Thursday, October 25, 2018

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger - Hai beb, pernah ga sih ngerasa iri sama para blogger? Apakah kamu salah satu orang yang berpikir "Enak ya jadi mereka, udah dapet produk gratis, dibayar pula. Belum lagi sering di undang ke event". Pernyataan ini sering banget ditujukan buat para beauty blogger kaya aku ini. Sejujurnya buat aku pribadi Alhamdulillah banget beb, aku sendiri emang enjoy menjalani profesi ini. Kenapa aku bilang profesi? Karena aku emang pengen serius menekuni bidang ini, selain aku emang seneng banget nulis [lebih tepatnya curhat sih hahaha], aku juga ngerasa nyaman, senyaman pelukan doi #eeeaaaaa kumat lagi deh ✌. Selama ini apa sih beb yang kamu tau tentang seorang yang punya profesi sebagai penulis di blog pribadinya??? Udah tau belum kalo ternyata jadi seorang blogger juga ga mudah loh, pasti ada aja beberapa kendala yang dihadapi. Bukan bermaksud apa-apa sih aku buat post ini, cuma ingin sharing apa aja sih yang harus dilakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan sebuah article review? Penasaran ga sama Suka Duka Menjadi Seorang Blogger?? Keep scroll down baby!!!
Suka Duka Menjadi Seorang Blogger

Hmm enaknya bahas apa dulu yaaa, karena kalo menurut aku Suka Duka Menjadi Seorang Blogger itu bisa diambil dari banyak sisi. Mari kita mulai dari gimana sih caranya seorang blogger dapetin project?? Apakah nunggu dihubungi sama brand?? Aiiih itu sih lama beb, apalagi buat blogger pemula kaya aku. Awal-awal kalo mau banyak project ya kita tetep harus berebut slot alias kita daftar sendiri dan cari-cari informasi lowongan job sendiri beb, untuk sekarang emang ada beberapa brand yang langsung kontak ke aku sih, segala sesuatu pasti ada prosesnya beb, dinikmati aja hehe. Biasanya info lowongan job gitu di share di grup komunitas, jadi menurut aku langkah pertama yang harus kamu ambil adalah daftar ke berbagai komunitas sebanyak-banyaknya.. Di komunitas itu ga cuma buat dapetin project loh beb, tapi buat dapetin temen baru, sharing pengalaman, sharing ilmu, pokonya banyak banget deh yang bisa didapat kalo kamu gabung ke komunitas. Ga jarang juga kita saling curhat dan ngebahas Suka Duka Menjadi Seorang Blogger. Yakin deh beb, setiap profesi pasti punya plus minus-nya, termasuk menjadi seorang blogger.
Suka Duka Menjadi Seorang Blogger
Selanjutnya ini nih yang seru, gimana sih prosesnya seorang blogger menghasilkan sebuah tulisan?? Misal ya beb, kamu dikirimi sebuah produk skincare anti jerawat dari salah satu brand. Kamu gabisa looh langsung bikin tulisan tanpa mencobanya dulu. Untuk sebuah skincare kamu harus coba dulu di kulit muka kamu minimal 2 minggu. Apakah reaksinya positif atau negatif, itulah yang kamu jadikan tulisan di article review kamu beb. Kebetulan kulit muka aku itu emang sedikit sensitif, jadi akhir-akhir ini aku emang lagi mengurangi banget project skincare dan lebih memilih project makeup aja.

Selain berbekal percobaan kita selama 14 hari apa lagi sih beb?? Kalo aku sendiri setiap kali bikin artikel review pasti pengennya lengkap selengkap-lengkapnya. Mau itu hal ga penting pun biasanya aku cantumkan sebagai informasi tambahan. Mulai dari bahas packaging, ingredients, cara pakenya, tempat belinya, performanya, kelebihan dan kekurangannya, pokonya selengkap mungkin deh beb. Kalo review kita lengkap, pembaca juga pasti betah dan bakalan balik lagi kan yah hihihihi. Salah Satu Suka Duka Menjadi Seorang Blogger yang menurut aku agak berat itu adalah saat kita ga cocok dengan produk yang kita gunakan untuk di review seperti yang tadi aku contohin yaitu skincare. Jujur aku pribadi suka bingung mau menyampaikannya gimana, ada perasaan ga enak sama brand tapi aku juga harus jujur buat pembaca aku, belum lagi aku juga harus memikirkan bahasa yang sopan dan enak ketika brand yang bersangkutan baca review aku. Selain itu apa lagi nih beb Suka Duka Menjadi Seorang Blogger yang selama ini kamu rasain?? Keep on reading ya beb.

