Friday, November 30, 2018

Superbrands Smart Festival 2018

Superbrands Smart Festival 2018. Hai beb! Kamu suka belanja bulanan nggak sih? Aku, meskipun nggak tiap bulan, pasti ada aja yang harus rutin dibeli. Mulai dari sabun, minyak goreng, sampai obat-obatan. Setiap orang pasti punya pilihan brand yang beda-beda kalo belanja, termasuk aku. Beberapa brand aku pilih karena mereka emang udah aku pake dari kecil, beberapa yang lain aku pake karena aku liat iklan, aku cobain, terus ternyata cocok. Beberapa brand memasang kemasan yang mencolok dan heboh biar diliat dan dibeli sama konsumen. Beberapa yang lain masang iklan dengan model artis terkenal biar orang beli karena pengen mirip artis itu. Tapi, ada juga brand-brand yang masang label gede-gede di kemasannya, kayak 100% tanpa bahan pengawet, atau dibuat dengan bahan-bahan alami, dan seterusnya. Tapi, ada salah satu yang buat aku cukup menarik. Yaitu, label Superbrands.
Superbrands Smart Festival 2018
Kamu pernah merhatiin nggak, sih? Kalo kita beli beberapa barang, kadang di kemasannya suka ada label 'Superbrands'? Sebenarnya Superbrands itu sendiri apaan sih? Kayaknya kalo ada brand yang nyantumin logo Superbrand tuh kita ngerasa aman untuk beli dan pake. Apa semua brand bisa nyantumin itu di kemasannya? Dan kenapa label Superbrands itu seakan penting banget, bahkan jadi kebanggaan buat sebuah brand?? Kita bahas yuk!

Jadi beb, Superbrands itu merupakan sebuah organisasi yang dipelopori pada tahun 1994 oleh Marcel Knobil, seorang advertising executive asal London. Awalnya, Superbrands ini merupakan sebuah acara radio di stasiun GLR [sekarang jadi BBC Radio London]. Acara ini pada umumnya ngebahas brand-brand yang disenangi oleh konsumen, sejarah mereka, dan gimana mereka bisa jadi sesukses sekarang. Acara ini lalu mulai berkembang jadi publikasi dalam bentuk artikel ataupun buku hard cover yang isinya tentang pencapaian-pencapaian yang diraih oleh berbagai brand di pasarnya masing-masing. Sampai saat ini, Superbrands memiliki 55 cabang di seluruh dunia, dan Indonesia termasuk salah satunya. Superbrands kemudian mulai mengundang brand-brand pada event-nya. Kayak Grammy atau Oscars, event Superbrands ini diisi dengan pembagian penghargaan bagi brand-brand terbaik dalam skala global. Nggak semua brand bisa diundang ke event ini gitu aja loh beb. Yang jelas, mereka harus melalui seleksi dan studi yang sangat ketat.

Terus, kalo udah diundang, apa untungnya buat brand itu? Jangan salah beb, banyak banget tentunya. Di sana merupakan ajang bertemu pelaku-pelaku bisnis yang bisa sharing metode-metode sukses mereka. Acara ini pun diliput oleh banyak banget stasiun TV, radio, dan media cetak. Yang tentunya bisa jadi ajang promosi buat brand-brand ini. Selain itu, brand yang diundang ke acara ini pun dianugerahi segel Superbrands, sebuah segel yang bisa mereka gunakan sebagai bahan promosi untuk iklan dan kemasan mereka. Segel ini bergengsi banget loh beb, bahkan saham sebuah perusahaan bisa naik dengan dianugerahinya segel ini.
Superbrands Smart Festival 2018
Minggu kemarin, tepatnya tanggal 25 November 2018, Superbrands Indonesia menyelenggarakan event Superbrands Smart Festival 2018, bertempat di Gor Saparua Bandung. Aku jadi salah satu dari mereka yang beruntung untuk ngeliput acara ini. Acaranya dimulai jam 7 pagi. Dan aku telat, haha. Maklum beb aku biasanya jam segitu masih berada di alam mimpi. πŸ‘€

