Saturday, November 17, 2018

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI. Hai beb, di post kali ini aku mau sedikit cerita nih mengenai Keseruan aku bareng temen-temen blogger dari Bandung yang mengunjungi pabrik Ajinomoto yang berada di Jalan Harapan Raya Blok JJ No.1, Sirnabaya Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Acara seru Blogger Goes to Ajinomoto Factory ini dimulai dari titik kumpul di Hotel Hay Bandung pada tanggal 07 November 2018 jam 07.00 WIB. Kami pun berangkat menggunakan bus yang berisikan kurang lebih 30 orang menuju Karawang dan menempuh jarak sekitar 2 jam perjalanan. Oya beb acara ini merupakan acara lanjutan dari Blogger Gathering Eat Well Live Well with UMAMI yang diadakan pada tanggal 12 Oktober 2018 dan bertempat di Kapulaga Indonesia Bistro Jalan Dayang Sumbi Nomer 13 Bandung. Pasti penasaran dooonk gimana sih keseruan Blogger Goes to Ajinomoto Factory?? Keep scroll down yess!!!
Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI

Sesampainya di Pabrik Ajinomoto kami disambut dengan ramah oleh pihak Ajinomoto dan kami dipersilahkan untuk memasuki sebuah ruangan. Sebenarnya aku udah nggak sabar sih beb mengintip bagaimana Ajinomoto menciptakan Kelezatan Sejati Rasa UMAMI yang selama ini aku suka [maklum beb anaknya demen banget sama micin]. Di acara Blogger Goes to Ajinomoto Factory ini ternyata kami dikumpulkan di kantin dimana para karyawan pabrik makan siang bersama. Awal masuk aku udah kagum sih beb sama ruangan ini karena bersih dan tertata rapi. Kamipun disuguhi sebuah roti dengan isi fla vanilla yang rasanya manis [semanis kamu #eeeaaaa], ternyata beb, roti tersebut adalah roti yang diproduksi oleh Ajinomoto Bakery loooh. Demi apa aku baru tau banget kalo Ajinomoto juga memproduksi bakery yang bikin nagih karena rasanya enak, kalo udah ketagihan gini kan bingung ya beb belinya dimana, di Bandung belum ada loooh. Kapan donk buka di Bandung?? [nagih nih ceritanya hehe]. πŸ‘€
Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
Sambil makan roti yang enak ini, Bapak Muhammad Facrurozy selaku Public Relation Departement Manajer pun memberikan sambutan selamat datang kepada kami di Pabrik Ajinomoto Karawang ini. Lalu ada Bapak Nico Andreas selaku Section Manager Finance dan GA Section, beliau memberikan sedikit penjelasan produk apa saja yang diproduksi oleh Ajinomoto, terutama di pabrik yang terletak di Karawang ini. Ternyata eh ternyata pabrik di Karawang ini nggak memproduksi Ajinomoto MSG loh beb, di pabrik ini hanya memproduksi tiga jenis bumbu yaitu Saori, Masako, dan Sajiku. Sedangkan Ajinomoto MSG sendiri di produksi di Pabrik pertama Ajinomoto yaitu di Jawa Timur. Nah loh, baru tau juga kan? Sama beb haha, semoga suatu saat punya kesempatan buat berkunjung ke pabrik Ajinomoto yang pertama ya beb hehe.

Selanjutnya ada Bapak Fazry Prasetya selaku HSE Manager yang menjelaskan mengenai keamanan selama kami berada di lingkungan pabrik Ajinomoto ini. Mulai dari tanda bahaya yang akan otomatis berbunyi, hingga kemana kami harus pergi saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pokonya jelas banget deh beb penjelasan dari Bapak Fazry ini mulai dari A hingga Z-nya. [Beda banget sama hubungan kita yang ga pernah jelas ya #eh]. πŸ‘€

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
πŸ“· Courtesy of KodesJabar
Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba nih beb, saatnya bertualang!!! Kami diajak untuk mengunjungi pabrik pertama yaitu Saori, ternyata ada jembatan khusus untuk para visitor seperti kami yang menghubungkan pabrik satu dengan pabrik lainnya loh beb, keren banget ga sih?? Tujuanya sih agar para visitor dan juga karyawan lebih mudah berpindah dari pabrik satu ke pabrik lain, dan kayanya sih untuk alasan keselamatan juga mengingat di bawah banyak kendaraan besar yang lalu lalang membawa hasil produksi untuk didistribusikan. Jembatannya lumayan tinggi nih beb, hati-hati buat kamu yang phobia ketinggian ya. Selama diperjalanan pun tim dari Ajinomoto selalu nemenin loh beb dan siap menjawab setiap pertanyaan dari kami yang cerewet ini hahaha. Tuh liat fotonya beb, kakak-kakak baju biru yang ada dibelakang itu tuh yang dampingin kita, kamu pilih yang mana beb?  #eh Haha, by the way udah kaya foto artis dengan para bodyguard nya belum sih? hahaha.