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger

Setelah tulisan selesai, masi ada lagi nih beb pe'er yang harus dikerjakan, yaitu foto. Iya foto beb, mau foto produk, mau foto kita yang lagi pake produknya, apapun yang bisa menunjang tulisan kamu biar lebih lengkap mending di cantumin aja sih bebhehe. Aku sendiri suka banget sama foto-foto yang jelas dan jernih buat melengkapi setiap review yang aku buat. Yang kadang bikin mood turun adalah saat kita mau foto, eh cuaca ga mendukung alias mendung. Maklum beb, buat foto produk aku emang mengandalkan cahaya ilahi alias cahaya matahari karena aku emang belum punya ringlight. Kalo mendung udah menghampiri terpaksa deh ambil foto dilain kesempatan. Kalo ternyata udah gabisa besok dan harus naik hari itu juga artikelnya gimana beb?? Nah ini nih yang bikin mood makin turun, kadang aku menjelma sebagai anak deadline. Alias ngerjain tugas pas di hari H deadline-nya. Itu gabaik banget loh beb, segala sesuatunya ga selalu berjalan dengan mulus. Kalo udah gitu ya terpaksa deh aku up dulu dengan foto seadanya dan besoknya aku buat foto yang sesuai dengan yang aku mau sebagai gantinya. Yang paling penting yang kamu harus tau beb, semenjak jadi blogger, jam tidur aku jadi ga teratur, ga jarang aku dipaksa bergadang untuk segera menyelesaikan tugas, mau gimana lagi ya beb, namanya juga tanggung jawab hehehe.

Kadang ada juga beberapa brand yang punya tema tersendiri untuk kriteria foto beb yang mengharuskan kita buat nongki cantik nyari tempat yang sesuai dengan tema. Aku sih biasanya nyari cafe ataupun coffee shop sambil ngopi. Sebenernya aku suka bagian ini, karena gimanapun juga kan jenuh ya beb kalo dirumah terus, kali-kali lah makan sambil nyari spot foto. Kan buat melengkapi kerjaan juga hahaha. Belum lagi properti foto yang banyak macemnya biar foto flatlay keliatan lebih cantik dan menarik gitu ya beb. Berikut beberpa foto produk yang mengharuskan aku cari spot foto diluar rumah hehehe.
Suka Duka Menjadi Seorang Blogger
Satu lagi nih beb yang menurut aku masuk ke Suka Duka Menjadi Seorang Blogger, ialah rumah jarang banget rapihnya. Setiap ada produk yang baru dateng, pasti harus dipisahin dulu di tempat yang bisa ditandain kalo produk tersebut belum di unboxing. Setiap mau foto produk pasti berantakan. Dan barang-barang semacam skincare, makeup itu pasti numpuk banget dirumah. Tapi yang bikin aku senenr adalah, semua barang tersebut ga mungkin donk ya kita abisin sendiri?? Biasanya setelah seleseai di review, sisa produknya aku tawarin ke beberapa temen aku yang kira-kiranya bakalan suksa sama produk tersebut. Aku sendiri anti banget ngejual barang pemberian brand, bukan karna ga butuh uang beb, siapa sih manusia yang ga butuh uang kan ya??  Karena menurut aku, akan lebih bermanfaat lagi kalo kita bagi-bagiin ke temen-temen deket kita. Rejeki udah ada yang ngatur lah ya beb, selama ini aku ga ngerasa jadi seret rejeki ko, malahan rejeki aku semakin berlimpah, buat aku pribadi bahagia banget ngeliat temen aku bahagia dapet produk dari aku walaupun kadang harganya ga seberapa. Kalo buat kamu? Apa sih Suka Duka Menjadi Seorang Blogger beb?? Yuk sharing yuk di kolom komentar aku.




BEAUTYGOERS 
Post ini merupakan collaboration aku bareng temen-temen Beautygoers lainnya, buat kamu yang kepo dan ingin ikutan post collaboration juga bareng Beautygoers bisa loh kepoin Instagram ataupun blog nya. Oya bukan cuma aku yang bikin sharing tentang Suka Duka Menjadi Seorang Blogger loh, ada bestie kesayangan aku Afni Hardinna juga yang sharing, yuk kepoin. 



        

www.kembanggularoom.com 
by Demia Kamil



Please don't leave your ACTIVE link

Feel free to ask for follback girls,there's beauty in numbers 
💋

5 comments:

  1. Rumah berantakan saben ngerjain project...hihihi...itu bagian suka duka aku beb

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahahha sama beb, makanya pengen nyediain ruangan sendiri khusus barang2 projectan dan teman ngerjainya ih, biar berantakanya di satu tempat, kalo ruang tamu suka kelabakan sendiri pas tb2 ada tamu dadakan wkwkwk

      Delete
  2. Iya nih beb..aku juga kadang bimbang gitu kalo review skincare karna muka ki jg sensi. Btw lucu banget kucingnya beb😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ih beb, ini aja aku lagi jerawatan parah di daerah dagu gara-gara ga cocok sama salah satu skincare huhuhu, buat ngobatinya aja kemaren treatment sampe abis lebih dari 700rb, dan belum sembuh total huhuhu, syedih banget :(

      Delete
  3. Rumah berantakan saat Poto produk. Bener banget mbak haha. Jarang mah rumah rapi. Makasih sharingnya mbak. Aku juga lagi belajar ttg beauty. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