Superbrands Smart Festival 2018
Sesampainya di Gor Saparua, pembukaan acara udah dimulai, nih. Jadi, acara pertama itu namanya Smart Plogging Run 2,5 km. Jadi intinya, peserta acara ini bakal ngelakuin semacam marathon, dengan jarak 2,5 kilometer. Tapi, ada keunikannya nih. Tiap peserta harus mungutin sampah yang mereka temuin sepanjang marathon mereka, keren kan? Aku paling suka nih, event-event yang nggak cuma menghibur, tapi juga bermanfaat buat masyarakat. Kesadaran akan kebersihan lingkungan itu penting ya beb, jangan lupa! Kebersihan itu sebagian dari iman. Jangan lupa bahagia juga beb!!! πŸ’›

Superbrands Smart Festival 2018
Superbrands Smart Festival 2018

Salah satu dari kami, Bang Aswi ikutan ngeramein Plogging Run ini nih, acaranya sendiri dimulai dengan pemanasan bersama sebelum mulai. Plogging Run-nya sendiri berlangsung sekitar satu jam, setelah itu para peserta akan kembali dan berkumpul untuk diberi air mineral, pisang, dan sebuah medali yang langsung dikalungkan oleh CEO dari Superbrands Indonesia Ibu Grandtyana Mayasari, aku sempet foto bareng medalinya juga loh, minjem sih ke Bang Aswi, soalnya aku emang nggak ikutan plugging run-nya beb, maklum beb masih lulungu bangun tidur jadi takut mau ikutan tu [alesan sih ini, hahaha]
Superbrands Smart Festival 2018
Sayangnya, beberapa saat setelah acara pertama selesai, turun hujan yang cukup deras dan agak ngeganggu jalannya acara. Anggaplah anugerah buat temen-temen yang tadi habis marathon, langsung seger diguyur hujan. Meskipun begitu, acara tetep berjalan ko beb. Selain marathon, masih ada juga jenis-jenis olahraga lain yang diselenggarakan di Superbrands Smart Festival 2018 ini. Mulai dari poco-poco, zumba, sampai olahraga anak muda jaman now kayak BMX, inline Skate, dan Wall Climbing. Ngeliat anak-anak muda yang semangat main olahraga ekstrim kayak gini, aku jadi pengen bisa juga hehe. Apalagi yang ikutan inline skate itu anak-anak kecil yang unyu-unyu, jadi pengen ikutan deh biar ketularan unyu #loh hahaha.

Bingung nggak sih? Ini acara tentang branding, tapi kok ada olahraganya segala sih. Kalem atuh, beb. Kan aku belum ngejelasin semuanya. Jadi si Superbrands Smart Festival 2018 ini kayak punya 'Pancasila'-nya sendiri gitu. Tapi cuma tiga, jadi disebutnya, Trisila... Yah pokonya gitu deh! Sila pertamanya adalah Exercise, kedua Expression, dan ketiga Education. Ketiga sila inilah yang menurut Superbrands menjadi ciri sebuah generasi yang sukses. Generasi yang sehat, terdidik, dan mampu mengekspresikan dirinya dalam hal yang positif. Jadi gituuuu, udah ngerti ya, kenapa ada olahraga di acaranya.

Selain olahraga, Superbrands Smart Festival 2018 juga punya acara hiburan berupa penampilan dari seniman-seniman Bandung. Ada kelompok Rampak Kendang yang keren banget deh, menurut aku [lagi-lagi jadi pengen bisa]. Acara hiburan ini berfungsi sebagai ajang unjuk ekspresi bagi generasi muda Bandung. Selama acara hiburan berlangsung, kita bisa keliling venue buat ngeliat-liat brand apa aja sih yang tergabung dalam Superbrands. Ada banyak brand yang udah akrab buat aku kayak Marcks, McDonalds, dan Dermatix. Tapi ada juga brand-brand yang baru aku denger kayak Hatari, Deskranasda, dan Wellness. Yang jelas ini brand-brand berkualitas. Jadi, produk-produk mereka patut untuk dicoba!! Ya kan beb? Hihihi.