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI

PABRIK SAORI

Pabrik pertama yang kami kunjungi adalah pabrik produksi dan pengemasan Saori, begitu masuk dekorasinya asik nih beb, Jepang banget!!! Yang aku ga sangka ternyata disini banyak banget spot kece buat foto loh beb, sayangnya si bestie yang sama-sama demen foto ga ikut, jadi agak segan juga kalo minta fotoin ke temen yang lain huhu. Alhasil stock foto aku nggak banyak deh hahaha.Di Pabrik Saori kami ditemani oleh Bapak Edy selaku Section Manager yang banyak memberi  penjelasan mengenai bagaimana produk Saori dibuat, mulai dari persiapan bahan-bahan, penimbangan bahan, hingga pengemasan produk. Disana kamipun melihat langsung prosesnya loh beb, sayangnya ada beberapa area yang nggak boleh di foto dan kami menghargai peraturan tersebut.

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
πŸ“· Courtesy of MySweetEscapeDiary
Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI

PABRIK MASAKO

Pabrik kedua yang kami kunjungi adalah pabrik Masako, mendekati pintu masuk aromanya udah sangat tercium loh beb, wanginya enak banget!!!, tapi kalo kelamaan kayanya "blenger" juga beb hehe. Begitu masuk kami disuguhi berbagai hiasan berbentuk bumbu-bumbu dapur disepanjang lorong, diujung lorong ada spot kece lagi loh beb, terdapat dua dapur yang berbeda, yang pertama dapur jaman dulu lengkap dengan peralatan dapur yang juga jaman dulu. Yang kedua terdapat dapur jaman sekarang lengkap pula dengan peralatan dapur yang juga kekinian.

Dipabrik Masako ini kami ditemani oleh Bapak Sidik yang memberikan kami penjelasan mengenai proses produksi masako mulai dari pemilihan bahan yaitu ayam atau sapi hingga ke tahap penggilingan dan pengemasan. Semua bahan didapatkan dari supplier yang sudah terjamin dan terpercaya katanya beb. Untuk bahan ayam sendiri, Masako memilih ayam tanpa kepala, ceker dan tanpa jeroan agar kualitasnya lebih terjaga. Sementara bahan sapi, Masako menggunakan bagian paha sapi dan bagian lainnya dengan syarat nggak mengandung lemak lebih dari 10%. Jadi ini loh beb rahasia Kelezatan Sejati rasa UMAMI, pantesan enak ya, bahan-bahannya pun sangat terjamin!!!.

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
πŸ“· Courtesy of MySweetEscapeDiary
PABRIK SAJIKU

Pabrik terakhir yang kami kunjungi adalah Sajiku, udah pada tau kan beb?? Ini favorit aku nih kalo bikin ayam goreng, onion ring, ataupun crispy calamary. Kalo pake tepung Sajiku rasanya udah nggak diraguin lagi deh pokonya beb. Bukan pabrik Ajinomoto namanya kalo nggak ada spot foto kecenya ya beb. Disepanjang lorong kami disuguhi hiasan dinding dengan bentuk berbagai masakan lengkap dengan piringnya. Belum lagi disini ada spot foto gerobak dorong yang penuh dengan produk Sajiku, lucu banget deh beb disini. Masih adalagi nih beb spot foto yang nggak kalah kece, yaitu nasi goreng terbang lengkap dengan wajannya, udah kaya chef profesional deh kalo foto disini , tapi sayangnya aku ga sempet foto disini beb, ga ada yang fotoin ih *sad.

Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI

Setelah kunjungan ke Parbrik Sajiku, kami dipersilakan kembali ke kantin untuk mencoba makanan yang disediakan bersama para pekerja lainnya. Kebetulan menu saat itu adalah gulai daging, rasanya udah nggak usah ditanya lah ya beb, yang pastinya enak dan gurih, pasti pake Masako deh hahaha. Menariknya, di Pabrik Ajinomoto ini diterapkan self service yang artinya semuanya melayani diri sendiri termasuk ketika kami selesai makan. Piring kotor dan sisa makanan harus kita bersihkan dan bereskan sendiri. Keren banget deh pokoknya beb.
Kunjungan Pabrik Ajinomoto, Kelezatan Sejati Rasa UMAMI
Seneng banget deh punya kesempatan buat berkunjung dan melihat langsung produksi setiap produk dari Ajinomoto ini. Tempatnya bersih dan rapih, hampir semua produksi dikerjakan oleh mesin. Manusia dipekerjakan untuk mengatur mesinnya itu sendiri agar terkendali dan sesuai dengan apa yang seharusnya. Para pekerjanya pun menggunakan seragam dan masker saat berada diruangan kerja loh beb biar produknya lebih higienis. Ini merupakan pengalaman yang seru banget bisa punya kesempatan ikut acara Blogger Goes to Ajinomoto Factory bareng temen-temen blogger dari Bandung. Semoga suatu saat bisa kembali berkunjung ke sana. Terakhir tak lupa kamipun menyempatkan berfoto bersama sebagai memory [seperti halnya kamu yang selalu ada di memory aku #eeeaaaa].

