Friday, January 19, 2018

Event Report : Ngopi Cantik #4 - Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia bagi Beauty Blogger

Good morning wilujeung enjing GORGEOUS!!!




Hai, hari ini aku mau share pengalaman aku ikut Ngopcan alias Ngopi Cantik #4 bersama Beautiesquad dan Teh Langit Amaravati. Yess, bahwa pekan lalu tepatnya hari Sabtu tanggal 13 January 2018, ga seperti kebanyakan orang kalo hari Sabtu itu identik dengan malam mingguan, kali ini aku menghabiskan waktu aku buat nyimak acaranya Ngopcan yang kedua kalinya buat aku, FYI aku ga jomblo loh girls, aku punya husband walaupun dia  hari Sabtu masih kerja sih 😕. Disini aku bakalan sharing ilmu apa aja yang di bahas dan di dapat di acara Ngopcan kemarin, penasaran apa aja?? yang jelas banyak ya girls, pokonya keep on reading 😊.


Seberapa penting sih mempelajari pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia bagi seorang blogger?? Menurut aku pribadi sih penting banget, karena dengan tulisanlah aku berkomunikasi dan menyampaikan apa yang ingin aku sampaikan kepada pembaca, maka dari itu menurut aku ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu harus, jujur aja sih kalo aku pribadi belum terlalu mengerti, makanya aku exited banget ikutan kelas ini. So apa aja yang di bahas kemarin oleh Teh Langit??


APA ITU EJAAN?
Yang dimaksudkan dengan ejaan disini adalah patokan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang mencakup tanda baca dan tata bahasa lainya. Buat kamu yang belum tau, ternyata Ejaan pun ada pedomanya loh, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesa [KBBI] dan juga Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesa [PUEBI]. Aku rasa keduanya wajib banget dibaca dan dikuasai oleh blogger pemula kaya aku ini ✌. Oya karena bahasa itu sifatnya dinamis, makanya nih girls, keduanya sesekali mengalami revisi, jadi jangan ragu buat sering-sering cek ya, siapa tau udah ada revisi terbarunya, hehehe.


GAYA BERTUTUR
Nah ini dia yang menurut aku penting, yaitu bagaimana kita menyampaikan tulisan kita baik itu cerita, opini, maupun berita. Coba deh perhatikan setiap blog pasti punya cara penyampaian yang berbeda, punya ciri khas nya tersendiri. Contohnya adalah blog aku ini, disetiap artikel yang aku tulis, kata "Aku" yang selalu aku gunakan untuk menyebut diri aku sendiri, dan kata "Kamu" atau "Kalian" untuk menyebut para pengunjung di blog aku ini. Ada pula beberapa blog temen aku yang menggunakan kata "Loe" dan "Gue", adalagi yang menggunakan kata "Saya" dan "Anda" dalam blog nya. Rasanya sah-sah aja selama itu nyaman di baca.


SEBERAPA PENTING TATA BAHASA BAGI BLOGGER
Seperti kata Teh Langit bahwa, "Karena blogger adalah penulis dan seorang penulis yang baik tentu harus peduli dengan teknis penulisan. Naif kalau ada yang bilang bahwa blogger tak harus paham ejaan." Aku setuju banget dengan teh Langit bahwa tulisan yang baik itu bagaimanapun akan lebih mudah di pahami oleh pengunjung blog kita, bukankah kita ingin pengunjung tersebut akan menjadi pengunjung tetap dan menantikan setiap postingan kita [ciiiieeeee].


PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR
Tata bahasa yang benar itu wajib karena banyak banget manfaat dan keuntunganya, apa aja sih???
  • Sebagai kredibilitas pemilik blog itu sendiri. Aku sih pengen banget pengunjung aku betah lama-lama di blog aku ini, sebisa mungkin aku tulis artikel aku dengan pembawaan yang santai tapi tetep sopan dan enak di baca oleh pengunjung.
  • Pagerank di mata Google. Nah ini dia yang lagi aku pelajari, sebagai blogger pemula, aku sempet bingung mengenai pagerank, setelah ikut ngopcan kali ini aku baru tau kalo salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah web adalah kualitas tulisanya. Diantaranya adalah ejaan/tata bahasa dan minimnya typo.
  • SEO. Walaupun mbah Google itu sebenernya pinter banget dan bisa menebak keyword yang typo, tapi ternyata tetep loh girls, kalo ada dua artikel yang topiknya sama sekalipun, mbah Google bakalan memprioritakan tulisan yang tata bahasanya lebih benar.
  • Pembaca. Aku pun kalo lagi berkunjung ke blog-blog sebenarnya lebih senang sama yang bahasanya enak di mengerti  dan ejaan nya benar sih dari pada yang serampangan hehe.
  • Monetisasi. Karena Brand ternyata ga suka loh sama yang bentuk tulisanya berantakan.
  • Lomba blog. Kalo ini sih jelas ya, pasti tata bahasa yang benar penting banget agar poin penilaiannya bagus.


CARA BELAJAR TATA BAHASA gimana sih??
Sebenarnya simple dan ga ribet, kalo menurut teh Langit kemarin ya kita harus punya buku PUEBI edisi terbaru yang banyak di jual di toko buku, ternyata eh ternyata harganya murah loh, ga sampe 100k. Yang paling penting bukunya harus di baca, karena ya percuma kalo udah beli terus di anggurin kan?? hehehe. Cara selanjutnya ya dengan banyak-banyak menulis menggunakan tata bahasa yang benar biar jadi kebiasaan dan semakin paham.

Buat kamu-kamu yang lagi bokek dan belum bisa beli buku nya, aku paham banget ko kalo ini akhir bulan, karena aku pun saat ini lagi bokek bhahaha. cek link di bawah ya buat download :
KBBI 


Kenalan lebih dekat dengan Teh Langit yuk, kamu bisa loh kepoin blog nya buat lebih tau tata cara penulisan yang benar di sini www.wisatakata.id , atau kamu pengen ikutan Ngopcan selanjutnya??? kalo gitu langsung aja follow IG nya Beautiesquad biar ga ketinggalan, kalo perlu turn on notification ya.




Thank You for reading, hope you enjoy it

And see you on my next post 💗


I'm also on :

        


www.kembanggularoom.com 
by Demia Kamil


Please leave your link and I'll visit you back
Fell free to ask for follback girls, There's beauty in numbers 👄

No comments:

Comment with active link will be automatically removed to make this blog spam-free

Thank You for Comment 💛