Superbrands Smart Festival 2018
Exercise udah, Expression juga udah, sekarang tinggal Education! Ini nih yang paling ditunggu-tunggu sama aku. Kenapa? Karena ada tokoh publik panutanque banget, nih. Yap! Beliau adalah Ibu Atalia Kamil, Ibu Cinta-nya Pak Gubernur kita, Ridwan Kamil. Beliau hadir dalam rangka ngasih seminar untuk mereka yang mau memulai usaha menengah, kecil dan mikro. Sebagai seorang pebisnis, kita harus mengikuti perkembangan zaman. Makanya seminarnya berfokus di digital marketing dan entrepreneurship. Apa aja sih yang biasanya jadi kendala para pebisnis ini beb? Menurut beliau biasanya pengusaha kecil itu terkendala dimasalah modal yang saat ini udah ada solusinya loh beb, para pelaku usaha kini bisa meminjam modal dengan Kredit Mesra di tempat-tempat ibadah seperti mesjid, Gereja, dan tempat ibadah lainnya. Selain itu, kredit ini juga tanpa bunga loh beb. Ibu Cinta juga memberikan penjelasan mengenai 4 kunci keberhasilan, yaitu :
  • Menjaga mutu dan kualitas
  • Membuka jejaring untuk peluang kerjasama
  • Tetapkan stategi pemasaran [Offline maupun Online]
  • Jangan pernah berhenti berinovasi

Superbrands Smart Festival 2018
Superbrands Smart Festival 2018
Setelah acaranya Bu Cinta, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa brand yang tergabung dengan Superbrands, diantaranya Wellness dan beberapa brand lainnya. Ternyata beberapa hari lalu Ibu Cinta abis ulang tahun loh beb, so Ibu Grandtyana dan beberapa team dari Superbrand ngasih kejutan ke Ibu Cinta dan memberikan kue ulang tahun, hihihi. Selamat ulang tahun Ibu Cinta, semoga panjang umur dan sehat selalu. 

Acara di lanjutkan oleh Ka Ahmad Syarif sebagai pendiri Cyberlabs yang benar-benar merintis bisnisnya dari nol hingga saat ini telah memiliki cabang di luar Indonesia. Ceritanya bener-bener menginspirasi banget. Cyberlabs menawarkan aplikasi atau website bagi para pebisnis, terutama pebisnis kecil dengan harga yang sangat terjangkau. So beb buat kamu yang berkecimpung di dunia bisnis, yuk coba deh bikin websitenya ke Cyberlabs, biar keliatan lebih profesional gitu kan ya beb, selain harganya terjangkau, kulitasnya juga tentu udah nggak diragukan lagi karena Cyberlabs kini telah memiliki lebih dari 100 klien.

Superbrands Smart Festival 2018
Acara masih berlanjut hingga sore loh beb, tapi aku cuma bisa sampe jam makan siang nih karena aku juga kurang enak badan. Nyampe rumah masuk angin deh hihihi. Tapi acaranya seru banget!!, semoga di tahun selanjutnya masih bisa ikutan ngeramein acara Superbrands Smart Festival ini. Terima Kasih buat temen-temen dari Blogger Bandung dan semua orang yang terlibat yang tentunya aku juga nggak bisa sebutin satu-satu karena emang nggak kenal juga hahaha. Yauda deh sekian dulu ceritanya ya beb, sampe ketemu di cerita aku selanjutnya.


You Might Also Like : 



www.kembanggularoom.com


Please don't leave your ACTIVE link
Feel free to ask for follback girls,there's beauty in numbers 
πŸ’‹


8 comments:

  1. Replies
    1. Iya nih beeeb, semoga taun depan punya kesempatan hadir lagi yaa hehe

      Delete
  2. Asik banget di Bandung ya, jadi ingin ke sana huhu

    ReplyDelete
  3. Waaahh, seru banget ya mbaaak! Itu bu gubernur cantiknya beneran ternyata, bikin gagal fokus eui. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah cantiknya kebangetan, murah senyum pula Mbak hihi, bener ga bosen liatnya <3

      Delete
  4. Seru banget yaa itu acaranya blogging run..sambil marathon sambil mungutin sampah. Selain badan jadi sehat, lingkungan jadi bersih. Bersih pangkal sehat ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih beb keren dan takjub sama konsepnya hehe

      Delete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›