Terima Kasih aku ucapkan buat Ajinomoto yang udah ngasih pengelaman seru buat aku pribadi, terima kasih buat Dreamcoid dan Bandung Hijab Blogger yang udah jadi jembatan untuk acara Blogger Goes to Ajinomoto Factory ini sehingga kami tau rahasia di balik Kelezatan Sejati Rasa UMAMI.


You Migh Also Like :
| UMAMI, Rasa Ke Lima yang Kontroversial |


www.kembanggularoom.com


Please don't leave your ACTIVE link
Feel free to ask for follback girls,there's beauty in numbers 
πŸ’‹


34 comments:

  1. saori favorite ku nih 😍seru banget ya bisa kunjungan ke pabrik gitu , bisa dapet ilmu + ngecengin mas2 yg di belakang *upssπŸ™Šhihii

    ReplyDelete
  2. Aku suka masak pake saoro, pake tepung sajiku juga hehe cuma udah gak pernah pake masako πŸ˜‚

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen nih ikutan kunjungan pabrik kyk gini beb😍

    ReplyDelete
  4. Aku kira pabriknya jadi sayu gitu semuanya. Ternyata misah toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap merk pisah pabrik beb hihihi, tapi masih satu kawasan dan masih bisa saling terhubung jalannya

      Delete
  5. wiiih.. salfok sama jembatannya instagrammable ya beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya nih beb bagus banget cahayanya wkwkkw

      Delete
  6. Jd, udqh bs masak apa nih teh? πŸ˜‚πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sayur kangkung pake saori saus tiram donk beb wkwkkw

      Delete
  7. Ini produk masakan andalan mama aku terutama yg Sauri , seru banget dapet kesana πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga beb saori buat masak sayur kangkung hehehe

      Delete
  8. Product masakan andalanku yg gk boleh ketinggalan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi toss kita beb, beauty blogger bukan berati gabisa masak ya, walopun cuma masakan sederhana aja hehe

      Delete
  9. Jadi pengen masak baca ini πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Btw Ajinomoto jg salah satu pabrik terbesar di kotaku Mojokerto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah pengen banget suatu saat mampir ke pabriknya yang di Mojokerto deh beb hihi

      Delete
  10. Seru bangettttttt, bisa jalan2 didalemnya huhu bisa liat2 juga aduuu pengen ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget beeeb, iya ih mudah2an ada event bareng lagi yaa

      Delete
  11. Waaah br tau ternyata produk produk yg kamu sebutin itu semua didalamnya ajinomoto

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya beb, kujuga baru tau, selama ini cm tau MSG Ajinomoto ya hehe

      Delete
  12. Demi apa Ajinomoto ada bakerynya? Mantep juga ya. Pengen nyobain. Bandung aja belom apalagi Sumatera hehe

    Btw, baru tau pabriknya cute dan banyak spot untuk pepotoan. Kirain bakalan kaku dan isinya mesin-mesin aja. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya nih aku juga bru tau kalo doi ada bakery juga hihi

      Delete
  13. Waahh seru bgt yaaa bisa main kesana hihi. Jadi pengen ksana πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  14. kalo dibiarin, kayaknya kamu nggak mau pulang yaa....sampe puas foto2 di semua spot :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha naitu teh, sampe nginep kayanya, abisnya banyak spot kece ya hehe

      Delete
  15. Kami Dari Sajiku menghaturkan ucapan terima kasih yg sebesar besarnya sudah mau berkunjung di Pabrik Ajinomoto yg di Karawang... Mohon maaf bila ada yg kurang berkenan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah senang sekali Pak, semoga suatu saat bisa kembali berkunjung ke Pabrik Ajinomoto. Terima kasih atas sambutannya 😊

      Delete
  16. Terimakasih telah berkenan mampir ke PT Ajinomoto Indonesia - Karawang Factory, maaf bila ada yg kurang dalam penyampaian produksi dsb, dari Masako Production

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pengalaman berharganya, semoga suatu saat bisa kembali berkunjung ke pabrik Ajinomoto, sukses selalu untuk Ajinomoto 😊

      Delete
  17. Wah seru sekali sih bisa ngintip2 ke pabriknya Ajinomoto :))

    Aku juga pelanggan setianya Saori dan masako lho :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi saori enak buat bikin tumis kangkung ya teh :D

      Delete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment πŸ’›