acaranyA.. Terkadang kita perlu juga nih tau info kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ini sih info wajib banget buat diketahui dan disebar luaskan beb hehe

      Delete
  30. Wah. ..seru bangett ini acaranyA.. Terkadang kita perlu juga nih tau info kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ini sih info wajib banget buat diketahui dan disebar luaskan beb hehe

      Delete
  31. Seru banget ya, Teh acaranya. Udah gitu nambah ilmu lagi.

    Iya juga nih terkadang orang cepat percaya akan berita yang pada aslinya itu hoax, terlebih soal micin itu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya nih kang, apalagi soal micin ini emang agak sedikit kontroversial ya, hehe

      Delete
  32. Seru ya acaranya baru tau juga klo msg d butuhin oleh tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi seru banget beb, udah gitu nambah pengetahuan banget hehe

      Delete
  33. seruuu acaranya, kapan ya ada di jakarta wkwk. selamat bebb dapet juara pertama hihi keceeee!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih semoga di jakarta juga nanti ada ya beb, lumayan banget nih hadiahnya kepake buat di dapur haha

      Delete
  34. Nice info nih, jarang jarang aku baca yg beginian haha

    ReplyDelete
  35. Seru bgt kayaknya acaranya,, btw baca ini Kaya baca pelajaran biological ya beb,, jadi tambah ilmu deh, sebenernya udh tau sih klo MSG itu Aman klo Kita konsumsi secara wajar, aq punya temen anak biokima,, dan aq anak ipb hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah anak IPB, berati kenal sama Profesor yang jadi pembicara donk beb hihihi

      Delete
  36. Kalo makanan nggak pakai msg rasanya kurang enak haha. Pokoknya nggak dikonsumsi berlebihan sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, emang lebih enak kl ditambahin sedikit msg ya beb, jadi lebih berasa gt yah, ibaratnya kopi tanpa gula itu ya kurang enak hehe

      Delete
  37. MSG menang ada batas wajar pemakaian. saya jadi rada sensitif sama MSG gara-gara pernah tinggal di keluarga tante yang kalau masak MSG nya dipake justru buat ngegantiin garam gula lada dan bumbu lainnya. Jadi eneg dah rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya nih kl kebanyakan malah jadi aneh rasanya, soalnya garam dan gula juga emang tetep dibutuhin buat bikin rasa si umaminya kerasa ya hehe

      Delete
  38. Acara seru ya..jd tau msg ga berbahaya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya nih teh, alhamdulillah nambah ilmu banget ya hehe

      Delete
  39. wow kerenn ... dapet juara pertama ya mbak ... selamat ya ...

    ReplyDelete
  40. Wah beb,acaranya seru yah. Mulai tau aneka rasa tuh yah. Nambah aja lah juga rasa yang pernah ada.hehehe

    ReplyDelete
  41. Ayooo generasi micin tunjuk tangan hahaha.. ternyata selama ini orang2 udah salah kaprah ya hihi

    ReplyDelete
  42. Saya juga termasuk yang gak anti MSG, cuma emang gak berlebihan makainya :D
    Dokter gizi anak2 jg udah bilang gak masalah kok, lha kalau beracun gk mungkin dijual kan hehe

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›